Rumah Inspirasi Subang: Menyelami Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Rumah Inspirasi Subang: Menyelami Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Travel Vlog

Hai, kamu pasti pernah mendengar tentang program #NgopiNgegas Bareng SKK Migas atau Ngobrol Pintar Ngebahas Migas dengan SKK Migas, kan? Nah, salah satu rangkaian acara dari program ini adalah mengunjungi Rumah Inspirasi di Subang, yang merupakan salah satu CSR Binaan SKK Migas. Di sini, kita akan menjelajahi apa yang terjadi di Rumah Inspirasi Subang dan bagaimana mereka melakukan pemberdayaan masyarakat dengan cara yang unik dan bermanfaat.

Mengenal Rumah Inspirasi Subang

 

Main Ke Rumah Inspirasi Di Subang [#NgopiNgegas Bareng SKK Migas]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Selamat Datang di Rumah Inspirasi Subang

Ketika kamu tiba di Rumah Inspirasi Subang, kamu akan disambut dengan tarian tradisional yang indah, seperti Tarian Sisingaan dan Tari Merak. Ini adalah cara mereka menyambut tamu dengan hangat dan merayakan budaya setempat.

Tapi tidak hanya itu, Rumah Inspirasi Subang juga adalah tempat di mana berbagai kegiatan positif dilakukan. Salah satunya adalah pengolahan sampah untuk didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat. Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini nanti. Yuk, kita lanjutkan!

Rumah Inspirasi Subang: Tempat Pemberdayaan Masyarakat

Rumah Inspirasi Subang adalah sebuah Komunitas Pemberdayaan Masyarakat dan Karang Taruna yang berlokasi di RW 20 Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Program ini mendapat dukungan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field.

BACA JUGA :  Suasana Peyeberangan Pelabuhan Gilimanuk - Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Utama Penghubung Jawa Bali!

Apa yang terjadi di Rumah Inspirasi Subang ini sangat beragam dan mencakup banyak aspek kehidupan masyarakat. Mari kita lihat beberapa kegiatan yang mereka lakukan:

Pengelolaan Sampah yang Bijak

Salah satu hal yang menarik yang dilakukan oleh Rumah Inspirasi Subang adalah pengelolaan sampah yang bijak. Mereka memiliki bank sampah dan program daur ulang bernilai ekonomi. Konsepnya adalah mengubah sampah menjadi sumber daya yang bernilai.

Bagaimana cara mereka melakukannya? Nah, mereka mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti sanggar tari dan pembelajaran bahasa Inggris bersama Dangdeur English Club. Yang menarik adalah bahwa anak-anak ini tidak dikenakan biaya untuk kegiatan ini. Sebagai gantinya, mereka diminta untuk membawa sampah agar dapat didaur ulang di Bank Roentah Inspirasi (BROERI). Ini adalah cara yang brilian untuk mengajarkan kesadaran lingkungan kepada generasi muda.

Bank Roentah Inspirasi (BROERI)

Bank Roentah Inspirasi (BROERI) adalah salah satu program utama yang dijalankan oleh Rumah Inspirasi Subang. Program ini difokuskan pada pengolahan sampah organik dan anorganik. Mereka memiliki bank sampah di mana sampah organik dikumpulkan dari warga sekitar. Sampah ini kemudian diolah menjadi biogas dan pupuk organik cair. Ini adalah inovasi yang mengagumkan karena tidak hanya membantu membersihkan lingkungan tetapi juga menciptakan nilai ekonomi dari sampah.

Dalam waktu tiga tahun sejak Rumah Inspirasi Subang berdiri, BROERI berhasil memiliki 3.500 nasabah. Ini adalah bukti bahwa program ini sukses dalam mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Pada awalnya, hanya ada 150 nasabah saat program ini dimulai. Ini adalah contoh nyata bagaimana inovasi dalam pengelolaan sampah dapat memberdayakan masyarakat.

Program Lain di Rumah Inspirasi Subang

Selain BROERI, Rumah Inspirasi Subang memiliki beragam program lain yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat. Ini termasuk Sanggar Inspirasi (SARI), yang mencakup Dangdeur English Club untuk pembelajaran bahasa Inggris, Ngamumule Kasundaan untuk mempertahankan kesenian lokal seperti Sisingaan dan Jaipong, Taman Baca Inspirasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pojok Inspirasi yang mengundang tokoh masyarakat inspiratif untuk berbicara, Bengkel Kreatif yang mengajarkan cara membuat produk daur ulang seperti tas dan karpet dari bungkus kopi atau tutup botol, serta Posbindu Lansia yang memberikan layanan terpadu untuk lansia.

BACA JUGA :  Menjelajahi Tempat Wisata Bukit Teletubbies Nusa Penida Menawan

Semua program ini dirancang untuk memberdayakan masyarakat secara beragam dan kreatif. Mereka tidak hanya memberikan pelatihan dan pembelajaran tetapi juga menciptakan lingkungan di mana masyarakat dapat tumbuh dan berkembang.

Kolaborasi dengan Marketplace Lokal

Rumah Inspirasi Subang juga aktif berkolaborasi dengan marketplace oemahngariung.com dan Kampung Eco Green melalui Instagram @kampungecogreen untuk menjual produk-produk mereka. Ini adalah contoh bagaimana mereka mengintegrasikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Subang dengan program-program mereka.

Untuk pengiriman barang, mereka bekerja sama dengan JNE sebagai jasa pengiriman barang dan logistik. Ini adalah langkah penting dalam memastikan produk-produk dari Rumah Inspirasi Subang dapat mencapai lebih banyak orang.

Mendorong Kepedulian Lingkungan dari Awal

Salah satu aspek yang patut diapresiasi dari apa yang dilakukan oleh Rumah Inspirasi Subang adalah cara mereka mendorong kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang mendidik seperti sanggar tari dan pelajaran bahasa Inggris, mereka tidak hanya mendidik mereka dalam hal kebudayaan tetapi juga mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.

Melalui program-partisipasi anak-anak dalam pengumpulan sampah, mereka belajar bahwa sampah bisa memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan bijak. Ini adalah pembelajaran berharga yang akan membentuk sikap mereka terhadap lingkungan sepanjang hidup mereka.

Kesimpulan

Rumah Inspirasi Subang adalah contoh nyata bagaimana sebuah komunitas dapat melakukan perubahan positif dalam masyarakat. Dengan fokus pada pengelolaan sampah, pemberdayaan masyarakat, dan berbagai program kreatif, mereka telah menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Program-program mereka yang inovatif, seperti BROERI, telah membuktikan bahwa sampah bisa menjadi sumber daya yang bernilai jika dikelola dengan bijak. Selain itu, kolaborasi dengan marketplace lokal dan jasa pengiriman barang membantu produk-produk mereka mencapai lebih banyak orang.

BACA JUGA :  Saung Angklung Udjo: Menyelam ke Dunia Seni dan Budaya Sunda

Selain itu, Rumah Inspirasi Subang telah menanamkan nilai-nilai lingkungan kepada generasi muda melalui kegiatan yang mendidik. Hal ini penting untuk menciptakan budaya peduli terhadap lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Jadi, jika kamu ingin melihat bagaimana sebuah komunitas bisa membuat perbedaan, kunjungi Rumah Inspirasi Subang. Mereka adalah contoh inspiratif tentang bagaimana kepedulian terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dapat menyatu dan menciptakan dampak positif. Jangan lupa untuk memberikan dukungan dan apresiasi atas upaya mereka yang luar biasa ini. Terima kasih telah membaca!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *