Stasiun Kyoto: Pusat Transportasi Terbesar Kyoto

Stasiun Kyoto: Pusat Transportasi Terbesar Kyoto

Jepang, Tempat Wisata, Travel Vlog

Stasiun Kyoto, yang terletak di pusat kota Kyoto, adalah salah satu pusat transportasi terbesar di Jepang. Jika kamu berencana untuk menjelajahi Kyoto atau melakukan perjalanan ke dan dari berbagai tujuan di Jepang, Stasiun Kyoto adalah tempat yang sangat nyaman. Bangunan besar ini bukan hanya stasiun kereta api biasa, tetapi juga pusat perbelanjaan dan hiburan yang menarik.

Mengenal Lebih Dekat Stasiun Kyoto

Stasiun Kyoto, atau “Kyōto-eki” dalam bahasa Jepang, adalah salah satu stasiun kereta api terbesar dan pusat transportasi utama di Kyoto, Jepang. Ketika kamu tiba di sini, kamu akan merasakan betapa megahnya bangunan stasiun ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang stasiun ini, termasuk sejarahnya, fasilitasnya, dan jalur-jalur kereta api yang dilayani.

Menikmati Berbelanja dan Kuliner di Stasiun Kyoto

Salah satu hal yang paling mencolok ketika kamu tiba di Stasiun Kyoto adalah beragam pilihan tempat makan dan butik yang dapat kamu temui di kompleks stasiun ini. Ingin membeli suvenir kerajinan tangan atau mencicipi makanan lezat? Stasiun Kyoto memiliki banyak area perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam barang dan kuliner lokal yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kunjungi Museum Eki Kyoto di Toserba Isetan

Jika kamu tertarik dengan sejarah dan budaya Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Eki Kyoto di toserba Isetan. Di sini, kamu bisa melihat berbagai pameran menarik yang memberikan wawasan tentang Kyoto dan sekitarnya.

Bersantai di Restoran atau Kafe di Stasiun Kyoto

Setelah berbelanja atau menjelajahi museum, kamu bisa bersantai di salah satu restoran atau kafe di Stasiun Kyoto. Mereka menyajikan berbagai hidangan lezat, mulai dari masakan Jepang tradisional hingga makanan cepat saji yang nikmat. Jika kamu ingin membawa bekal untuk perjalananmu, jangan lewatkan kotak makan siang ekiben yang tersedia di sini.

Sejarah dan Kemegahan Stasiun Kyoto

Stasiun Kyoto memiliki sejarah yang panjang dan megah. Stasiun ini pertama kali dibuka pada tahun 1877, dan sejak itu, ia telah menjadi salah satu pusat transportasi terpenting di Jepang. Dibangun oleh arsitek terkenal Hiroshi Hara, stasiun ini adalah salah satu bangunan terbesar di Jepang dengan 15 lantai yang mencakup berbagai fasilitas.

BACA JUGA :  Kebakaran Hutan Saat Road Trip Di Kalimantan

Stasiun Kyoto awalnya hanya melayani kereta lokal, tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan peningkatan dalam sistem kereta api di Jepang, stasiun ini menjadi titik pusat bagi berbagai jalur kereta api, termasuk jalur utama seperti Tokaido Line dan Shinkansen.

Video Suasana Stasiun Kyoto Di Jam Sibuk!

Satu yang unik bisa ditemukan di antara sibuknya Stasiun Kyoto adalah peron nol atau platform zero!

Kenapa unik? Karena tidak banyak stasiun yang menggunakan angka nol sebagai platform lho!

 

Suasana Stasiun Kyoto Di Jam Sibuk! [ Travel Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Fasilitas yang Tersedia di Stasiun Kyoto

Salah satu hal yang membuat Stasiun Kyoto begitu istimewa adalah berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. Di bawah satu atap yang besar, kamu akan menemukan:

  • Pusat perbelanjaan: Stasiun Kyoto memiliki pusat perbelanjaan dengan berbagai toko yang menjual barang-barang lokal dan suvenir-souvenir yang unik. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berbelanja oleh-oleh atau mencari kenang-kenangan dari perjalananmu.
  • Hotel: Jika kamu membutuhkan tempat untuk menginap, Stasiun Kyoto juga memiliki hotel. Salah satu hotel terkenal di sini adalah Hotel Granvia, yang menawarkan kenyamanan bagi para wisatawan.
  • Bioskop: Untuk hiburan tambahan, terdapat bioskop di dalam stasiun yang memutar film-film terbaru. Ini adalah tempat yang baik untuk menghabiskan waktu senggangmu.
  • Departemen toserba Isetan: Bagi para pecinta belanja, departemen toserba Isetan adalah surga. Kamu dapat menemukan berbagai barang mewah dan pakaian di sini.
  • Fasilitas pemerintah lokal: Stasiun Kyoto juga menyediakan fasilitas pemerintah lokal untuk memenuhi kebutuhan administratifmu.

Jalur Kereta Api yang Dilayani

Stasiun Kyoto melayani berbagai jalur kereta api, membuatnya menjadi pusat transportasi yang penting di Jepang. Berikut adalah beberapa jalur kereta api utama yang dilayani oleh Stasiun Kyoto:

  • Tokaido Line: Jalur ini adalah salah satu jalur utama yang menghubungkan Tokyo dan Osaka. Jadi, jika kamu ingin pergi dari satu kota ke kota lain, Tokaido Line adalah pilihan yang tepat.
  • Shinkansen: Stasiun Kyoto juga melayani berbagai jalur Shinkansen, termasuk Tōkaidō Shinkansen, yang menghubungkan Tokyo dan Osaka dengan kecepatan tinggi. Ini adalah pilihan tercepat jika kamu ingin melakukan perjalanan antar kota besar di Jepang.
  • Biwako Line: Jalur ini menghubungkan Kyoto dengan Danau Biwa, dan merupakan jalur yang penting bagi penduduk lokal dan wisatawan.
  • Nara Line: Bagi yang ingin mengunjungi kota Nara, jalur ini akan membawamu langsung ke sana dari Stasiun Kyoto.
  • Sagano Line: Jalur ini menghubungkan Kyoto dengan wilayah San’in, yang terkenal dengan keindahan alamnya.
  • Kintetsu Kyoto Line: Ini adalah jalur kereta api swasta yang menghubungkan Stasiun Kyoto dengan Kintetsu Nara Line dan Osaka Line.
BACA JUGA :  Mengintip Keramaian Pusat Kota Haikou [Tour Hainan]

Akses Mudah ke Stasiun Kyoto

Akses ke Stasiun Kyoto sangat mudah. Jika kamu datang dari Stasiun Tokyo, kamu hanya membutuhkan sekitar dua jam 15 menit dengan kereta peluru tercepat untuk mencapai Kyoto.

Dari Bandara Internasional Kansai, kereta Haruka Express akan membawamu ke Stasiun Kyoto dalam waktu sekitar satu jam 20 menit. Stasiun Kyoto juga terhubung dengan jalur subway Karasuma, sehingga kamu dapat dengan mudah menjelajahi pusat Kyoto.

Cara Mudah Navigasi di Stasiun Kyoto yang Besar

Stasiun Kyoto, dengan arsitektur futuristiknya yang megah, bisa sedikit membingungkan untuk dikelilingi.

Berikut beberapa tips untuk memudahkan navigasi:

  • Pintu Masuk Shinkansen Hachijo di sisi selatan stasiun adalah pintu masuk terbaik jika kamu ingin naik shinkansen.
  • Gerbang Tengah di sisi utara adalah tempat terbaik untuk mengakses jalur JR dan Haruka Express menuju Bandara Kansai.
  • Pusat Informasi Turis di lantai dua adalah tempat yang baik untuk mendapatkan panduan dan saran tentang perjalananmu melalui stasiun ini.

Cara Mudah Navigasi di Stasiun Kyoto yang Besar

Wisata di Sekitar Stasiun Kyoto

Setelah tiba di Stasiun Kyoto, kamu akan memiliki banyak pilihan untuk menjelajahi area sekitarnya.

Terdapat dua wihara Warisan Dunia UNESCO yang bisa kamu kunjungi, yaitu Toji dan Nishi Higashi Honganji. Kedua wihara ini memiliki arsitektur yang megah dan sejarah yang kaya.

Jika kamu memiliki minat dalam dunia perkeretaapian, kamu dapat mengunjungi Museum Rel Kereta Api Kyoto, di mana kamu dapat melihat koleksi kereta api dan artefak bersejarah lainnya.

Bagi pecinta hewan laut, Akuarium Kota Kyoto adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kamu dapat melihat berbagai spesies ikan dan hewan laut lainnya di sini.

[ Baca Juga: Kyoto Tower: Menara Observasi Tertinggi di Kyoto ]

Perjalanan Menuju Tempat Wisata di Sekitar Stasiun Kyoto

Akses ke pusat kota Kyoto sangat cepat dan mudah dari Stasiun Kyoto. Dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta, kamu dapat dengan mudah mencapai berbagai tujuan wisata di Kyoto. Misalnya, jika kamu ingin mengunjungi Kuil Kinkakuji yang terkenal, kamu dapat naik bus kota dari sisi utara stasiun dan tiba di sana dalam waktu singkat.

Namun, jika kamu memiliki rencana untuk mengejar kereta pagi-pagi atau ingin menjelajahi lebih jauh, kamu juga dapat memilih untuk menginap di salah satu hotel di sekitarnya. Ini akan memberimu kenyamanan dan memastikan kamu tidak terburu-buru saat menjelajahi Kyoto.

Keindahan Wihara Buddha Toji

Jika kamu pergi ke arah barat dari Stasiun Kyoto, kamu akan menemukan Wihara Buddha Toji yang megah. Wihara ini dibangun pada tahun 796, tidak lama setelah pendirian Kyoto. Ini adalah satu-satunya wihara yang tersisa dari tiga wihara yang diizinkan untuk dibangun di Kyoto pada saat itu.

Wihara ini juga terkenal dengan pagoda lima tingkatnya, yang merupakan salah satu hal yang paling mencolok yang dapat kamu lihat dari Stasiun Kyoto.

BACA JUGA :  Ketemu Kepiting Raksasa Dan Gurita Raksasa Di Pasar Ikan Hakodate Di Jepang

Setiap bulan, pasar loak yang menarik diadakan di pelataran luas wihara ini pada hari ke-21. Ini adalah kesempatan yang baik untuk membeli barang-barang antik dan suvenir-souvenir khas Jepang.

Kunjungan ke Higashi Honganji

Jika kamu melanjutkan perjalanan ke arah utara dari Stasiun Kyoto, kamu tidak akan melewatkan Higashi Honganji, kuil yang mengesankan. Kuil ini adalah salah satu dari dua kuil utama agama Buddha Jodo Shinshu di Jepang. Bangunannya yang megah dan sejarahnya yang kaya membuatnya menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi.

Museum Nasional Kyoto

Lebih jauh lagi dari Higashi Honganji, kamu akan menemukan Museum Nasional Kyoto. Museum ini adalah bangunan yang unik dari zaman Meiji (1868-1912) yang menampung berbagai contoh seni rupa dan kerajinan tangan Jepang. Bagian sayap baru museum ini diselesaikan pada tahun 2014. Jika kamu memiliki minat dalam seni dan budaya Jepang, museum ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu.

Pilihan Lain di Sekitar Stasiun Kyoto

Ada banyak pilihan lain di sekitar Stasiun Kyoto yang dapat kamu kunjungi, terutama jika kamu memiliki minat khusus. Beberapa tempat menarik lainnya termasuk Museum Kostum Kyoto, tempat kamu dapat berdandan seperti petugas istana dari masa Heian; Museum Rel Kereta Api Kyoto, yang akan memukau para penggemar perkeretaapian; dan Museum Ryukoku, yang menyajikan demonstrasi digital tentang gua Jalur Sutra.

Jika kamu bepergian dengan anak-anak, Taman Umekoji dan Kyoto Aquarium juga dapat ditemukan tidak jauh dari Stasiun Kyoto, dan akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga.

[ Baca Juga: Mengunjungi Kuil Shinto Fushimi Inari Taisha di Kyoto ]

Fakta Menarik tentang Stasiun Kyoto

Sebelum kita mengakhiri pembicaraan tentang Stasiun Kyoto, berikut beberapa fakta menarik tentang stasiun ini:

  • Stasiun Kyoto memiliki bangunan setinggi 15 lantai, menjadikannya salah satu gedung terbesar di Jepang. Kamu bahkan dapat melihat Menara Kyoto yang menjulang setinggi 130 meter dari stasiun ini.
  • Stasiun ini juga merupakan gerbang utama untuk perjalanan ke berbagai lokasi wisata di Kyoto serta kota besar lain di Jepang. Dari sini, kamu dapat dengan mudah menjelajahi Nara, Osaka, Kobe, Prefektur Shiga, Hiroshima, Kanazawa, dan banyak tempat lainnya.
  • Area sekitar Stasiun Kyoto sangat modern dan canggih, tetapi dalam waktu singkat, kamu dapat kembali ke masa lalu dengan mengunjungi situs-situs bersejarah yang mengagumkan di kota ini, termasuk wihara Buddha Toji yang megah.

Kunjungan yang Dapat Dilakukan dalam Sehari dari Stasiun Kyoto

Jika kamu memiliki waktu lebih dan ingin menjelajahi tempat-tempat lain di Jepang, Stasiun Kyoto adalah tempat yang tepat. Dari sini, kamu bisa melakukan perjalanan sehari ke berbagai destinasi menarik seperti Nara, Osaka, Kobe, dan Prefektur Shiga.

Bahkan perjalanan lebih jauh ke Hiroshima di sebelah barat atau Kanazawa di utara juga dapat dilakukan. Jangan lupa untuk membeli kotak makan siang ekiben yang lezat sebelum memulai perjalananmu.

Stasiun Kyoto bukan hanya tempat transit yang nyaman, tetapi juga merupakan destinasi wisata yang menarik di dalamnya sendiri. Dengan beragam pilihan perbelanjaan, kuliner, dan tempat-tempat menarik di sekitarnya, Stasiun Kyoto akan membuat perjalananmu di Kyoto lebih berkesan.


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *