Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!
Bagaimana Ya Suasana Nyepi Di Bali? Lihat Disini Aja Deh!

Bagaimana Ya Suasana Nyepi Di Bali? Lihat Disini Aja Deh!

Travel Vlog

Kayak gimana ya suasana Nyepi di Bali? Liburan ke Bali pas nyepi rekomended gak nih? Mungkin itu ada di benak setiap orang yang akan berlibur ke Bali ketika sedang berlangsung hari nyepi di Bali. Faktanya, liburan di Bali ketika sedang Nyepi pun sebenarnya tidak masalah. Bahkan bisa jadi ini adalah suasana liburan di Bali yang sempurna untuk yang ingin staycation saja, atau ingin suasana yang tenang selama liburan.

Bahkan sekarang ini sepertinya ada beberapa yang mulai menjual paket liburan selama hari Nyepi di Bali. Memangnya ada gitu yang mau liburan ke Bali pas nyepi? Kabarnya ada yang sengaja pindah liburan ke Gili Trawangan ketika hari nyepi di Bali sedang berlangsung.  Ada yang bilang kalau pas nyepi suasana Bali agak serem.

Padahal enggak serem lho. Ketika hari Nyepi di Bali ini bahkan suasananya tidak bisa didapatkan pada hari lainnya. Suasana Nyepi di Bali ini bisa dibilang malah menarik. Karena hanya pada hari ini kamu bisa merasakan sebuah keheningan di seluruh Pulau Bali. Suasana yang takbisa kamu dapatkan di tempat lain, dan pada hari lain.

Nah, buat kamu yag penasaran seperti apa, mungkin kamu perlu tahu apa saja yang akan terjadi dan kamu bisa lihat pada hari Nyepi di Bali, juga ada apa saja yang ada disana sesaat sebelum Nyepi. Tentu saja disini juga akan dibahas beberapa tips untuk menghadapi suasana Nyepi di Bali untuk yang baru pertama kali ke Bali di hari sakral masyarakat Bali ini.

Bagaimana Ya Suasana Nyepi Di Bali? Lihat Ini Deh!

Ada beberapa hal yang bakal kamu temui selama di Bali ketika Nyepi!

Pawai Ogoh – Ogoh Di Bali Sebelum Nyepi Di Bali

 

Ogoh – ogoh sudah pasti menjadi hal wajib yang diadakan diwaktu seharis sebelum nyepi. Kadang, di Denpasar, bali, bahkan diadakan pawai ogoh – ogoh yang juga dilombakan. Bisa baca tulisan tentang pawai ogoh – ogoh ketika Nyepi di Denpasar Bali disini. Buat turis yang mau liburan ke Bali ketika Nyepi, pawai ini bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Perlu diketahui kalau ogoh-ogoh biasanya hanya ada ketika mau Nyepi saja. Diluar hari itu, tidak akan ada yang namanya pawai ogoh ogoh. Kegiatan seperti ini akan diadalah hampir di semua tempat yang ada di Bali, jadi kalau mau melihatnya gampang, tinggal keluar saja dijalan sehari sebelum Nyepi berlangsung. Kamu akan menemui banyak pawai seperti ini.

Persiapan Sebelum Ikut Merasakan Suasana Nyepi Di Bali

Kayak gimana ya suasana Nyepi di Bali? Liburan ke Bali pas nyepi rekomended gak? Tentu saja suana hari Nyepi di Bali akan berbeda, tapi tetap asik! Misalnya, kamu bisa lihat pawai ogoh-ogoh ini.
Kayak gimana ya suasana Nyepi di Bali? Liburan ke Bali pas nyepi rekomended gak? Tentu saja suana hari Nyepi di Bali akan berbeda, tapi tetap asik! Misalnya, kamu bisa lihat pawai ogoh-ogoh ini. Foto : instagram.com/ann.suryakanta

Perlu diketahui kalau Nyepi akan berlangsung selama 24 jam. Dan pada hari ini sebagian besar tempat akan ditutup termasuk bandara. Tentu saja jika kamu berniat untuk liburan ke Bali ketika hari ini berlangsung, sebaiknya datang satu atau dua hari sebelum hari H. Karena ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan untuk menghadapi hari Nyepi di Bali.

Ketika nyepi berlangsung, semua orang di Bali wajib berada di dalam ruangan, jendela ditutup, dan lampu harus dimatikan selama hari paling sakral buat masyarakat hindu ini berlangsung. Tidak ada yang boleh keluar rumah kecuali dalam kondisi darurat, seperti harus pergi ke rumah sakit misalnya. Itupun biasanya akan dikawal oleh para pecalang setempat.

Selain itu, Internet di Pulau Bali juga akan dimatikan, jadi buat kamu yang tidak bisa lepas dari internet, sebaiknya mempersiapkan diri dengan menyiapkan kegiatan lainnya. Untuk turis, yang sedang berlibur di Bali, juga harus tetap berada di dalam hotel mereka menginap. Lalu beberapa persiapan dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi suasana hari Nyepi di Bali adalah sebagai berikut.

  • Pastikan kamu mengambil uang cash atau uang dari atm satu atau dua hari sebelum Nyepi, paling lambat siang hari sebelum esok nyepi. Karena biasanya atm akan dimatikan selama nyepi.
  • Karena tidak bisa keluar ruangan, pastikan kamu belanja makanan yang cukup untuk 24 jam. Terutama untuk kamu yang menginap di hotel yang tidak sepaket dengan makan. Siapkan saja banyak snack untuk menenemani kamu selama sehari penuh.
  • Siapkan hiburan yang tidak memerlukan internet, karena internet akan dimatikan selama nyepi. Atau kamu bisa ikut berdiam diri menikmati suasana Nyepi di Bali yang sepi itu.

Ketika Hari Nyepi Di Bali Berlangsung, Apa Yang Bisa Dilakukan?

Ketika Hari Nyepi Di Bali Berlangsung, Apa Yang Bisa Dilakukan?
Ketika Hari Nyepi Di Bali Berlangsung, Apa Yang Bisa Dilakukan? Foto : instagram/smcoffeegallery

Tentu saja ketika suasana Nyepi di Bali berlangsung, semuanya akan hening, tidak ada keramaian sama sekali. Bandara Ngurah Rai Bali yang setiap harinya sibuk dengan raungan mesin pesawat take off dan landing, ketika hari Nyepi di Bali akan benar benar sepi. Pantai kuta dan Jalan Poppies Lane Kuta yang biasanya ramai dengan turis juga akan hening. Nyaris tak ada kegiatan apapun di Bali ketika hari sakral ini sedang berlangsung.

Lalu, apa dong yang bisa dilakukan selama liburan di Bali ketika Nyepi? Buat kamu yang masih bingung mau ngapain aja, bisa coba melihat beberapa pilihan kegiatan yang bisa dilakukan selama suasana Nyepi di Bali berlangsung. Seperti :

  • Bermeditasi, ikut merasakan ketenangan yang tidak terjadi setiap hari. Lumayan kan selama sehari dalam setahun menenangkan diri, menjauhkan diri dari hiruk pikuk kesibukan dan pekerjaan.
  • Melihat pawai ogoh-ogoh sehari sebelum hari H. Bisa dibilang ini adalah salah satu kegiatan unik di Bali yang hanya bisa disaksikan sekali dalam setahun. Jadi jangan sampai kelewatan ya.
  • Melihat upacara melasti yang biasanya dilakukan beberapa hari sebelum Hari Raya Nyepi di Bali berlangsung. Salah satu tempat diadakan upacara ini bisa jadi di salah satu pantai di Bali selatan, Pantai Melasti.
  • menikmati ribuan bintang bertebaran ketika malam Nyepi berlangsung. Ini juga suasana Nyepi di Bali yang banyak dinanti sebagian besar orang. Karena ketika Hari raya Nyepi Berlangsung, semua lampu akan dimatikan, dan polusi cahaya akan berkurang drastis. Ketika itu terjadi, ribuan bintang akan bermunculan di angkasa.

Nah, kira-kira itulah yang beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ingin liburan ke Bali ketika Hari Raya Nyepi Berlangsung. Bisa dibilang ini adalah pengalaman liburan yang berbeda, karena kamu akan bisa melihat bali yang benar – benar berbeda jika dibandingkan dengan hari biasanya. Kamu bisa ikut merasakan suasana Nyepi di Bali, atau kamu bisa merencanakan kegiatan liburan kamu sendiri selama disini. Kira-kira, kalau kami ke Bali pas Nyepi, bakal ngapain aja nih kalau boleh tau?


[email protected]

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *