Pengalaman Naik Kapal Ferry Ro Ro Nusa Jaya Abadi Dari Nusa Penida Ke Padang Bai

Pengalaman Naik Kapal Ferry Ro Ro Nusa Jaya Abadi Dari Nusa Penida Ke Padang Bai

Motovlog, Motovlog Bali

Waktu penyeberangan Kapal Ferry Ro Ro Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan di Penida ke Pelabuhan Padang Bai yang harusnya hanya 1 jam. Seperti apa pengalamannya? Simak dan tonton saja videonya di bawah ini.

Mengenal Kapal RoRo: Pintu Rampa ke Dunia

 

Naik Kapal Ferry Ro Ro Nusa Jaya Abadi Dari Pelabuhan Buyuk Nusa Penida Ke Padang Bai [ Motovlog ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pintu Rampa Kapal RoRo

Kapal RoRo, singkatan dari “Roll-on/Roll-off,” adalah jenis kapal yang memiliki keunikan tersendiri. Kapal RoRo dilengkapi dengan pintu rampa yang dapat digerakkan dan dihubungkan dengan dermaga apung ketika berlabuh. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk “roll-on” ke kapal saat naik, dan “roll-off” saat turun, tanpa perlu menggunakan derek atau kran.

Tanpa Pembatas, Tanpa Sekat

Salah satu ciri khas dari kapal RoRo adalah bahwa kapal ini sering disebut sebagai “zero subdivision.” Apa artinya? Kapal RoRo memiliki ruang muat terbuka yang luas, tanpa sekat atau pembatas antar ruangan. Kapal ini dirancang sedemikian rupa agar kendaraan dapat diparkir dengan bebas di atas dek tanpa ada pembatas yang menghalangi. Kelebihan ini membuat kapal RoRo menjadi pilihan ideal untuk mengangkut kendaraan berukuran besar.

BACA JUGA :  Road Trip, Solo Touring Ke Lombok Bagian 1: Blitar - Singaraja

Pengangkut Orang dan Kendaraan

Kapal RoRo tidak hanya digunakan untuk mengangkut kendaraan, tetapi juga orang. Ini membuatnya sangat fleksibel dan populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kapal RoRo sering digunakan untuk menjembatani perjalanan antar pulau atau antar daerah yang terpisah oleh perairan.

Pilihan Populer di Indonesia

Di Indonesia, kapal RoRo memiliki peran penting dalam sistem transportasi. Salah satu rute paling terkenal adalah Merak-Bakauheni, yang menghubungkan Jawa dengan Sumatra. Selain itu, kapal RoRo juga digunakan untuk menghubungkan Jawa dengan Madura serta Jawa dengan Bali. Ini adalah pilihan transportasi yang sangat populer, baik untuk pengangkutan truk maupun mobil penumpang.

Kapal RoRo: Bukan Hanya untuk Kendaraan

Saat membayangkan kapal RoRo, mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah truk besar dan kendaraan bermuatan. Namun, kapal RoRo juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor, bahkan penumpang jalan kaki. Keberagaman jenis kendaraan yang bisa diangkut membuat kapal RoRo menjadi solusi transportasi yang serbaguna.

[ Baca Juga: Motoran ke Bali: Beli Tiket Kapal Feri Secara Online via Ferizy ]

Petualangan di Atas Kapal Ferry RoRo: Nusa Penida ke Padang Bai

Petualangan yang Penuh Tantangan

Pada suatu hari, saya memutuskan untuk melakukan perjalanan dari Nusa Penida ke Padang Bai menggunakan Kapal Ferry RoRo Nusa Jaya Abadi. Saya sangat antusias menjelajahi tempat-tempat baru, dan perjalanan ini terdengar seperti petualangan yang menarik. Namun, seperti yang sering terjadi dalam petualangan, hal-hal tidak selalu berjalan sesuai rencana.

Terjebak di Pelabuhan Padang Bai

Ketika saya tiba di Pelabuhan Padang Bai, saya mengalami kejadian yang cukup mengejutkan. Seharusnya, perjalanan dengan Kapal Ferry RoRo Nusa Jaya Abadi dari Nusa Penida ke Padang Bai hanya memakan waktu sekitar 1 jam. Namun, kenyataannya, perjalanan ini berubah menjadi petualangan yang berlangsung selama 5 jam.

BACA JUGA :  Touring #Takengon to #Kutacane [Enduro Touring Go Out Adventure Day 3] [#Motovlog]

Tertahan dan Terima Nasib

Saat pertama kali mendengar tentang penundaan ini, saya merasa sedikit frustrasi. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa terkadang kita harus menerima nasib dalam petualangan. Terkadang, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, dan kita harus bersabar.

Penyeberangan antara Pulau-pulau

Rute penyeberangan Padang Bai-Nusa Penida adalah salah satu rute antar pulau di Indonesia. Penyeberangan antar pulau ini memiliki regulasi dan harga tiket yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Meskipun demikian, hingga saat ini, belum ada kenaikan harga tiket untuk Kapal KMP Nusa Jaya Abadi.

Kapal Penyeberangan yang Vital

KMP Nusa Jaya Abadi adalah kapal yang vital dalam penyeberangan Padang Bai-Nusa Penida. Kapal ini menjadi satu-satunya kapal RoRo yang melayani rute ini, sehingga kapasitas angkutnya terbatas. Akibatnya, kendaraan roda empat bahkan harus antre hingga lima hari hanya untuk bisa menyeberang dari atau ke Nusa Penida.

[ Baca Juga: Cara Ke Nusa Penida Bali Naik Kapal Ferry dan Fast Boat ]

Jadwal dan Harga Tiket Kapal RoRo Nusa Jaya Abadi Dari Nusa Penida Ke Padang Bai

Berikut ini adalah jadwal dan harga tiket Kapal RoRo rute Nusa Peninda-Padangbai:

Jadwal Kapal RoRo

  • Senin-Sabtu: Jam 10.00 WITA dan Jam 14.00 WITA
  • Hari Minggu: Jam 09.00 WITA

Harga Tiket

  • Dewasa: Rp31.700/orang
  • Anak-anak: Rp22.700/orang

Tarif Kendaraan

  • Golongan 1: Rp28.200/unit
  • Golongan 2: Rp56.200/unit
  • Golongan 3: Rp90.300/unit

Kendaraan Golongan 4

  • Kendaraan Penumpang: Rp328.000/unit
  • Kendaraan Barang: Rp275.400/unit

Kendaraan Golongan 5

  • Kendaraan Penumpang: Rp595.000/unit
  • Kendaraan Barang: Rp493.200/unit

Kendaraan Golongan 6

  • Kendaraan Penumpang: Rp987.700/unit
  • Kendaraan Barang: Rp731.600/unit

Kendaraan Golongan 7

  • Kendaraan Barang: Rp1.298.400

Kendaraan Golongan 8

  • Kendaraan Barang: Rp1.906.600

[ Baca Juga: Touring Jelajah Jalur Tengah, Pesisir Nusa Penida [ Motovlog ] ]

BACA JUGA :  Ngebut Bareng Sepeda Motor di Jalan Tol Bali Mandara

Penutup: Petualangan yang Meninggalkan Kenangan

Belajar dari Pengalaman

Petualangan ini mengajarkan saya beberapa pelajaran berharga. Pertama, terkadang kita harus bersabar dan menerima situasi yang tidak sesuai rencana. Kedua, petualangan selalu memberikan kenangan, baik yang menyenangkan maupun yang penuh tantangan.

Kenangan dari Kapal RoRo

Meskipun perjalanan ini tidak berjalan sesuai rencana, saya akhirnya tiba di tujuan dengan kenangan yang tak terlupakan. Keindahan Pulau Nusa Penida dan perjalanan dengan Kapal Ferry RoRo Nusa Jaya Abadi akan selalu menjadi bagian dari pengalaman petualangan saya.

Menjelajahi Lebih Banyak Tempat Baru

Saya berharap cerita ini bisa menginspirasi kamu untuk menjelajahi tempat-tempat baru, bahkan jika terkadang petualangan itu penuh dengan kejutan. Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin kita temui di sepanjang perjalanan, dan itulah yang membuat petualangan begitu menarik. Teruslah menjelajah dan nikmati setiap momen dalam perjalananmu!

 


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *