Pantai Tegalwangi, Pantai Di Bali Tersembunyi [ Wisata Bali ]

Indonesia, Tempat Wisata, Travel Vlog

Berkunjung ke Bali atau liburan ke Bali tanpa main ke pantai pasti ada yang kurang rasanya. Salah satu pantai di Bali yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Tegalwangi ini. Lokasinya tak terlalu jauh dari daerah Kuta Bali, namun pantai ini tidak seramai beberapa pantai lain di Bali Selatan.

Dulu Pantai Tegalwangi ini lumayan terkenal untuk tempat prewedding di Bali. Namun sekarang sepertinya sudah tidak diperbolehkan untuk melakukan foto prewedding di Pantai Tegal Wangi.

Bahkan sekarang disini ada spanduk larangan untuk berfoto prewedding disini. Entah apa alasannya. Padahal pantai kan termasuk wilayah publik.

Sekarang, malah pantai baru di Bali seperti Pantai Melasti yang makin ramai untuk tempat foto prewedding. Tapi, tidak mengapa deh. Itu artinya Pantai Tegalwangi ini makin menjadi pantai tersembunyi di Bali yang asik untuk dikunjungi.

Karena sudah tidak ada lagi aktifitas foto prewedding di Pantai Tegal Wangi yang kadang lumayan mengganggu ketenangan.

Travel Vlog Indonesia Pantai Tegalwangi, Pantai Di Bali Tersembunyi [ Wisata Bali ]

Nah, buat kamu yang penasaran sepeti apa pantai tersembunyi di Bali ini, kamu bisa melihat travel vlognya dibawah ini ya. Disini kamu bakal tahu seperti apa sih salah satu pantai tersembunyi di Bali yang seksi itu.

Yang jelas, tonton video dibawah ini sampai selesai ya. Jangan lupa tinggalkan komentar, like, share dan subscribe ke channel youtube.com/catperku.

Pantai Tegalwangi, Pantai Di Bali Tersembunyi [ Wisata Bali ] [ Pantai Di Bali ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pantai Tersembunyi yang Dulunya Hanya Dikunjungi oleh Lokal

Pada tahun 2005, pantai-pantai terkenal di Bali seperti Jimbaran, Kuta, Legian, dan Mengiat Nusa Dua menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Namun, Pantai Tegal Wangi Jimbaran masih belum banyak dikenal oleh wisatawan, sehingga sering disebut sebagai “Jimbaran Hidden Beach” oleh orang asing.

Pada tahun 2006, Pantai Tegal Wangi Jimbaran mulai dikenal oleh banyak fotografer profesional yang menggunakan lokasi ini untuk sesi foto prewedding.

Keberadaan pasir putih yang bersih, pemandangan matahari terbenam yang indah, dan ketenangan pantai menjadikannya lokasi favorit untuk prewedding di Bali.

Tapi bagaimana dengan sekarang? Apakah Pantai Tegal Wangi masih tetap sepi dari kunjungan wisatawan?

Kini Pantai Tegalwangi Populer Untuk Menikmati Pemandangan Sunset Di Bali

Selain Pantai Kuta yang sudah terkenal, atau Pantai Kelan di dekat Bandara Ngurah Rai, Pantai Tegalwangi ini adalah pantai yang populer sebagai tempat untuk menikmati sunset di Bali. Memang ada banyak sekali pantai di Bali selatan yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan sunset sore hari.

BACA JUGA :  Menjelajahi Keindahan Danau Biwa: Danau Air Tawar Terbesar di Jepang

Namun tempat wisata Pantai Tegal Wangi ini adalah salah satu yang terbaik disini. Menikmati pemandangan sore hari, sambil menunggu matahari tenggelam diatas tebing Bali selatan tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Selain melihat sunset, pantai di Bali ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk berenang. Namun karena ombaknya agak besar, jadi harus ekstra hati hati.

Pantai Tegalwangi ini adalah pantai tersembunyi di Bali yang populer untuk menikmati pemandangan sunset di Bali
Pantai Tegalwangi ini adalah pantai tersembunyi di Bali yang populer untuk menikmati pemandangan sunset di Bali – Foto : instagram.com/arimvsx

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Tegalwangi

Pantai ini tidak selalu ditunggu oleh tukang parkir.

Kadang kalau beruntung, kamu tidak perlu bayar tiket masuk ke Pantai Tegal wangi.

Namun kalau sedang ada yang menunggu, kadang akan diminta biaya tiket dan parkir sebesar IDR 5000 untuk sepeda motor, dan IDR 15.000 untuk kendaraan roda empat.

Mungkin karena di Pantai Tegal wangi ini sudah tidak boleh untuk prewedding, jadi tidak ada tukang parkir yang jaga disini.

Lokasi Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Pantai Tegal Wangi Jimbaran terletak di wilayah desa adat Jimbaran, tepatnya di jalan menuju hotel Ayana Resort.

Kamu dapat mengikuti petunjuk jalan menuju Pura Tegal Wangi, dan Kamu akan tiba di pantai pasir putih tepat di depan pura tersebut.

Jika Kamu datang dari Bandara Ngurah Rai, perjalanan menuju Pantai Tegal Wangi Jimbaran akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Jika Kamu berangkat dari objek wisata Garuda Wisnu Kencana, perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar 16 menit dengan jarak tempuh sekitar 5,5 kilometer.

Bagi Kamu yang menginap di kawasan wisata Uluwatu Bali, dekat dengan Pura Luhur Uluwatu, perjalanan menuju Tegal Wangi Beach akan memerlukan waktu sekitar 35 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer.

Cara Pergi Ke Pantai Tegalwangi

Ada beberapa cara untuk pergi ke Pantai Tegalwangi. Kamu bisa berkendara dengan sepeda motor atau mobil untuk pergi kesini. Jalur menuju ke Pantai Tegal wangi ini sudah bagus kok.

Baik sepeda motor atau mobil bisa melewatinya dengan mudah. Jika kamu berangkat dari daerah Kuta Bali, kamu akan menempuh waktu perjalanan sekitar 40 menit sampai 1 jam perjalanan.

Tergantung dengan kondisi jalan macet atau tidak. Sudah pasti kamu akan bisa sampai ke pantai ini lebih cepat jika menggunakan sepeda motor.

Selain itu perlu dicatat kalau tidak ada kendaraan umum yang menuju ke pantai di Bali ini. Jadi ya kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke Pantai Tegalwangi.

Pilihan Transportasi

Apa saja pilihan transportasi terbaik yang dapat kamu gunakan untuk liburan ke Pantai Tegal Wangi Beach Jimbaran?

Pertama-tama, pilihan yang paling direkomendasikan adalah transportasi pribadi, baik berupa sepeda motor atau mobil.

Sewa Sepeda Motor

Di Bali, mencari jasa rental sepeda motor sangatlah mudah, terutama jika Kamu menginap di kawasan wisata di selatan Bali seperti Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Canggu, Uluwatu, Jimbaran, dan Tanjung Benoa.

Kamu dapat dengan mudah menemukan jasa rental motor di Bali dengan menggunakan Google.

Harga sewa motor di pulau Bali rata-rata sekitar Rp 100.000 per 24 jam tanpa bahan bakar.

Sewa Mobil

Pilihan transportasi kedua adalah menggunakan mobil pribadi. Di Bali, terdapat dua jenis penyewaan mobil: sewa mobil tanpa sopir dan sewa mobil dengan sopir.

Perlu diketahui bahwa mencari jasa sewa mobil tanpa sopir di Bali cukup sulit, sementara mencari jasa sewa mobil di Bali dengan sopir jauh lebih mudah.

Untuk menemukan jasa sewa mobil di Bali, Kamu cukup menggunakan Google.

Harga sewa mobil di Bali bervariasi tergantung jenis mobil yang Kamu pilih.

Sebagai contoh, jika Kamu ingin menggunakan mobil Toyota Avanza, harga sewa Avanza di Bali rata-rata sekitar Rp 250.000 per 24 jam.

BACA JUGA :  Ulasan Maskapai Scoot: Pilihan Hemat untuk Petualanganmu

Menggunakan Ojek Online

Jika Kamu ingin menggunakan ojek online (ojol), perlu diperhatikan bahwa menemukan ojek untuk perjalanan kembali ke hotel bisa menjadi tantangan.

Menemukan ojek dari hotel Kamu menuju pantai mungkin mudah, tetapi untuk kembali ke hotel, Kamu mungkin menghadapi kesulitan.

Area Parkir Kendaraan

Selama kunjungan saya awal tahun ini, saya melihat beberapa perubahan di Pantai Tegal Wangi Jimbaran dibandingkan dengan kunjungan saya sebelumnya.

Jalanan menuju pantai masih sama seperti dulu, tetapi saat tiba di lokasi tebing pantai, saya melihat bahwa sekarang terdapat tembok batako yang membentang panjang menutupi tepi tebing.

Terdapat pintu gerbang besi di antara tembok tersebut yang digunakan sebagai akses untuk mobil.

Jika pintu gerbang terbuka, Kamu dapat memarkir kendaraan Kamu dengan membayar biaya parkir. Namun, saat saya berkunjung, pintu gerbang tersebut tertutup.

Keindahan Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Tips wisata ke Pantai Tegal wangi ini mungkin akan berguna untuk kamu yang mau berlibur kesini - Pantai Tegalwangi, Pantai Di Bali Tersembunyi [ Wisata Bali ]
Tips wisata ke Pantai Tegal wangi ini mungkin akan berguna untuk kamu yang mau berlibur kesini – Foto : instagram.com/krissstojkoski.
Pantai Tegal Wangi Jimbaran adalah surga tersembunyi yang memikat dengan keindahan alamnya.

Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa Kamu temui di pantai ini:

1. Pemandangan Indah Laut Selatan dari Atas Tebing

Kamu dapat melihat panorama tebing yang tinggi dengan pepohonan hijau jika berada di pinggir tebing sebelum menginjakkan kaki di bibir pantai Tegal Wangi.

Kamu juga bisa melihat hotel Ayana Resort dari tebing ini, dan bahkan Rock Bar terlihat dari atas tebing.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada pagar atau pembatas di atas tebing, jadi Kamu harus berhati-hati saat berada di sana.

Ini adalah salah satu pemandangan terbaik yang bisa Kamu nikmati di Bali Selatan.

2. Jalan Menuju Bibir Pantai

Untuk mencapai bibir pantai Tegal Wangi, Kamu harus mengikuti jalan setapak yang dibuat dari batu kapur yang agak terjal.

Meskipun jalan turunnya tidak terlalu panjang, sekitar dua puluh meter, tetapi Kamu akan merasakan sensasi petualangan saat melintasi jalan setapak ini.

3. Pemandangan Bibir Pantai yang Menakjubkan

Ketika Kamu tiba di bibir pantai Tegal Wangi, Kamu akan melihat tebing karang yang sangat tinggi di sebelah kirimu.

Di sebelah kanan, Kamu akan disuguhi deburan ombak berair biru kehijauan, dengan pasir putih yang sedikit kasar tetapi nyaman di bawah kaki Kamu .

Pantai ini benar-benar memanjakan mata dan pikiran.

4. Kolam Batu Alami Di Pantai

Jika Kamu menyusuri pantai ke arah selatan, Kamu akan menemukan kolam batu alami yang selalu terisi air saat ombak laut datang.

Saya melihat beberapa wisatawan asing berendam di kolam batu ini sambil temannya mengambil foto-foto.

Pengalaman berendam di kolam batu ini sambil menikmati pemandangan sekitar sangat menyenangkan.

5. Gua Pantai Tegal Wangi

Di ujung pantai sebelah kiri, Kamu akan menemukan gua kecil yang terletak di bawah tebing.

Meskipun gua ini tidak dalam atau gelap, tetapi mengelilingi suasana gua ini membuatnya menjadi spot menarik untuk dieksplorasi.

6. Pemandangan Sunset yang Mengagumkan

Salah satu daya tarik utama Pantai Tegal Wangi adalah pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan.

Jika cuaca cerah, Kamu akan dapat menyaksikan matahari terbenam yang memukau di Pantai Tegal Wangi.

Kamu dapat memilih untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas tebing atau langsung dari tepi pantai.

Menurut saya, melihat matahari terbenam dari atas tebing memberikan pengalaman yang lebih istimewa.

Aktivitas Wisatawan di Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Sebagian besar aktivitas wisatawan di Pantai Tegal Wangi adalah bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Beberapa tempat favorit untuk duduk adalah di tepi pantai, di atas tebing dekat bibir pantai, atau di dalam gua pantai untuk berteduh.

BACA JUGA :  Berlibur ke Hakone dari Tokyo dengan Hakone Free Pass

Tidak ada penyewaan kursi pantai atau payung di Pantai Tegal Wangi seperti yang biasanya Kamu temui di pantai-pantai lain di Bali.

Oleh karena itu, ketika matahari masih terik, banyak wisatawan memilih untuk duduk di dalam gua untuk berteduh.

Selain itu, saya juga melihat beberapa fotografer yang menggunakan pantai ini sebagai latar belakang untuk sesi foto prewedding.

Pantai Tegal Wangi memberikan suasana yang romantis dan indah untuk foto-foto pernikahan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Wisatawan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Tegal Wangi Jimbaran:

1. Kapan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Pantai Tegal Wangi Jimbaran?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tegal Wangi Jimbaran tergantung pada tujuan Kamu.

Jika Kamu ingin menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, disarankan untuk datang sekitar pukul 16:30.

Waktu matahari terbenam di Bali biasanya antara pukul 17:30 hingga 18:30, tergantung pada posisi matahari.

Namun, jika Kamu ingin menikmati pantai yang lebih sepi, Kamu dapat mengunjunginya di pagi hari karena pantai ini cenderung sepi pada waktu tersebut.

2. Apakah Aman Berenang di Pantai Tegal Wangi Beach?

Tidak disarankan untuk berenang di Pantai Tegal Wangi karena ombaknya cukup besar, dan terdapat banyak batu karang di sekitar bibir pantai.

Selalu perhatikan pasang surut air laut dan hindari berenang saat ombak besar dan air pasang.

3. Apakah Ada Tempat Parkir di Dekat Pantai?

Ya, terdapat area parkir kendaraan di dekat Pantai Tegal Wangi Jimbaran. Namun, pintu masuk dan area parkirnya sekarang telah ditutup dengan tembok tinggi.

Kamu dapat memarkir kendaraan di dalam area tembok jika pintu gerbangnya terbuka, dengan membayar biaya parkir.

Tips Wisata ke Pantai Tegal Wangi

Bagi Kamu yang berencana mengunjungi Pantai Tegal Wangi Jimbaran, berikut beberapa tips yang mungkin berguna:

  1. Saat ini, tidak diperbolehkan untuk melakukan sesi foto prewedding di Pantai Tegal Wangi, jadi jika Kamu berencana untuk foto prewedding di sini, sebaiknya pertimbangkan opsi lain.
  2. Pintu masuk dan area parkir lama sekarang telah ditutup dengan tembok tinggi. Namun, Kamu masih dapat mengunjungi Pantai Tegal Wangi dengan memutari tembok ini.
  3. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah setelah jam 2 siang hingga menjelang sunset. Pada siang hari, suhu di pantai ini bisa sangat panas, sehingga lebih nyaman pada sore hari ketika matahari sudah agak rendah.
  4. Saat turun ke pantai, perhatikan bahwa jalan setapak bisa curam. Pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.
  5. Jika Kamu tidak ingin turun ke pantai, Kamu masih dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing.
  6. Untuk Kamu yang suka memancing, pantai ini juga merupakan tempat yang baik untuk memancing, dan setiap hari Kamu akan melihat beberapa orang yang memancing di sini.
  7. Perlu diingat bahwa tidak ada hotel atau penginapan yang berdekatan dengan Pantai Tegal Wangi. Hotel terdekat berjarak sekitar 1 km dari pantai, jadi sebaiknya Kamu mencari akomodasi di daerah Poppies Lane Kuta jika Kamu mencari tempat menginap yang lebih terjangkau.
  8. Pantai ini berdekatan dengan Pura Segara Tegal Wangi, namun para wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke dalam kawasan pura tersebut, kecuali bagi mereka yang memiliki kepentingan khusus.Selama pasang surut air laut, kadang-kadang gugusan karang di sekitar pantai akan membentuk semacam laguna alami yang cocok untuk berenang. Namun, selalu pastikan untuk berenang dengan hati-hati dan amati kondisi air laut serta ombak.

Menjelajahi Pantai Tersembunyi di Bali Selatan

Pantai Tegal Wangi Jimbaran adalah contoh sempurna dari salah satu pantai tersembunyi yang masih memancarkan keindahan alam Bali yang asli.

Terletak di antara tebing-tebing yang menjulang tinggi dan deburan ombak laut yang menenangkan, pantai ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari keramaian objek wisata yang lebih terkenal.

Selama kunjungan Kamu ke Bali Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Pantai Tegal Wangi Jimbaran.

Nikmati pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan, jelajahi kolam-kolam batu alami, dan rasakan ketenangan pantai ini yang masih relatif sepi dari keramaian wisatawan.

Pastikan untuk mengikuti tips dan panduan yang telah disebutkan di atas agar Kamu dapat mengalami pantai ini dengan aman dan menyenangkan.

Selamat menjelajahi keindahan alam Bali yang masih tersembunyi!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *