Road Trip Di Perth Australia! Pengalaman Pertama Nyetir Mobil Sendiri Di Negara Orang!

Travel Vlog

Road trip di Australia Barat menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Ini adalah pertama kalinya saya mengemudi mobil sendiri di luar negeri, dan tentu saja, ada banyak cerita menarik yang ingin saya bagikan. Meskipun perjalanan mungkin terdengar panjang, tapi saya berharap kamu akan menikmati cerita ini sebanyak yang saya rasakan saat melakukan road trip tersebut!

Video Blog Road Trip di Australia Barat

 

Road Trip Di Perth Australia! Pengalaman Pertama Nyetir Mobil Sendiri Di Negara Orang!
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Persiapan dan Drama SIM Internasional

Sebelum memulai road trip, saya harus mempersiapkan SIM internasional agar bisa mengemudi di Australia. Proses pembuatan SIM internasional tidaklah mudah, dan saya mengalami sedikit drama ketika mengurusnya. Namun, setelah melewati beberapa proses, akhirnya saya berhasil mendapatkannya dan siap untuk mengemudi di jalan raya Australia.

[ Baca Juga: Cara Belanja Di Supermarket Woolworth Australia! ]

Pengalaman Mengemudi Mobil di Australia

Saat pertama kali mengemudi mobil di Australia, saya merasakan berbagai hal yang membuat saya terkesan. Berikut adalah beberapa impresi pertama saya tentang pengalaman mengemudi di Australia:

1. Mobil Matic yang Enak untuk Dikendarai

Saat mengemudi mobil di Australia, saya menggunakan mobil matic, dan saya sangat terkesan dengan kenyamanannya. Transmisi otomatis membuat pengemudiannya lebih mudah, terutama untuk saya yang masih belum terlalu mahir dalam mengemudi di luar negeri. Saya merasa sangat nyaman dan percaya diri saat menjelajahi jalan-jalan Australia Barat.

2. Rambu Lalu Lintas yang Jelas

Salah satu hal yang membuat pengalaman mengemudi di Australia begitu menyenangkan adalah kejelasan rambu lalu lintasnya. Di setiap persimpangan dan jalan raya, rambu lalu lintasnya sangat informatif dan mudah dipahami. Hal ini membuat saya merasa lebih tenang dan aman saat mengemudi, karena saya selalu tahu arah yang harus saya ambil.

3. Ketaatan Terhadap Peraturan Lalu Lintas

Selama perjalanan, saya sangat terkesan dengan tingkat ketaatan pengguna jalan terhadap peraturan lalu lintas. Semua pengemudi di Australia sepertinya sangat patuh terhadap aturan, seperti menggunakan lampu sein saat berbelok, menghormati batas kecepatan, dan memberi prioritas kepada pejalan kaki. Hal ini menciptakan lingkungan yang aman dan teratur bagi semua pengguna jalan.

4. Jarangnya Pergantian Jalur yang Sembrono

Salah satu hal yang mencolok selama saya mengemudi di Australia adalah jarangnya pergantian jalur yang sembrono oleh pengemudi lain. Mereka tampaknya sangat disiplin dan hanya mengubah jalur jika memang diperlukan. Hal ini membuat suasana lalu lintas menjadi lebih teratur dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

BACA JUGA :  Ubud Bali: Sebuah Destinasi Wisata yang Asik untuk Jalan Kaki

5. Ketenangan saat Menghadapi Kemacetan

Meskipun saya mengalami sedikit kemacetan selama road trip di Australia, saya terkesan dengan respons pengemudi yang tenang dan sabar. Tidak seperti di beberapa negara lain di mana kemacetan seringkali memicu tingkat stres yang tinggi, pengemudi di Australia tetap tenang dan tertib. Mereka mengikuti aturan lalu lintas dengan disiplin, sehingga kemacetan tidak menjadi masalah besar.

6. Harapan untuk Kondisi yang Serupa di Indonesia

Melalui pengalaman ini, saya berharap suatu hari nanti Indonesia juga bisa memiliki kondisi lalu lintas yang serupa dengan Australia. Ketaatan terhadap aturan lalu lintas dan kesadaran akan keselamatan menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan di negara kita. Semoga dengan meningkatnya kesadaran dan edukasi, kondisi lalu lintas di Indonesia dapat menjadi lebih baik di masa depan.

[ Baca Juga: Liburan Musim Panas di Jepang: Cuaca, Keindahan, dan Aktivitas ]

Ide Rute Road Trip dari Perth ke Berbagai Destinasi Menakjubkan di Australia Barat

Jika kamu mencari petualangan seru di Australia Barat, tidak ada yang lebih baik daripada merencanakan road trip dari Perth. Dari pantai hingga gurun, setiap rute menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman yang tak terlupakan. Mari kita lihat 15 ide rute road trip yang mengagumkan ini!

1. Perth ke Esperance

Perjalanan dari Perth ke Esperance menawarkan pemandangan pantai yang memukau dan kota-kota kecil yang menawan di sepanjang jalan. Cape Le Grand National Park adalah salah satu highlight perjalanan ini, dengan pantai-pantainya yang indah dan kemungkinan bertemu kanguru lokal di Lucky Bay. Jangan lupa untuk berhenti di Kulin untuk melihat Tin Horse Highway yang unik dan di Ravensthorpe untuk melihat seni mural di silo.

Selain itu, musim terbaik untuk mengunjungi Esperance adalah antara bulan Juni hingga Oktober, ketika Anda dapat menikmati pemandangan bunga liar dan cuaca yang sempurna untuk hiking. Namun, untuk berenang, waktu terbaik adalah antara bulan November hingga Maret.

2. Perth ke Broome

Perjalanan ke Broome akan membawa Anda melalui pemandangan yang beragam, mulai dari heathland hingga gurun merah yang memukau. Jangan lewatkan Karijini National Park di tengah perjalanan Anda, tempat Anda dapat menjelajahi kawasan yang kaya akan budaya Aborigin dan sejarah pearling di Broome.

Musim terbaik untuk mengunjungi Broome adalah antara bulan Mei hingga Oktober, saat cuaca kering dan suhu rata-rata sekitar 30 derajat Celsius.

3. Perth ke Exmouth

Perjalanan menuju Exmouth akan membawa Anda melalui pemandangan yang luar biasa, mulai dari ngarai merah yang dalam hingga teluk berpasir putih dan air biru-hijau yang mempesona. Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang di Ningaloo Reef, yang dapat diakses dari pantai di Coral Bay.

BACA JUGA :  Tari Caci, Tari Tradisional Indonesia Dari Flores [ Caci Dance]

Musim terbaik untuk mengunjungi Exmouth adalah antara bulan Juni hingga Oktober untuk melihat bunga liar dan bulan April hingga Juli untuk berenang bersama hiu paus.

4. Perth ke Albany

Albany adalah tujuan terakhir bagi para prajurit yang pergi ke Perang Dunia I, dan kota ini kaya akan sejarah ANZAC yang dapat Anda jelajahi di National Anzac Museum. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat paus melewati King George Sound jika Anda mengunjungi Albany pada waktu yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi kawasan South West yang indah dengan melakukan berbagai jalur hiking dan berenang di pantai-pantai seperti Lights Beach atau Greens Pool.

Musim terbaik untuk mengunjungi Albany adalah antara bulan Desember hingga April atau bulan Juni hingga September, tergantung pada aktivitas yang Anda pilih.

5. Perth ke Karijini

Karijini National Park menawarkan petualangan hiking yang menakjubkan dan pemandangan alam yang spektakuler. Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang di Circular Pool atau menjelajahi Hammersley Gorge selama perjalanan Anda.

Musim terbaik untuk mengunjungi Karijini adalah antara bulan Mei hingga September, ketika suhu lebih bersahabat dan hujan minimal. Selain itu, bulan Juli hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk melihat bunga liar di Coral Coast dan Golden Outback.

6. Perth ke Kalbarri

Kalbarri menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari Pinnacles Desert hingga pantai-pantai yang indah. Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang di Chinaman’s Beach atau menjelajahi Kalbarri National Park selama kunjungan Anda.

Musim terbaik untuk mengunjungi Kalbarri adalah antara bulan Juni hingga Agustus, ketika cuaca lebih sejuk dan bunga liar sedang mekar. Selain itu, bulan September hingga November adalah waktu terbaik untuk melihat migrasi paus di perairan sekitar.

7. Perth ke Monkey Mia

Monkey Mia terkenal dengan populasi lumba-lumbanya, tetapi ada banyak lagi yang bisa dilihat dan dilakukan di daerah ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat stromatolit di Hamelin Pool atau menjelajahi Francois Peron National Park selama perjalanan Anda.

Musim terbaik untuk mengunjungi Monkey Mia adalah antara bulan Desember hingga Februari, ketika cuaca masih stabil dan pantai-pantai masih sepi.

8. Perth ke Geraldton

Geraldton adalah tempat yang sempurna untuk liburan pantai bersama keluarga. Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang, snorkeling, atau kitesurfing di pantai-pantai yang indah di sekitar kota.

Musim terbaik untuk mengunjungi Geraldton adalah selama musim panas, ketika cuaca hangat dan sempurna untuk beraktivitas di pantai.

9. Perth ke Margaret River

Margaret River terkenal dengan industri anggur dan pantainya yang indah. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pabrik anggur dan menjelajahi pantai-pantai yang menakjubkan di sekitar kota.

Musim terbaik untuk mengunjungi Margaret River adalah antara bulan Juni hingga Desember, ketika cuaca hangat dan sempurna untuk beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA :  Jalan-Jalan di Dotonbori Osaka Malam Hari: Menemukan Pesona Tersembunyi!

10. Perth ke Kalgoorlie

Kalgoorlie adalah kota tambang yang kaya akan sejarah. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Super Pit dan Museum of the Goldfields selama kunjungan Anda.

Musim terbaik untuk mengunjungi Kalgoorlie adalah antara bulan Mei hingga September, ketika cuaca lebih sejuk dan nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan.

11. Perth ke Pemberton

Pemberton adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi hutan karri yang indah atau berenang di sungai dan air terjun di sekitar kota.

Musim terbaik untuk mengunjungi Pemberton adalah antara bulan Maret hingga November, ketika cuaca lebih sejuk dan nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan.

12. Perth ke Wave Rock

Wave Rock adalah formasi batu yang ikonik di Australia Barat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil foto di sana dan menjelajahi desa-desa kecil di sekitar.

Musim terbaik untuk mengunjungi Wave Rock adalah antara bulan September hingga November, ketika cuaca lebih dingin dan sempurna untuk berjalan-jalan di luar ruangan.

13. Perth ke Mullewa (melalui Cervantes)

Mullewa terkenal dengan tampilan bunga liar yang indah selama musim semi. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihatnya dan menjelajahi taman-taman nasional di sekitar kota.

Musim terbaik untuk mengunjungi Mullewa adalah antara bulan Juli hingga Oktober, ketika bunga liar sedang mekar dan cuaca hangat.

14. Perth ke New Norcia

New Norcia adalah kota yang tenang dan damai yang menawarkan pengalaman yang berbeda dari kota-kota besar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi biara Benedictine dan museum setempat selama kunjungan Anda.

Musim terbaik untuk mengunjungi New Norcia adalah antara bulan Agustus hingga Oktober, ketika cuaca lebih sejuk dan nyaman untuk berjalan-jalan di luar ruangan.

15. Perth ke Gracetown

Gracetown adalah tempat yang sempurna untuk pecinta pantai. Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang, snorkeling, atau hanya bersantai di pantai-pantai yang indah di sekitar kota.

Musim terbaik untuk mengunjungi Gracetown adalah antara bulan Desember hingga Februari, ketika cuaca hangat dan sempurna untuk beraktivitas di pantai.

Kesimpulan

Road trip di Australia Barat menjadi salah satu pengalaman yang berkesan bagi saya. Dari mengemudi sendiri di jalan raya yang luas hingga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, setiap momen dalam perjalanan ini memiliki cerita tersendiri.

Saya sangat berterima kasih telah memiliki kesempatan untuk menjelajahi Australia dengan mobil sendiri, dan saya tidak sabar untuk melakukan petualangan serupa di tempat lain di masa depan. Terima kasih telah menyimak cerita saya, dan jangan lupa untuk like, share, subscribe, dan tinggalkan komentar jika kamu punya pengalaman serupa atau pertanyaan lebih lanjut!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *