Serunya Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting

Indonesia, Tempat Wisata, Travel Vlog

Trekking di Tanjung Puting National Park, Melihat Orang Utan di Alam Liar!

Setelah mengalami pertemuan yang luar biasa dengan Orang Utan Kalimantan di Taman Nasional Tanjung Puting, perjalanan petualanganku masih berlanjut.

Kali ini, aku memutuskan untuk melakukan trekking masuk ke dalam hutan Kalimantan yang masih perawan, dengan tujuan belajar lebih banyak tentang flora dan fauna yang menghuni Taman Nasional Tanjung Puting.

Berwisata di Tanjung Puting? Coba Saja Pengalaman Seru Rain Forest Trekking!

 

Trekking Di Tanjung Puting National Park, Melihat Orang Utan Di Alam Liar
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Taman Nasional Tanjung Puting terkenal sebagai salah satu kawasan konservasi yang mengakomodasi sekitar 30.000–40.000 orangutan.

Terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, taman nasional ini menyajikan beragam kegiatan wisata alam, salah satunya adalah rain forest trekking. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengalaman trekking ini, aku trekking dengan seorang pemandu tur.

Jalur trekking di Taman Nasional Tanjung Puting dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang diinginkan oleh para wisatawan. Bagi mereka yang tertarik untuk melakukan trekking, taman nasional ini menyediakan berbagai pilihan jalur.

Jalur tersebut cenderung datar dan mudah dilalui, sehingga dapat dinikmati oleh wisatawan dari berbagai usia, mulai dari anak usia 6 tahun hingga orang dewasa berusia 70 tahun. Namun, penting untuk memastikan bahwa kamu menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu hiking.

Meskipun trekking di Taman Nasional Tanjung Puting terlihat ringan dan jalur yang dilalui relatif datar, kamu tetap harus mempertimbangkan bahwa kamu akan berada di lingkungan alam liar. Oleh karena itu, penyedia jasa dan pemandu tur selalu menyediakan first aid kit untuk mengatasi kondisi darurat jika diperlukan.

BACA JUGA :  Pengalaman Perjalanan dengan Garuda Indonesia Airbus A330-300 Economy Class: Trip Report

Tips Penting: Jika kamu adalah penggemar trekking dan ingin tantangan lebih, kamu dapat meminta kepada pemandu atau ranger untuk memilih jalur yang lebih menantang.

Trekking dan Ekspedisi di Taman Nasional Tanjung Puting

Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting dapat menjadi pengalaman yang sangat memuaskan bagi para petualang sejati. Bagi mereka yang benar-benar ingin menjelajahi hutan belantara yang masih asli, yang memiliki semak belukar yang belum ditebas, Taman Nasional Tanjung Puting menawarkan pengalaman ekspedisi yang mendalam.

Direkomendasikan agar para wisatawan memesan perjalanan ekspedisi di Taman Nasional Tanjung Puting selama 5 hari. Selama periode ini, ada satu hari yang akan dicadangkan khusus untuk trekking yang jalurnya benar-benar menantang, mencakup perjalanan sejauh 17 hingga 20 kilometer.

Dalam hal ini, perjalanan trekking tidak akan digabungkan dengan kegiatan liburan lainnya, karena memerlukan waktu yang cukup untuk mengeksplorasi hutan yang begitu luas dan penuh kejutan.

Selain itu, selama ekspedisi ini, para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk melakukan night trekking dengan pengawalan atau izin dari ranger. Night trekking adalah pengalaman yang sangat unik karena kamu dapat melihat berbagai spesies hewan nokturnal yang aktif di malam hari.

Keindahan Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting

Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting adalah cara yang luar biasa untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang keindahan alam Kalimantan yang masih alami. Dengan berbagai pilihan jalur, trekking cocok untuk semua jenis petualang, baik yang mencari tantangan ekstrim maupun yang hanya ingin menikmati keindahan hutan tropis.

Selama trekking, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan, seperti pepohonan raksasa, sungai yang mengalir tenang, dan berbagai jenis flora dan fauna yang menghuni hutan. Dan tentu saja, ada kemungkinan besar kamu akan berhadapan dengan habitat asli Orang Utan dan makhluk liar lainnya yang menjadikan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai rumah mereka.

BACA JUGA :  Trekking, Menembus Badai Salju! [ Travel Vlog Jepang - Okayama - Hiruzen]

Jadi, jika kamu adalah pecinta alam sejati dan ingin merasakan keajaiban alam Kalimantan, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan trekking di Taman Nasional Tanjung Puting. Ini adalah pengalaman yang akan membawamu lebih dekat dengan alam dan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan di alam liar yang masih belum tersentuh oleh peradaban.


Fahmi

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *