Susur Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting: Petualangan Seru di Kalimantan

Travel Vlog

Kalau kamu mencari petualangan alam yang seru dan berbeda dari yang biasa, susur Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting adalah pilihan yang tepat. Ini bukanlah perjalanan biasa dengan perahu kelotok, tetapi sebuah pengalaman yang akan membawamu lebih dekat dengan keindahan alam Kalimantan.

Persiapan dan Rencana Perjalanan

Sebelum kamu memulai petualangan ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama-tama, pastikan kamu telah mengatur perjalananmu ke Pangkalan Bun, karena inilah tempat awal perjalanan menuju Taman Nasional Tanjung Puting. Setelah tiba di Pangkalan Bun, kamu bisa mencari penyedia open trip Tanjung Puting atau menyusun rencana perjalananmu sendiri.

Sungai Sekonyer: Amazon-nya Indonesia

 

Susur Sungai Sekonyer Di Taman Nasional Tanjung Puting Naik Perahu Kelotok [ Wisata Kalimantan ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Sungai Sekonyer adalah salah satu sungai utama yang akan kamu susuri selama petualangan ini. Namanya mungkin tidak sepopuler Amazon di Amerika Selatan, tetapi Sungai Sekonyer memiliki pesonanya sendiri. Selama perjalanan di siang hari, kamu akan dikelilingi oleh hutan yang begitu hijau dan rimbun, menciptakan koridor alami yang memukau.

Menyusuri Sungai di Siang Hari

Kapal kelotok, perahu tradisional Kalimantan, akan menjadi kendaraan utama selama petualanganmu. Selama menyusuri Sungai Sekonyer di siang hari, kamu akan merasakan kesejukan air sungai yang menyegarkan dan suasana yang tenang. Pohon-pohon yang tumbuh di pinggir sungai menciptakan pemandangan yang memikat.

BACA JUGA :  Kereta Api Uap Jaladara Solo: Rute, Harga, Cara Beli Tiket

Pertemuan dengan Makhluk Hutan

Saat menyusuri sungai, kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat makhluk-makhluk hutan yang hidup di sekitar Sungai Sekonyer. Bekantan, yang sering disebut sebagai “monyet hidung buncit,” adalah salah satu hewan yang sering muncul. Mereka memiliki hidung yang besar dan unik. Kamu juga bisa melihat uwa-uwa dan kera ekor panjang yang bermain di pepohonan di sepanjang sungai.

Menyaksikan Keindahan Burung

Sungai Sekonyer juga adalah rumah bagi banyak jenis burung yang cantik. Selama perjalananmu, kamu akan mendengar berbagai suara merdu burung yang mengisi hutan. Burung raja udang, burung bubut, dan enggang atau rangkong adalah beberapa jenis burung yang mungkin akan kamu temui.

Petualangan di dalam Air

Kehidupan hewan liar di Sungai Sekonyer tidak hanya terbatas di daratan dan pepohonan. Sungai ini juga menjadi habitat alami bagi buaya muara dan buaya sinyulong, serta ular. Namun, melihat buaya-buaya ini membutuhkan kejelian mata dan sedikit keberuntungan. Penting untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan untuk menjaga keselamatanmu.

Petualangan di Malam Hari

Saat malam tiba, pengalamanmu di Sungai Sekonyer akan berlanjut. Kapal kelotok akan menepi di pinggir sungai atau dermaga-dermaga kecil yang ada di sepanjang Sungai Sekonyer. Inilah saatnya kamu merasakan suasana yang begitu berbeda.

Meresapi Suasana Malam

Malam di Sungai Sekonyer adalah saat yang paling tenang dan menenangkan. Sinar bulan akan menerangi perairan tanpa gangguan sinyal atau kebisingan dari dunia luar. Suasana ini sangat cocok untuk bersantai dan meresapi keindahan alam yang masih alami.

Night Tracking dan Pertemuan dengan Hewan Malam

Jika kamu memiliki semangat petualang yang tinggi, kamu bisa mencoba night tracking. Didampingi oleh petugas setempat, kamu akan diajak menembus hutan di malam hari. Selama perjalanan ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat hewan-hewan yang aktif pada malam hari, seperti Tarsius dan kukang. Juga, ada peluang untuk melihat macan dahan, ular piton, glowing mushroom, dan banyak hewan lainnya.

BACA JUGA :  Gajayana Luxury: Pengalaman Menggunakan Kereta Api Sleeper Termahal di Indonesia

Kapal Kelotok: Hotel di Atas Sungai

Kapal kelotok akan menjadi “rumah” selama petualanganmu di Sungai Sekonyer. Ini bukanlah kapal biasa, tetapi sebuah tempat tinggal yang nyaman di atas sungai. Semua kebutuhanmu akan terpenuhi di kapal ini, mulai dari akomodasi hingga makanan.

Pilihan Kapal Kelotok

Ada banyak pilihan kapal kelotok yang bisa kamu pilih sesuai dengan anggaran dan preferensimu. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per orang untuk perjalanan empat hari tiga malam. Namun, kamu juga bisa menyesuaikan perjalananmu sesuai dengan keinginanmu, termasuk durasi perjalanan.

Keseruan Lainnya di Tanjung Puting

Selama berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting, kamu tidak hanya akan menikmati susur Sungai Sekonyer. Ada banyak aktivitas dan atraksi lain yang bisa kamu nikmati.

Pengamatan Orang Utan

Melihat orang utan di alam liar adalah salah satu atraksi utama di Taman Nasional Tanjung Puting. Kamu akan memiliki kesempatan langka untuk melihat orang utan berinteraksi dengan alam mereka sendiri.

Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting

Trekking adalah cara terbaik untuk menjelajahi keindahan alam di sekitar Tanjung Puting. Kamu bisa berjalan kaki di hutan dan menikmati keindahan alam serta berbagai flora dan fauna yang ada.

Melihat Ribuan Kunang-Kunang

Ketika malam tiba, kamu juga bisa menyaksikan ribuan kunang-kunang yang berpendar di sekitar Sungai Sekonyer. Pemandangan ini begitu memukau dan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Petualangan susur Sungai Sekonyer di Taman Nasional Tanjung Puting adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan kapal kelotok sebagai “hotel” mengapungmu, kamu akan merasakan keindahan alam Kalimantan yang masih alami dan menawan. Bertemu dengan berbagai hewan liar, melihat orang utan, trekking, dan aktivitas lainnya akan membuatmu terpesona oleh kekayaan alam Indonesia. Jadi, jika kamu mencari petualangan yang berbeda, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Sungai Sekonyer di Tanjung Puting. Selamat berpetualang!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *