Explore Keindahan Pantai Bias Tugel: Pantai Tersembunyi Dekat Pelabuhan Padang Bai

Indonesia, Tempat Wisata, Travel Vlog

Bali, pulau surgawi di Indonesia, terkenal dengan pantainya yang memikat hati. Setiap tahunnya, ribuan wisatawan dari seluruh dunia datang ke Bali untuk merasakan pesona pantainya yang luar biasa. Salah satu pantai yang menjadi favorit adalah Pantai Kuta yang ramai. Tapi, tahukah kamu bahwa Bali memiliki beragam pantai lain yang tak kalah indah? Salah satunya adalah Pantai Bias Tugel, juga dikenal sebagai White Sand Beach.

Pantai Bias Tugel mungkin belum sepopuler Pantai Kuta atau Pantai Sanur, tetapi inilah yang membuatnya menarik. Pantai ini masih tergolong sebagai pantai tersembunyi di Bali, meskipun dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yang sering digunakan sebagai pintu masuk ke Bali dari Lombok. Mari kita telusuri lebih dalam tentang pesona Pantai Bias Tugel ini!

Menemukan Surga Tersembunyi di Bali

 

Pantai Bias Tugel, Secret Beach Dekat Pelabuhan Padang Bai [ Wisata Bali ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pantai Tersembunyi di Dekat Pelabuhan Padang Bai

Pantai Bias Tugel di Padang Bai sering disebut sebagai salah satu pantai tersembunyi di Bali. Meskipun demikian, letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Padang Bai membuatnya mudah diakses. Bahkan, jika kamu beruntung, kamu bisa melihat kapal feri berlalu-lalang menuju pelabuhan dari pantai ini.

Jadi, terlepas dari statusnya yang tersembunyi atau tidak, Pantai Bias Tugel adalah salah satu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi di Bali. Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya sekitar IDR 10.000 per orang, dan itu termasuk biaya parkir sepeda motor.

BACA JUGA :  11 Alasan Kenapa Kamu Harus Liburan ke Australia Barat!

Sekarang, mari kita mulai petualangan kita menuju Pantai Bias Tugel yang tersembunyi namun menawan ini. Pantai ini juga dikenal dengan nama White Sand Beach. Meskipun namanya mungkin belum terdengar begitu akrab, pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Bali.

Lokasi dan Akses

Pantai Bias Tugel terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, perjalanan menuju pantai ini sekitar 57 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam jika menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat Denpasar, jaraknya sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh yang sama.

Pantai ini sangat dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, yang biasanya digunakan untuk penyeberangan antara Bali dan Lombok. Kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk tiba di Pantai Bias Tugel. Namun, sebelum sampai di pantai, kamu akan melewati pos pembayaran biaya parkir sepeda motor sekitar Rp 2.000 dan kontribusi dana kebersihan lingkungan sekitar Rp 2.000 per orang. Pantai ini dikelola langsung oleh masyarakat setempat, sehingga biaya tersebut berguna untuk mendukung kebersihan dan pemeliharaan pantai.

Setelah parkir, kamu akan menuruni tangga menuju pantai, yang memakan waktu sekitar 10-15 menit. Harap berhati-hati karena tangga ini tergolong terjal dan berbatu. Namun, selama perjalananmu, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa, mulai dari pasir putih, laut biru, hingga kapal feri yang berlabuh di Pelabuhan Padang Bai. Semua ini akan membuatmu merasa seolah-olah berjalan di dalam sebuah lukisan alam yang diciptakan oleh Sang Pencipta.

Pantai Bias Tugel memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, sekitar 200 meter. Walaupun begitu, pantai ini dikenal memiliki pasir paling putih di Bali. Air laut yang tampak bening dan suasana pantai yang masih sepi akan membuatmu merasa seperti berada di surga pribadi.

BACA JUGA :  Flight Trip Singapore Airlines Surabaya To Singapore With Airbus A330 300 Economy Class

Pesona Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel, seperti namanya yang artinya “pasir yang terpotong,” memiliki batu karang yang besar mengapit area pantai. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai White Sand Beach karena pasir putihnya yang memukau. Keindahan pasir putih ini kontras dengan air laut biru yang jernih, menciptakan pemandangan yang memesona.

Salah satu pesona utama Pantai Bias Tugel adalah fenomena alam yang dikenal sebagai “water blow.” Ketika kamu menghadap ke laut dan melihat ke sebelah kanan, kamu akan melihat air laut yang membentur karang, menciptakan efek seperti air mancur alam yang menakjubkan.

Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Anak-anak dapat bermain pasir dengan aman karena pantai ini masih belum begitu ramai. Selain itu, kamu juga bisa mencoba snorkeling di Pantai Bias Tugel. Karena air lautnya begitu bening, panorama bawah laut yang masih alami dan indah terlihat jelas. Ini adalah pengalaman yang luar biasa untuk menyelami kehidupan laut yang beragam di sekitar pantai ini.

Selain snorkeling, Pantai Bias Tugel juga menawarkan berbagai aktivitas lain, seperti bermain voli pantai atau sekadar bermain bola di tepi pantai. Kamu juga bisa berjemur di bawah matahari Bali yang hangat sambil menikmati pijatan lembut dari tangan terampil pemijat yang menawarkan jasanya di pantai. Para pemijat ini biasanya warga lokal yang ramah, sehingga kamu bisa bersantai sambil berbincang dengan mereka saat menikmati pijatan.

Akses dan Fasilitas

Akses:

Ada beberapa cara untuk mencapai Pantai Bias Tugel:

  • Mobil: Kamu dapat mengikuti rute menuju Pelabuhan Padang Bai, dan dari sana, cukup lanjutkan perjalanan sekitar 15 menit. Namun, perlu diingat bahwa setelah sampai di dekat pantai, kamu perlu melanjutkan dengan berjalan kaki, melewati jalan yang cukup terjal dan berbatu. Meskipun agak melelahkan, perjalanan ini akan sebanding dengan keindahan yang akan kamu temui di pantai.
BACA JUGA :  Menjelajahi Keindahan Danau Biwa: Danau Air Tawar Terbesar di Jepang

Fasilitas:

Pantai Bias Tugel menyediakan beberapa fasilitas yang akan membuat kunjunganmu lebih nyaman:

  • Warung: Kamu bisa beristirahat sejenak di warung-warung sederhana di tepi pantai, di mana kamu dapat mencicipi hidangan lokal dan internasional.
  • Area Parkir: Kawasan pantai ini menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor wisatawan.
  • Toilet: Terdapat fasilitas toilet yang bersih dan terawat di sekitar pantai.
  • Cafe atau Restoran: Terdapat beragam pilihan tempat makan, mulai dari kafe yang menyajikan makanan lokal hingga restoran dengan menu western.
  • Penginapan: Jika kamu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Pantai Bias Tugel, ada berbagai pilihan penginapan seperti hotel, villa, bungalow, dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga kamu dapat bermalam dengan nyaman di sekitar pantai ini.

Penutup: Temukan Keindahan Tersembunyi di Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel adalah salah satu contoh sempurna dari keindahan tersembunyi di Bali. Meskipun mungkin belum begitu terkenal seperti beberapa pantai lainnya, Pantai Bias Tugel memiliki daya tarik dan pesona sendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Keindahan alamnya yang memukau, pasir putihnya yang lembut, air laut yang jernih, dan aktivitas menarik yang bisa kamu nikmati membuat pantai ini menjadi destinasi yang sempurna untuk liburan di Bali.

Jadi, jika kamu mencari pengalaman yang berbeda dari keramaian Pantai Kuta atau Pantai Seminyak, maka Pantai Bias Tugel adalah pilihan yang sempurna. Selamat menjelajahi keindahan Pantai Bias Tugel, pantai tersembunyi yang akan membawamu pada petualangan yang tak terlupakan!

Catatan: Informasi yang disediakan dalam artikel ini dapat berubah seiring waktu. Pastikan untuk memeriksa informasi terkini sebelum perjalananmu.


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *