Panduan Liburan Ke New Zealand Ala Road Trip!

By | February 23, 2020

Jalan-jalan liburan ke New Zealand sebulan? Asik banget kok! Bisa dibilang ini adalah one of the best trip in My Life! Ini adalah sebuah perjalanan yang menyenangkan, setelah saya Work And Holiday setahun penuh di Australia. Jadi, ketika Visa WHV saya sudah habis, saatnya berlibur ke New Zealand dong!! Selain dekat dengan Australia, sudah lama banget saya pengen road trip di New Zealand dari dulu!

Tapi ya liburan ke New Zealand itu nggak cuma sebentar aja, seminggu atau dua minggu gitu. Saya maunya road trip di New Zealand selama sebulan penuh. Itu saja rasanya masih kurang lho. Kalau ada rejeki, saya pengen balik lagi berlibur ke New Zealand, road trip keliling negara cantik itu. Namun, kalau kesana lagi, saya pengennya sepedaan motor saja.

Mungkin sepertinya itu cuma impian ya! Tapi ya semuanya kan berawal dari mimpi. Seperti Liburan ke New Zealand yang akhirnya terwujud pertama kali pada tahun 2017 kemarin, saya akhirnya bisa jalan-jalan New Zealand, road trip di New Zealand sebulan penuh bersama dua orang teman saya Velyz dan Vivi!

Tonton Dulu Travel Vlog Liburan Di New Zealand Saya Ya, Sebelum Membaca Panduan Liburan Ke New Zealand Ala Road Trip Dibawahnya!

Tonton video dibawah ini sampai selesai, tinggalkan komentar, like, share dan subscribe ke channel youtube.com/catperku ya! Terimakasih banyak sudah menonton. Setelah ini kamu bisa baca panduan liburan ke New Zealand untuk kamu yang mau liburan kesana.

 

 

—–
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com
—–

Panduan Liburan Ke New Zealand Untuk Pemula

Panduan Liburan Ke New Zealand Untuk Pemula

Panduan Liburan Ke New Zealand Untuk Pemula

Oke, disini nanti bakalan dibahas beberapa hal mengenai liburan jalan jalan ke New Zealand. Untuk beberapa hal berkaitan dengan liburan ke New Zealand yang bakal dibahas disini kira-kira sebagai berikut :

  • Biaya Liburan Ke New Zealand Berapa?
  • Pakai Paket Liburan Ke New Zealand Atau Jalan Sendiri?
  • Berapa Budget Liburan Ke New Zealand Yang Harus Disiapkan?
  • Tips Menghemat Biaya Liburan Ke New Zealand Dengan Campervan?

Nah, setelah ini bakal dibahas satu per satu ya beberapa hal diatas!

Biaya Liburan Ke New Zealand Berapa Ya?

Mungkin ini yang paling banyak ditanyakan kalau mau jalan jalan ke New Zealand. Biaya liburan ke suatu destinasi atau negara memang menjadi salah satu pertimbangan untuk memutuskan akan liburan ke tempat tersebut atau enggak. Lantas, berapa sih biaya jalan jalan ke New Zealand itu? Kalau kamu mau kesana liburan sebulan ala roadtrip, klik aja disini. Yang jelas biaya berlibur ke New Zealand ini memang agak lebih mahal jika dibandingkan dengan liburan ke Malaysia, ataupun liburan ke Jepang. Terlebih lagi kalau kamu pengen liburan lebih lama di New Zealand.

Namun bukan berarti liburan ke New Zealand kurang dari 20 juta menjadi suatu hal yang tidak mungkin. Asal kamu mau berhemat, dan tidak terlalu lama liburannya. Soalnya, harga tiket pesawat ke New Zealand itu sudah mahal sih. Kecuali, harga tiket pesawat ke New Zealand pas lagi promo. Harga normal tiket ke New Zealand itu sekitar 10 jutaan, kalau lagi promo bisa 6-8 jutaan. Nah, kalau mau berhemat biaya berlibur ke New Zealand, pastikan kamu hunting tiketnya jauh jauh hari ya.

Nah, sekarang, mari coba dibahas skenario biaya liburan ke New Zealand dibawah 20 Juta, ke New Zealand sendirian 7 hari dulu deh, mungkin kamu cuma budget maksimal 20 juta. Kira bisa berapa lama di New Zealand ya. Kira kira rinciannya begini :

  • Beli tiket pesawat ke New Zealand IDR 10 juta.
  • Biaya menginap di Auckland/Christchurc Hostel rata rata IDR 400.000 per malam X 7 Hari.
  • Biaya Makan IDR 300.000 per hari X 7 hari.
  • Transportasi IDR 200.000 per hari X 7 hari.
  • Cadangan IDR 2.000.000

Totalnnya sekitar IDR 18.300.000 saja, jadi biaya liburan ke New Zealand dibawah 20 juta itu mungkin sekali. Namun sayangnya, skenario seperti ini hanya memungkinkan kamu buat liburan ke  satu kota saja, baik itu Auckland atau Christchurc. Memang biaya berlibur ke New Zealand sendirian itu bisa sangat mahal. Karena itu tidak direkomendasikan jalan jalan ke New Zealand sendirian. Sebisa mungkin harus bareng bareng atau cari grup ketika kesana.

Paling enak sih liburan  ke New Zealand ber empat. Nanti bisa sewa mobil atau sewa campervan di New Zealand. Sewa mobil atau campervan di New Zealand itu bisa sampai 1 juta rupiah per hari, kalau sewa sendirian pasti mahal banget. Kalau sewa berempat, biaya sewa tinggal dibagi empat. Jadi harganya nggak mahal mahal banget. Anggap saja sewa campervan di New Zealand tadi kena 1 juta per hari, dibagi 4 jadinya cuma bayar IDR 250.000 per orang.

Lebih murah lagi kalau kamu sewa mobil di New Zealand, biasanya harga sewa per hari bisa dibawah 1 juta, atau bahkan ada yang dibawah 500 ribu per hari. Terus selama liburan di New Zealand kamu bisa camping dan masak sendiri untuk makan. Liburan ke New Zealand berempat seminggu kurang dari 20 juta bisa banget deh. Coba ya dihitung untuk skenario berlibur ke New Zealand berempat, patungan habisnya berapa :

  • Beli tiket pesawat ke New Zealand IDR 10 juta X4 = IDR 40.000.000
  • Biaya camping, cari camping ground gratisan saja.
  • Biaya Makan, masak sendiri belanja IDR 200.000 per hari X 7 hari x 4 orang = IDR 5.600.000.
  • Transportasi sewa campervan IDR 1000.000 per hari X 7 hari = IDR 7.000.000.
  • BBM IDR 2.000.000.
  • Cadangan, bayar parkir DLL IDR 3.000.000.

Perkiraan total biaya liburan ke New Zealand adalah 57.600.000, dibagi 4 seorang berarti hanya perlu menyiapkan dana sekitar 14.400.000 saja. Sudah bisa jalan jalan di New Zealand selama seminggu. Paling tidak kamu bisa road trip di North Island New Zealand atau mau PP dari North Island ke South Island balik lagi ke North Island juga bisa. Sebenarnya biaya liburan ke New Zealand kalau rame-rame itu bisa jadi lebih murah karena bisa patungan.

Enaknya Pakai Paket Liburan Ke New Zealand Atau Jalan Sendiri Sih?

Sebenarnya keduanya ada kelebihan dan kekurangan masing masing. Tapi yang pasti, kesana dengan paket lburan ke New Zealand itu bakal bisa lebih mudah karena gak perlu cari partner atau teman yang bisa diajak sharing cost. Sudah tahu sendiri kan kalau biaya berlibur ke NZ ini lumayan mahal kalau sendirian. O iya, yang dimaksud jalan sendiri ini bukan solo traveling ya.

Namun merencanakan sendiri berlibur ke New Zealand, tanpa permu membeli paket liburan ke New Zealand di travel agent. Kekurangan jalan sendiri ini tentu bakal repot harus mencari informasi panduan jalan jalan ke New Zealand. Namun kelebihannya adalah, itinerary jalan jalan ke New Zealand yang dibuat bakal lebih fleksible. Jadi kamu bisa memutuskan untuk trip ke New Zealand yang model paling murah, sedang atau paling mahal.

Lalu Berapa Budget Liburan Ke New Zealand Yang Harus Disiapkan?

Sekali lagi, ini tergantung model jalan jalan ke New Zealand kamu seperti apa. Namun budget liburan ke New Zealand paling minim sih menurut saya di angka 20 jutaan per orang, dan minimal harus jalan 3 orang kalau mau tetap murah dan maksimal. Meski budget belasan juta juga bisa buat jalan jalan ke New Zealand sendirian, tapi kamu hanya bisa eksplore satu dua kota saja. Padaha, tempat wisata di New Zealand yang cakep itu ada di banyak tempat di negara ini.

Sementara itu, agar berlibur ke negara cantik ini lebih maksimal, sebaiknya kamu siapin budget sekitar 30 juta per orang dengan minimal berangkat 3 orang. Dengan budget liburan ke New Zealand sekitar 30 jutaan, kamu sudah bisa jelajah sebagian besar tempat wisata utama New Zealand, terutama tempat wisata yang populer disana.

Dengan budget liburan ke New Zealand sekitar 30 jutaan, kamu bisa sewa mobil untuk keliling negara ini alam road trip. Namun kalau kamu mau menyiapkan budget berlibur ke New Zealand sedikit lebih banyak lagi, kamu bisa menyewa campervan untuk jalan jalan ala road trip keliling dua pulau utama New Zealand!

Tips Menghemat Biaya Liburan Ke New Zealand Dengan Campervan?

Sekarang masuk ke bagian yang tak kalah penting nih. Yaitu tips menghemat biaya liburan ke New Zealand dengan campervan! Karena dengan membaca tips ini, kamu mungkin saja bisa berhemat lumayan banyak. Oke, mulai dari tips yang pertama!

  1. Rencanakan itinerary liburan ke New Zealand kamu dengan matang. Terutama kalau kamu mau jalan jalan sendiri disana ala road trip dengan mobil atau campervan. Kalu bisa rencanakan sampai bikin rute jalur road trip selama di New Zealand seperti disini, sampai perkiraan bakal menempuh berapa kilometer nantinya. Soalnya, harga BBM disana itu mahal. Kalau kamu hanya muter muter saja tanpa rencana, kamu bakal buang buang BBM. Itu berarti kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk beli BBM. Perlu dicatat, harga BBM standar per liternya adalah sekitar kurang lebih 2 NZD. Atau sekitar IDR 20.000 rupiah. Mahal banget kan?
  2. Usahakan masak sendiri agar kamu bisa berhemat banyak budget liburan ke New Zealand. Boleh lah sesekali makan di restoran kalau lagi malas masak. Tapi jangan sering sering. Karena budget sekali makan di New Zealand itu bisa sampai belasan dolar. Sementara itu kalau masak sendiri bakal jauh lebih murah. Misalnya, biaya kamu makan sekali di restoran termasuk minum bisa buat beli bahan makanan untuk makan 3 kali sehari. Hemat banget kan?
  3. Buat kamu yang suka ngopi, lebih baik beli kopi bubuk kaleng atau sachet sendiri. Karena harga kopi di cafe itu sekitar 4-6 NZD. Kalau bawa sendiri tentu kamu bakal banyak berhemat budget liburan ke New Zealand. Tinggal cari camping ground yang pemandangannya cakep, lalu seduh kopi kamu sendiri sambil menikmati pemandangan. Pasti jauh lebih asik daripada ngopi di cafe.
  4. Sewa mobil atau campervan enaknya? Ini harus lihat model liburan kamu sih. Kalau kamu mau liburan yang lebih nyaman, sudah pasti sewa campervan adalah jawabannya, meski bakal jadi lebih mahal. Namun kalau budget liburan ke New Zealand kamu agak mepet, ya sewa mobil biasa saja jauh lebih murah. Tinggal bawa perlengkapan kemah, terus nginepnya kemah terus setiap malam. Nggak kalah asik, dan tentunya jauh lebih hemat.
  5. Cari camping ground gratisan. Meski di New Zealand itu asik buat camping kapan saja, namun kamu harus tahu kalau kamu nggak bisa ngasal buka tenda atau parkir campervan disana. Kalau seperti itu, bisa bisa kamu kena denda. Bukannya hemat, tapi malah over budget karena harus bayar dena. Kalau budget liburan ke New Zealand kamu agak banyak, kamu bisa camping atau parkir campervan di camping ground berbayar. Biasanya yang bagus sih harganya diantara 15-30 NZD per orang, per malam. Dengan harga segitu, biasanya fasilitasnya sudah lengkap seperti ada dapur, dan kamar mandi dengan air panas. Atau yang agak murahan dikit kadang ada juga di harga 5-10 NZD dengan fasilitas kamar mandi air hangat. Ada juga camping ground gratisan di New Zealand. Namun biasanya di camping ground gratis itu fasilitas seadanya. Hanya ada toilet saja. Itu juga kadang toilet alam yang nggak ada airnya.

Oke, kira-kira seperti ini dulu mengenai informasi, tips, juga perencanaan budget liburan ke New Zealand nya. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang ada rencana buat berlibur ke New Zealand. Nah kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, boleh banget buat dibagikan ke teman-teman yang mungkin membutuhkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *