7 Wisata Pantai Jepara Paling Populer Untuk Liburan

7 Wisata Pantai Jepara Paling Populer Untuk Liburan

Indonesia, Tempat Wisata

Jepara, sebuah kota kecil yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah, memiliki pesona alam yang memesona, terutama dengan keberadaan beberapa wisata pantai populer yang menakjubkan di 2024. Dari pantai-pantai yang sunyi hingga yang ramai, Jepara memiliki segalanya untuk memenuhi keinginan para pencari petualangan. Mari kita telusuri lebih jauh tentang enam pantai menarik di Jepara:

1. Pantai Pailus: Keindahan Sunyi yang Memikat

Pantai Pailus: Keindahan Sunyi yang Memikat

Keunikan Pantai Pailus

Pantai Pailus adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan keheningan. Terletak di Karanggondang, Mlonggo, pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, menjadikannya pilihan yang ideal untuk liburan yang lebih pribadi dan intim. Dikelilingi oleh bebatuan dan air yang jernih, pesona alam Pantai Pailus begitu memikat.

Aktivitas Seru

Meskipun relatif sepi, Wisata Pantai Pailus di Jepara menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari berenang hingga bermain pasir. Jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan seafood khas Jepara di warung-warung sekitar pantai.

Suasana Pantai

Suasana pantai yang tenang dan bersih di Pantai Pailus memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dermaga untuk kapal nelayan menambah kesan autentik dari pantai ini, dan jika beruntung, Anda bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan setempat.

[ Baca Juga: Jelajahi Wisata Jawa Tengah Terkeren Ini Bersama Teman-Temanmu! ]

2. Pantai Blebak: Pesona Pasir Putih dan Air Biru

Pantai Blebak: Pesona Pasir Putih dan Air Biru

Keindahan Pantai

Wisata Pantai Blebak di Sekuro, Mlonggo, di Jepara menawarkan keindahan yang memesona dengan pasir putihnya yang lembut dan air biru yang jernih. Bebatuan besar yang berserakan di sepanjang pantai menambah pesona eksotis dari tempat ini.

BACA JUGA :  Tutorial Cara Ambil Uang Di ATM Jepang Pakai ATM BCA

Aktivitas di Pantai

Dengan ombak yang tenang, Pantai Blebak menjadi tempat yang ideal untuk berbagai aktivitas seperti berenang, diving, atau hanya bersantai di tepi pantai. Nikmati juga makanan khas Jepara di warung-warung sekitar pantai.

Fasilitas

Dengan fasilitas lengkap seperti area parkir, toilet, ruang bilas, dan penginapan, Pantai Blebak memastikan kenyamanan Anda selama liburan. Tiket masuk yang terjangkau membuatnya menjadi destinasi yang populer di Jepara.

3. Pantai Bondo Bangsri: Surga Keindahan Alam Jepara

Pantai Bondo Bangsri: Surga Keindahan Alam Jepara

Keindahan Alam

Pantai Bondo Bangsri dikenal dengan air lautnya yang tenang, menjadikannya tempat yang sempurna untuk berbagai aktivitas air seperti voli pantai dan perahu kano. Meskipun disebut sebagai pantai dengan ombak mati, keindahan alamnya tetap memukau.

Aktivitas Menarik

Selain aktivitas air, di sekitar Pantai Bondo Bangsri juga terdapat berbagai warung makan yang siap memanjakan lidah Anda dengan hidangan lezat.

Fasilitas

Dengan fasilitas lengkap seperti area parkir, toilet, mushola, warung makan, ruang bilas, dan lapangan voli pantai, Pantai Bondo Bangsri memastikan pengalaman liburan yang nyaman bagi pengunjungnya.

[ Baca Juga: Pantai Di Lombok Favorit Wajib Kunjung Ketika Liburan Ke Lombok! ]

4. Pantai Karimun Jawa: Surga Penyelam dan Snorkeler

Pantai Karimun Jawa: Surga Penyelam dan Snorkeler

Lokasi dan Akses

Wisata Pantai Karimun Jawa, terletak di Pulau Karimun Jawa, sekitar 83 kilometer dari Jepara. Untuk mencapainya, Anda dapat menggunakan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Keindahan Bawah Laut

Pantai Karimun Jawa adalah surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Dengan pemandangan terumbu karang yang menakjubkan dan beragam ikan hias, tempat ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

BACA JUGA :  Kebun Raya Bogor: Keajaiban Botani di Pusat Kota Bogor

Fasilitas

Selain keindahan alamnya, Pantai Karimun Jawa juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung, mulai dari area parkir hingga penyewaan alat snorkeling dan diving.

5. Pantai Empu Rancak: Keindahan Dekat dari Kota Jepara

Pantai Empu Rancak: Keindahan Dekat dari Kota Jepara

Keunikan Pantai

Pantai Empu Rancak adalah destinasi yang populer bagi warga Jepara yang ingin menikmati liburan pantai tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Dengan air laut biru jernih dan pasir pantai putih, pantai ini menawarkan pesona alam yang memikat.

Aktivitas Seru

Dengan suasana yang ramai namun tetap nyaman, Pantai Empu Rancak cocok untuk berbagai aktivitas, mulai dari berenang hingga snorkeling. Pesona dasar laut yang kaya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas

Dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir, toilet, jogging track, warung makan, dan ruang bilas, Pantai Empu Rancak memastikan kenyamanan Anda selama liburan.

[ Baca Juga: Pantai Di Gunungkidul Jogja Wajib Kunjung! ]

6. Pantai Bandengan: Destinasi Favorit di Pusat Kota

Pantai Bandengan: Destinasi Favorit di Pusat Kota

Kemudahan Akses

Wisata Pantai Bandengan, terletak dekat dengan pusat Kota Jepara, sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Pemandangannya yang indah dan berbagai aktivitas seru menjadikannya salah satu destinasi favorit di Jepara.

Aktivitas Seru

Selain menikmati keindahan pantai, di Pantai Bandengan Anda juga bisa berbagai aktivitas seru seperti bermain ATV, jetski, dan snorkeling. Spot-spot foto yang instagramable juga bisa ditemukan di sepanjang pantai ini.

Fasilitas

Dengan fasilitas lengkap seperti area parkir, warung makan, toilet, dan gazebo, Pantai Bandengan memastikan kenyamanan dan kesenangan Anda selama liburan.

BACA JUGA :  10 Destinasi Wisata Seru di Pangkalan Bun

7. Pantai Kartini: Wisata Sejarah dan Rekreasi di Tepi Pantai

Pantai Kartini: Wisata Sejarah dan Rekreasi di Tepi Pantai

Pantai Kartini adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Jepara. Namanya diambil dari nama seorang tokoh perempuan terkenal, R.A. Kartini, yang merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan tetapi juga memiliki sejarah dan fasilitas rekreasi yang menarik.

Patung Kura-kura Raksasa dan Ocean Park

Saat tiba di Pantai Kartini, pengunjung akan disambut oleh sebuah patung kura-kura raksasa yang menjadi ikon pantai ini. Meskipun hanya replika, patung tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin berfoto dan mengabadikan momen liburan mereka. Di dalam patung kura-kura tersebut, terdapat Ocean Park yang menyajikan akuarium yang memamerkan berbagai spesies laut lokal.

Tempat Hiburan dan Pertunjukan

Pantai Kartini bukan hanya tentang keindahan alamnya saja, tetapi juga menawarkan berbagai tempat hiburan dan pertunjukan. Ada panggung petunjuk, Tugu Kartini, serta dermaga penyeberangan kapal menuju Karimun Jawa. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan seni dan budaya serta atraksi yang menarik.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Pantai Kartini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Untuk menikmati semua fasilitas yang disediakan, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp5 ribu per orang. Harga yang terjangkau ini membuat Pantai Kartini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan.

***

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, Pantai Kartini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jepara. Selain menawarkan pemandangan alam yang memukau, pantai ini juga memiliki sejarah yang kaya dan berbagai fasilitas rekreasi yang menyenangkan. Jadi, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Kartini saat Anda berada di Jepara dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *