Enjoy Hida Beef! Jalan-Jalan Kulineran Di Takayama Jepang! [Vlog Wisata Jepang]

Panduan Jalan-Jalan Di Takayama Jepang!

Jepang, Tempat Wisata, Travel Vlog

Takayama adalah kota yang memikat dengan pesonanya yang kental akan tradisi, arsitektur, dan keindahan alam. Di tengah-tengah pegunungan Alpen Jepang, Takayama menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung, mulai dari festival yang meriah hingga wisata sejarah yang mengagumkan.

 

Enjoy Hida Beef! Jalan-Jalan Kulineran Di Takayama Jepang! [Vlog Wisata Jepang]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pemandangan Jalan Bersejarah dan Basis Petualangan Pegunungan Tinggi

Takayama, dikenal sebagai “permata mahkota Gifu,” dikelilingi oleh pedesaan pegunungan yang memukau.

Kota ini adalah titik awal yang sempurna untuk menjelajahi pegunungan Alpen Jepang dan daerah Hida di sekitarnya.

Dengan arsitektur tradisional yang dilestarikan dengan baik dan beragam festival yang semarak, Takayama menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

[ Baca Juga: Shibuya Crossing, Penyeberangan Paling Terkenal Di Jepang! ]

7 Alasan Kenapa Harus Berkunjung Ke Takayama, Kota Bersejarah Terbaik Di Jepang

7 Alasan Kenapa Harus Berkunjung Ke Takayama, Kota Bersejarah Terbaik Di Jepang

Takayama, sebuah kota yang terkenal dengan keindahan alamnya, arsitektur tradisionalnya, dan suasana yang tenang, menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

Berikut adalah tujuh alasan mengapa Takayama layak untuk dikunjungi:

1. Kuil Bersejarah

Takayama adalah rumah bagi kuil-kuil bersejarah yang mengesankan, yang menjadi saksi bisu dari masa lalu kota ini.

Saat menjelajahi area kota tua, terutama di sekitar Kuil Higashiyama, pengunjung dapat merasakan pesona dan keagungan dari bangunan-bangunan yang berumur ratusan tahun.

Kuil-kuil ini memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan spiritual dan budaya masyarakat Takayama selama periode feodal.

2. Lanskap Musim Dingin

Salah satu momen paling menakjubkan di Takayama adalah saat musim dingin tiba.

Rumah-rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan batu di distrik tua Takayama, terutama di Sanmachi, tertutupi oleh salju yang lembut, menciptakan pemandangan yang sangat memesona.

Suasana damai dan kehangatan dari api unggun di dalam rumah-rumah menambah keajaiban musim dingin di Takayama.

3. Kota Tua Takayama

Kota tua Takayama, atau yang dikenal dengan sebutan Sanmachi, adalah salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung.

Di sini, pengunjung dapat merasakan atmosfir kuno dari era Edo dengan berjalan-jalan di antara jalan-jalan yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah yang indah.

Selain itu, toko-toko kerajinan tangan dan restoran tradisional di Sanmachi menambah warna dan kehidupan pada kota tua ini.

4. Alam Yang Damai & Tenang

Salah satu hal yang membuat Takayama begitu istimewa adalah keindahan alamnya yang damai dan tenang.

Dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi, hutan yang rimbun, dan sungai yang mengalir tenang, Takayama adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan perkotaan yang sibuk.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan sambil bersantai dan menikmati ketenangan yang jarang ditemui di tempat lain.

5. Wisata Kereta Api

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam Takayama adalah dengan melakukan perjalanan kereta api menggunakan Hida Wide View Express.

Kereta ini menawarkan pemandangan luar biasa dari jendela yang lebar, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan pegunungan yang spektakuler dan desa-desa yang terpencil.

Perjalanan ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan, terutama di musim dingin ketika pegunungan berselimut salju.

6. Kuliner Lokal

Takayama juga dikenal dengan kelezatan kuliner lokalnya.

Pengunjung dapat mencoba berbagai hidangan lezat seperti daging sapi Hida yang terkenal, sushi berkualitas tinggi, dan makanan ringan tradisional yang hanya dapat ditemukan di Takayama.

BACA JUGA :  Tips Hemat Liburan Di Jepang

Makanan ini tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan pengalaman kulinernya sendiri yang tak terlupakan.

7. Festival Budaya

Takayama juga terkenal dengan festival-festival budaya yang meriah dan penuh warna.

Festival Takayama di musim semi dan musim gugur adalah momen puncak tahun ini di kota, di mana pengunjung dapat menyaksikan prosesi tradisional yang mengagumkan, pertunjukan seni, dan pesta jalanan yang meriah.

Festival-festival ini menambah kekayaan budaya Takayama dan membuat pengunjung terpesona oleh warisan dan tradisi kuno Jepang.

Cara Pergi Menuju Takayama

Transportasi: Untuk mencapai Takayama, Anda dapat menggunakan kereta api dari Nagoya atau Toyama.

Perjalanan dari Nagoya memakan waktu sekitar 2 jam 20 menit, sedangkan dari Toyama hanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Selain itu, bus juga tersedia dari Matsumoto.

[ Baca Juga: Omicho Market, Kenrokuen Garden, dan Wisata Musim Dingin Di Kanazawa Jepang! ]

Kota yang Riuh

Enjoy Hida Beef! Jalan-Jalan Kulineran Di Takayama Jepang! [Vlog Wisata Jepang]

Festival Takayama: Salah satu momen tersibuk di Takayama adalah saat Festival Takayama di musim semi dan musim gugur.

Saat festival berlangsung, jalanan dipenuhi dengan pengunjung yang datang untuk menyaksikan prosesi festival yang meriah.

Akomodasi di kota ini bisa menjadi langka, jadi penting untuk memesan penginapan lebih dahulu jika Anda ingin menikmati festival ini.

Sanmachi, Pusat Kota Takayama

Pusat Kebudayaan: Sanmachi adalah pusat kota Takayama yang terkenal dengan berbagai gedung bersejarah yang dilestarikan.

Di sini, Anda dapat menemukan toko-toko kerajinan tangan, mencicipi teh lokal, dan menikmati makanan lokal seperti wagyu sushi.

Takayama juga terkenal dengan pabrik sake di sekitar distrik Sanmachi, di mana Anda bisa mencicipi berbagai jenis sake lokal.

Pasar Pagi

Wisata Belanja: Setiap pagi, dua pasar di tepi Sungai Miyagawa dan depan Takayama Jinya dibuka.

Di sini, Anda dapat menemukan produk lokal dan hasil kerajinan tangan yang unik yang merupakan ciri khas dari Takayama.

[ Baca Juga: Jalan-Jalan Di Kyoto, Mengunjungi Tempat Wisata Terkenalnya! ]

Beragam Wisata Bagi Penggemar Sejarah

Beragam Wisata Sejarah Bagi Penggemar Sejarah

Bagi mereka yang memiliki ketertarikan dalam mempelajari sejarah, Takayama merupakan tempat yang menyuguhkan beragam atraksi sejarah yang menarik dan memikat.

Dari museum hingga bangunan bersejarah, Takayama memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada penggemar sejarah yang ingin menjelajahi warisan budaya Jepang yang kaya dan beragam.

Museum Pedesaan Hida Folk (Hida-no-Sato Open Air Museum)

Museum Pedesaan Hida Folk (Hida-no-Sato Open Air Museum)

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para penggemar sejarah di Takayama adalah Museum Pedesaan Hida Folk, yang dikenal juga dengan sebutan Hida-no-Sato.

Museum ini merupakan sebuah kompleks yang menampilkan lebih dari 30 bangunan bersejarah dari daerah Hida.

Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan rumah-rumah tradisional dengan atap jerami yang khas, yang memperlihatkan bagaimana masyarakat Hida hidup pada masa lampau.

Bangunan-bangunan ini dipelihara dengan baik dan memberikan gambaran yang autentik tentang kehidupan masyarakat pedesaan Jepang pada zaman dulu.

Setiap bangunan di Museum Pedesaan Hida Folk memiliki cerita dan sejarahnya sendiri.

Pengunjung dapat menjelajahi berbagai ruangan dan bangunan, termasuk rumah-rumah tinggal, gudang penyimpanan, dan bangunan komunal lainnya.

Di dalam museum ini, terdapat juga berbagai artefak dan peralatan tradisional yang digunakan oleh penduduk Hida pada masa lalu, memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kehidupan sehari-hari mereka.

Museum Kota Hida Takayama (Hidatakayama Town Museum)

Museum Kota Hida Takayama (Hidatakayama Town Museum)

Selain Museum Pedesaan Hida Folk, penggemar sejarah juga dapat mengunjungi Museum Kota Hida Takayama untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang sejarah dan perkembangan kota Takayama.

Museum ini menyajikan kisah-kisah tentang pembentukan dan pertumbuhan Takayama melalui pameran seni, artefak sejarah, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Di dalam Museum Kota Hida Takayama, pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi yang menarik, termasuk lukisan-lukisan tua, peta-peta kuno, dan artefak-artefak bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Takayama pada masa lampau.

BACA JUGA :  Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Suku Dayak di Desa Lopus, Lamandau

Pameran-pameran yang disajikan dengan baik dan informatif, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Takayama telah berkembang dari masa ke masa.

Menjelajahi Sejarah Takayama

Dengan mengunjungi Museum Pedesaan Hida Folk dan Museum Kota Hida Takayama, penggemar sejarah dapat mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang kehidupan dan budaya masyarakat Hida dan Takayama pada masa lampau.

Melalui bangunan-bangunan bersejarah, artefak, dan pameran-pameran yang informatif, pengunjung dapat memahami bagaimana sejarah telah membentuk identitas kultural dan sosial kota-kota ini.

Selain dari museum, penggemar sejarah juga dapat menjelajahi kota tua Takayama sendiri, yang menyimpan banyak sekali jejak sejarah yang menarik.

Dengan berjalan-jalan di sekitar distrik Sanmachi dan area sekitarnya, pengunjung dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah, kuil-kuil kuno, dan pasar tradisional yang telah menjadi bagian integral dari sejarah dan budaya Takayama.

[ Baca Juga: Panduan Liburan Musim Dingin Di Jepang! ]

Atraksi Pendakian Gunung Di Dekat Takayama

Gunung Norikura adalah tujuan pendakian populer di daerah ini, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan petualangan luar biasa bagi para pendaki.

Kesempatan Mendaki: Takayama juga merupakan pintu gerbang untuk menjelajahi pegunungan Alpen Jepang.

Hirayu dan Gunung Norikura adalah tujuan pendakian populer di daerah ini, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan petualangan luar biasa bagi para pendaki.

Tidak hanya menawarkan keindahan kota tua dan budaya tradisional, tetapi juga menjadi titik awal yang sempurna untuk menjelajahi keindahan alam pegunungan Jepang.

Berikut ini adalah beberapa atraksi pendakian populer di sekitar Takayama yang menawarkan pengalaman petualangan yang luar biasa bagi para pendaki.

1. Hirayu

Hirayu merupakan salah satu gerbang menuju Kawasan Alpen Utara Jepang yang terkenal.

Terletak sekitar 40 menit perjalanan dari Takayama dengan mobil atau bus, Hirayu adalah titik awal yang populer bagi para pendaki yang ingin menjelajahi pegunungan sekitarnya.

Kawasan ini terkenal dengan sumber air panasnya yang alami, yang merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai setelah hari yang melelahkan di gunung.

2. Gunung Norikura

Gunung Norikura adalah salah satu destinasi pendakian yang paling populer di daerah Takayama.

Dengan ketinggian sekitar 3.026 meter, Gunung Norikura menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan beragam rute pendakian yang cocok untuk pendaki dari berbagai tingkat keahlian.

Rute pendakian yang paling populer adalah melalui Jalan Pendakian Tatamidaira, yang dapat diakses dengan naik bus dari pusat informasi di dekat Stasiun Hirayu.

Pengalaman Pendakian

Untuk para pendaki pemula, Hirayu dan Gunung Norikura menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan menantang.

Rute-rute pendakian yang tersedia cocok untuk semua tingkat keahlian, mulai dari pendaki pemula hingga yang berpengalaman.

Namun, penting untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai pendakian, termasuk membawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai, serta memperhatikan prakiraan cuaca dan kondisi jalur pendakian.

Keindahan Alam

Salah satu hal terbaik tentang mendaki di sekitar Takayama adalah kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Dari puncak Gunung Norikura, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dari pegunungan Alpen Jepang, hutan yang lebat, dan lembah yang hijau.

Matahari terbit dan terbenam di atas puncak-puncak gunung menciptakan pemandangan yang tak terlupakan dan memukau.

Sarana Pendukung

Kawasan pendakian di sekitar Takayama dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, termasuk area parkir, pusat informasi pendakian, dan tempat penginapan.

Di Hirayu, terdapat fasilitas sumber air panas yang menyegarkan, sementara di Gunung Norikura, tersedia tempat peristirahatan dan pondok pendakian untuk menginap selama perjalanan pendakian.

Keamanan dan Keselamatan

Penting untuk diingat bahwa pendakian selalu melibatkan risiko, dan penting untuk selalu mengutamakan keselamatan.

Sebelum memulai pendakian, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca, memahami rute pendakian, dan memberitahukan rencana pendakian kepada seseorang.

BACA JUGA :  Review Hotel Kapsul Bandara Soekarno-Hatta: Hotel Kapsul Canggih di Terminal 2

Selalu bawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai, serta persiapkan diri secara fisik dan mental untuk tantangan yang ada.

Keelokan Desa Rumah Beratap Jerami

Panduan Mengunjungi Shirakawa-go: Petualangan yang Mengasyikkan!

Shirakawa-go: Takayama juga menjadi titik awal yang baik untuk mengunjungi Shirakawa-go, sebuah desa dengan rumah-rumah beratap jerami yang indah.

Desa ini merupakan situs Warisan Dunia UNESCO dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan serta pengalaman budaya yang otentik.

Hida Furukawa

Bagi mereka yang mencari tempat yang lebih tenang dan damai untuk berlibur, Hida Furukawa adalah pilihan yang sempurna.

Terletak di hilir sungai, kota ini menawarkan pengalaman yang mirip dengan Takayama dalam hal arsitektur tradisional, tetapi dengan suasana yang lebih tenang dan santai.

Keindahan Arsitektur

Seperti Takayama, Hida Furukawa memiliki arsitektur yang memikat dengan bangunan-bangunan tradisional yang terawat dengan baik.

Saat berjalan-jalan di sepanjang jalanan kota, Anda akan disambut oleh pemandangan bangunan-bangunan dengan atap jerami yang khas, jalan-jalan berkerikil, dan sungai yang mengalir tenang di sepanjang tepinya.

Kota ini memancarkan pesona kuno Jepang yang autentik, membuat pengunjung merasa seolah-olah mereka telah kembali ke masa lalu.

Bagi mereka yang mencari tempat yang lebih tenang dan damai untuk berlibur, Hida Furukawa adalah pilihan yang sempurna.

Suasana Tenang dan Damai

Salah satu hal yang membedakan Hida Furukawa dari Takayama adalah suasana yang lebih tenang dan damai.

Meskipun masih menawarkan pesona kota tua yang khas, Hida Furukawa jauh lebih sedikit dikunjungi oleh wisatawan, sehingga memberikan pengalaman yang lebih intim dan santai bagi para pengunjung.

Anda dapat menikmati suasana yang tenang sambil menjelajahi jalan-jalan yang sepi dan menikmati keindahan alam sekitarnya tanpa banyak gangguan.

Kegiatan Santai

Selain menikmati keindahan arsitektur dan suasana kota, di Hida Furukawa Anda juga dapat menemukan berbagai kegiatan santai yang menyenangkan.

Anda dapat menjelajahi pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang antik dan kerajinan tangan lokal, atau mencoba makanan lezat di restoran-restoran lokal yang menawarkan hidangan khas daerah.

Jika Anda mencari pengalaman yang lebih tenang, Anda dapat duduk di tepi sungai sambil menikmati pemandangan sekitar atau hanya menikmati suasana santai kota ini.

Pemandian Mata Air Panas Gero (Gero Onsen)

Pemandian Mata Air Panas Gero (Gero Onsen)

Jika Anda mencari relaksasi dan rekreasi yang sejati, tak ada tempat yang lebih baik daripada Onsen Gero.

Terletak hanya beberapa jam perjalanan dari Takayama, Onsen Gero menawarkan berbagai pemandian air panas yang menenangkan dan menyegarkan, serta atraksi menarik lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Pengalaman Relaksasi

Salah satu hal terbaik tentang mengunjungi Onsen Gero adalah pengalaman relaksasi yang tak tertandingi.

Dengan berendam di pemandian air panas yang alami, Anda dapat merasakan kesejukan yang menyegarkan dan merilekskan tubuh Anda setelah seharian beraktivitas.

Air panas ini diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Atraksi Menarik Lainnya

Selain pemandian air panas, Onsen Gero juga menawarkan berbagai atraksi menarik lainnya yang patut dikunjungi.

Anda dapat mengunjungi Wihara Buddha Onsenji, sebuah tempat ibadah yang indah yang terletak di atas bukit dengan pemandangan yang menakjubkan.

Di sini, Anda dapat merasakan kedamaian dan ketenangan yang sempurna sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Museum Pedesaan Gassho Village, sebuah museum yang menampilkan rumah-rumah tradisional dengan atap jerami yang khas dari wilayah Gassho-zukuri.

Di sini, Anda dapat belajar tentang sejarah dan budaya daerah ini sambil menikmati keindahan arsitektur tradisional yang unik.

Kesimpulan

Takayama adalah kota yang menarik dengan banyak hal untuk ditawarkan kepada para pengunjung.

Dari festival yang meriah hingga wisata sejarah yang menarik, Takayama memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk liburan yang tak terlupakan di Jepang.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Takayama saat Anda berada di Jepang!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *