Pengalaman Menggunakan Fujifilm XA5: Review Setelah 6 Bulan

Travel Vlog

Beberapa waktu yang lalu, saya menulis ulasan Fujifilm XA5 di blog perjalanan saya, yang bisa kamu baca di sini: Review Fujifilm XA5. Setelah lebih dari 6 bulan menggunakan kamera Fujifilm XA5 ini, saya merasa perlu untuk berbagi pengalaman saya dalam bentuk vlog. Jadi, ini bukan sekadar review teknis tentang spesifikasi dan performa kamera, tetapi lebih merupakan berbagi pengalaman pribadi saya dalam menggunakan kamera ini sehari-hari.

Pengenalan Kamera

Sebelum masuk ke dalam pengalaman saya, mari kita kenali lebih dulu Fujifilm XA5 ini. Kamera ini adalah bagian dari jajaran kamera mirrorless Fujifilm dan dirancang khusus untuk pemula, fotografer sosial, dan vlogger.

Dengan sensor APS-C 24 Megapiksel, XA5 biasanya dijual dengan lensa kit zoom. Salah satu fitur yang menarik adalah layar sentuh yang dapat dimiringkan ke depan, sangat cocok untuk selfie dan vlogging. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan Bluetooth dan Wi-Fi, serta memiliki input mikrofon eksternal.

Pengalaman Penggunaan

 

Review Fujifilm X A5 Indonesia Setelah 6 Bulan Memakainya
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Setelah menggunakan Fujifilm XA5 selama lebih dari setengah tahun, saya bisa memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Salah satu keunggulan utama XA5 adalah kualitas pemrosesan gambar Fujifilm. Meskipun tidak menggunakan sensor X-Trans seperti beberapa model Fujifilm lainnya, hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera ini tetap luar biasa. Warna-warna yang dihasilkan sangat hidup dan detil-detilnya tajam. Bahkan dalam kondisi cahaya yang challenging, XA5 mampu menghasilkan gambar yang bagus.

BACA JUGA :  Bagiaan Dalam Incheon Airport Korea Selatan

Selain itu, fitur autofocus hybrid pada kamera ini bekerja dengan baik untuk pengambilan gambar diam. Ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat dan mudah mengunci fokus pada subjekmu. Ini adalah fitur yang sangat membantu terutama dalam situasi di mana subjekmu bergerak.

Fitur lain yang saya sukai adalah layar sentuh yang dapat dimiringkan ke depan. Hal ini memudahkan untuk mengambil foto selfie dan membuat vlog. Layar sentuh ini juga sangat responsif dan mudah digunakan.

Kekurangan

Namun, tidak ada kamera yang sempurna, dan XA5 juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu hal yang mengganggu adalah jack mikrofon eksternal yang berukuran 2,5 mm yang digunakan oleh kamera ini.

Hal ini membuatnya kurang nyaman karena sebagian besar aksesori mikrofon eksternal menggunakan jack 3,5 mm. Selain itu, ketika layar diangkat ke posisi selfie, hotshoe kamera terhalangi, sehingga kamu tidak dapat memasang mikrofon eksternal dan lampu kilat secara bersamaan.

Video 4K yang ditawarkan oleh XA5 terbatas pada 15fps, yang tidak cukup cepat untuk mendapatkan hasil video yang halus. Ini membuatnya kurang ideal untuk merekam video dengan gerakan cepat. Meskipun ada opsi 1080p hingga 60fps, tetapi klip video terbatas hanya hingga 14 menit, yang mungkin mengganggu bagi yang ingin merekam video yang lebih panjang.

[ Baca Juga: Pantai Selong Belanak: Keindahan Alam yang Damai ]

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Fujifilm XA5 adalah kamera yang baik, terutama untuk pemula, fotografer sosial, dan vlogger. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus, dan fitur-fitur seperti layar sentuh yang dapat dimiringkan dan autofocus yang baik membuatnya sangat user-friendly. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti masalah dengan jack mikrofon eksternal dan keterbatasan video 4K.

BACA JUGA :  Review Dji Osmo Mobile 2: Pengalaman Pertama Menggunakannya

Jadi, jika kamu sedang mencari kamera mirrorless entry-level, XA5 bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan beberapa pesaing utama seperti Sony A5100, Canon EOS M100, dan Olympus E-PL9. Selamat berfotografi! Oh iya, jangan lupa like, share, dan subscribe vlog saya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penggunaan XA5 dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih telah menonton!


Fahmi

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *