Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Tips Solo Riding, Touring Ke Bali Sendirian!

Motovlog, Motovlog Bali, Touring Ke Bali

Kamu mau touring ke Bali? Solo riding ke Bali? Mungkin kamu pelu menonton motovlog touring naik motor liburan ke Bali sendirian disini, juga membaca tulisan tentang tips naik motor ke Bali ini sampai selesai. Terutama buat kamu yang baru pertama kali ke bali lewat jalur darat. Karena disini ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum ke Bali Naik Motor

Terus, sebenarnya berapa lama naik sepeda motor ke Bali? Sebenarnya jawaban untuk pertanyaan ini berbeda beda. Tergantung kamu berangkatnya dari mana. Namun, untuk tulisan ini, saya anggap kamu berangkatnya dari Pulau Jawa saja. Kalau saya ini berangkatnya dari Blitar. Jadi waktu tempuh touring ke Bali itu sekitar belasan jam saja.

Rekor saya tercepat touring ke Bali dari Blitar sih sebenarnya 13 jam perjalanan saja. Namun karena pada motovlog dibawah nanti agak santai dan beberapa kali berhenti, saya memerlukan waktu hampir 15 jam untuk sampai ke bali dengan sepeda motor. Saya juga melewati rute jalur pantura agar perjalanan lebih cepat karena kondisi jalanan pantura cukup bagus untuk sepeda motor.

Motovlog Solo Riding, Touring Ke Bali Sendirian!

Nah, sebelum mulai membaca tips touring ke Bali, kamu bisa menonton motovlog naik sepeda motor ke Bali sendirian dulu dibawah. Jangan lupa tonton sampai selesai, tinggalkan komentar, like, share dan subscribe channel youtube.com/catperku deh! Terimakasih banyak sebelumnya!

 

Solo Riding, Touring Ke Bali Sendirian! - [ Motovlog Indonesia ] [ Motovlogger Indonesia ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

BACA JUGA :  Riding Malam Hari Lewat Alas Gumitir Banyuwangi Ke Jember! Serem Gak Sih! Motovlog

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com
—--

Tips Touring Ke Bali, Solo Riding Sendirian!

Nah, sekarang masuk ke tips dan trik naik motor ke bali sendirian. Ada beberapa hal yang saya bahas disini nantinya. Seperti biaya touring, rute yang bisa dilewati, tempat menarik apa saja yang bakal ditemui di sepanjang jalan hingga kuliner apa saja yang bisa dicoba sepanjang rute. Tentu saja, ini berdasarkan studi kasus saya berangkat dari Blitar ya. Jika kamu berangkat touring dari kota lain ke Bali, ya disesuaikan saja deh.

Tips Touring Ke Bali, Motovlog Solo Riding Ke Bali Sendirian!
Tips Touring Ke Bali, Motovlog Solo Riding Ke Bali Sendirian!

Berapa Biaya Touring Ke Bali?

Nah, ini sebenarnya tiap orang bisa berbeda beda. Karena style touring tiap orang juga akan berbeda beda. Ada yang touring super irit ke Bali, ada yang touring mewah, ada juga yang menyesuaikan kantong seperti saya. Ya… maksudnya enggak ngirit amat, nggak mewah amat. Balance lah. Nggak mau kan pulang touring dari Bali malah bokek?

Penggunaan bahan bakar juga bakal menentukan seberapa besar biaya touring ke Bali. Pengguna Pertamax tentu harus mengeluarkan biaya lebih banyak dibandingkan pengguna BBM Pertalite dan Premium. Tapi, kalau kamu bisa jalan jalan naik motor ke Bali, sebaiknya tidak menggunakan BBM bersubsidi seperti premium.

Nah, sekarang berapa sebenarnya biaya touring ke Bali itu? Biasanya saya yang ke bali bawa Vario 110 atau PCX 150 akan mengeluarkan IDR 100.000-150.000 untuk bahan bakar. Terus untuk jajan, makan dan segala macamnya bisa keluar IDR 200.000. Soalnya saya memang suka kulineran sih, jadi ya rada boros buat makan. Terus, kalau saya males langsung ke Bali, biasanya bakal menginap dulu di Banyuwangi, sekalian buat kulineran di Banyuwangi. Jadi ya bakal keluar lagi ekstra IDR 250.000 untuk makan dan penginapan di Banyuwangi.

BACA JUGA :  Touring Dari Puncak B29 Lumajang, Lewat Jalur Paling Extreme Pake Sepeda Motor Matic!

Jadi kalau saya langsung gas poll pas touring ke Bali dari Blitar, saya hanya akan mengeluarkan uang IDR 300.000-an saja. Kalau pake menginap dulu di Banyuwangi ya bakal keluar sampe 500.000 karena harus bayar penginapan di Banyuwangi dan makan selama disana. Saya jarang nginep di pom bensin ya kalau lagi touring. Namun idealnya, untuk touring ke Bali yang nyaman, dengan jarak tempuh sekitar 500 km per hari, bakal mengeluarkan uang sekitar IDR 300.000 – 400.000 deh.

Jalur Touring Ke Bali Yang Asik?

Kalau kamu berangkat dari Jawa, ada beberapa jalur touring ke Bali yang bisa kamu coba. Yang pertama dan paling banyak digunakan tentu saja lewat jalur Pantura ke Bali. Lalu untuk kamu yang suka melewati jalur berkelok-kelok, lewat jalur lintas selatan Jawa akan menjadi pilihan menarik. Atau bisa juga kombinasi jalur utara, jalur tengah dan selata.

Nah, untuk yang berangkatnya dari daerah Jawa Timur seperti dari Blitar, kamu bisa mencoba melewati jalur yang ada di video diatas atau beberapa jalur dibawah ini :

  • Jalur utama seperti motovlog diatas : Blitar – Kepanjen – Malang – Pasuruan – Probolinggo – Bondowoso – Situbondo – Banyuwangi – Gilimanuk – Negara – Tabanan – Denpasar.
  • Touring ke Bali lewat jalur lintas selatan : Blitar – Kepanjen – Turen – Dampit – Piket Nol – Lumajang – Jember – Alas Gumitir – Banyuwangi – Gilimanuk – Negara – Tabanan – Denpasar.
  • Touring lewat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru :  Blitar – Kepanjen – Tumpang – Poncokusumo – Ngadas – Cemoro Lawang – Probolinggo – Bondowoso – Situbondo – Banyuwangi – Gilimanuk – Negara – Tabanan – Denpasar. (Kalau lewat rute ini kamu harus bayar tiket masuk ke Bromo juga)
  • Touring lewat Ranu Pane Lumajang ke Bali  : Blitar – Kepanjen – Tumpang – Poncokusumo – Ngadas – Ranu Pane – Senduro – Lumajang – Jember – Alas Gumitir – Banyuwangi – Gilimanuk – Negara – Tabanan – Denpasar.
BACA JUGA :  Pantai Karanggongso Dekat Pantai Prigi Drone Video [ Wisata Pantai Di Trenggalek ]

Untuk di Bali sebenarnya ada pilihan lewat jalur utara lewat Singaraja, atau jalur tengah Baturiti dan Bedugul. Jadi tidak perlu melewati jalur utama Gilimanuk Denpasar. Namun untuk ini akan saya bahas di tulisan lain saja.

Menyeberang Ke Bali Lewat Pelabuhan Mana?

Hanya ada satu penyeberangan dari Jawa ke Bali. Yaitu melewati Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk. Untuk cara menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk dari Pelabuhan Ketapang ketika touring ke Bali bisa kamu temukan disini. Sementara itu untuk arah sebalikya keteika menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan ketapang bisa kamu temukan disini.

Kuliner Yang Bisa Dicoba Selama Touring Ke Bali?

Sebenarnya ada banyak banget kuliner yang bisa kamu coba di sepanjang perjalanan menuju Bali. Namun kalau pas lewat Banyuwangi, kamu harus mencoba beberapa kulinernya seperti Rawon Pecel atau Rujak Soto.

***

Nah, bagaimana? Semoga tips touring ke Bali diatas bisa berguna untuk kamu yang membutuhkan. Kalau ada pertanyaan silahkan lagsung ditanyakan di kolom komentar video di youtube saja ya. Terus kalau merasa tulisan ini berguna, boleh lho dibagikan ke teman lain yang mungkin membutuhkan.


[email protected]

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *