Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Jalan-Jalan Ke Gua Haji Mangku!

Travel Vlog

Kamu, pernah dengan tentang tempat wisata Gua Haji Mangku di Derawan? Ya, Kepulauan Derawan ini tak hanya memiliki keindahan bawah laut yang epik, juga pantai-pantainya yang menarik. Disini juga ada beberapa tempat wisata unik seperti gua keren yang berada di Pulau Maratua ini. Liburan ke Derawan, kamu harus banget mampir kesini ya. Saya pernah kesini sekali, waktu ikutan acara Terios 7 Wonders Borneo.

Lokasi Gua Haji Mangku ini berada tak jauh dari laut. Bahkan dibilang kalau ada lubang yang menghubungkan gua dengan laut. Itulah kenapa gua keren di Derawan ini bisa terisi air. Saya nggak tau pasti sih apakah memang benar ada lubang yang menghubungkan gua dengan air laut. Tapi yang jelas, karena air di dalam gua ini payau, kemungkinan ya memang terhubung dengan laut.

Airnya tidak asin karena selain berasal dari air laut, gua ini juga menampung air hujan. Namun, tidak perlu mempermasalahkan darimana asal air di dalam Gua Haji Mangkun ini. Cukup kunjungi saja, kagumi dan nikmati sensasi berenang di dalam gua berair payau yang jernih ini. Tapi ingat, airnya lumayan dingin ya.

Travel Vlog Indonesia Jalan-Jalan Ke Gua Haji Mangku!

Seperti apa sih keindahan Gua Haji Mangku yang ada di Pulau Maratua? Buat yang penasaran bisa lihat travel video yang saya buat bersama tim Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure ketika main ke gua keren di Maratua ini ya! Jangan lupa komentar di videonya, like, share juga subscribe ke channel youtube.com/catperku ya! Terus, buat yang mau tahu cara pergi ke gua ini bisa baca di travel blog catperku disini : https://catperku.com/gua-haji-mangku-maratua/.

BACA JUGA :  Melihat Kehidupan Orang Utan, Bekantan, Tarsius Dan Satwa Lain Di Taman Nasional Tanjung Puting

 

Gua Haji Mangku : Tim Terios 7 Wonders Jalan-Jalan Ke Gua Haji Mangku! [ Full Video ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com
—--

Lokasi Gua Haji Mangku Di Tengah Hutan, Tidak Perlu Bayar Tiket Masuk

Ya. lokasi gua ini sebenarnya berada agak di tengah hutan, meski tidak selebat hutan perawan Kalimantan.  Untuk menuju kesini kamu harus naik perahu dulu sampai ke pantai terdekat yang memiliki akses jalan setapak ke gua tersebut. Dari pantai tadi, kamu masih harus berjalan kaki menuju ke lokasi gua selama sekitar 10 menit, dengan melewati jalur karang. Perlu dicatat, bebatuan karang yang dilewati untuk menuju gua cukup tajam, jadi harap menggunakan alas kaki yang benar.

Karena lokasinya di tengah hutan, tentu saja kamu gak perlu bayar tiket masuk, alias gratis. Kamu cuma perlu menyewa perahu yang mau mengantarkanmu sampai ke pantai terdekat Gua Haji Mangku ini saja. Biasanya nelayan setempat mau menyewakan perahunya, dan mengantarkanmu menuju ke gua ini. Dari pusat keramaian Pulau Maratua hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit untuk menuju ke akses jalan setapak menuju gua.

Lokasi Gua Haji Mangku ini berada di Tengah Hutan, karena itu kamu tidak Perlu bayar tiket masuk lagi kalau mau main kesini.
Lokasi Gua Haji Mangku ini berada di Tengah Hutan, karena itu kamu tidak Perlu bayar tiket masuk lagi kalau mau main kesini.

Bisa Lewat Jalur Darat Untuk Ke Gua Ini, Tapi Sangat Jauh

Selain lewat jalur laut, sebenarnya ada juga jalur darat untuk pergi ke Gua Haji Mangku. Kalau lewat jalur darat, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor ya. Hanya saja, akses jalur darat ini lumayan jauh. Jalur trekkingnya lebih panjang, dan memerlukan waktu sekitar beberapa jam sebelum kamu sampai ke lokasi gua.

Tentu saja hal itu tidak menyenangkan. Karena yang pasti kamu bakal capek duluan sebelum sempat merasakan sensasi berenang di Gua Haji Mangku. Padahal, berenang di gua ini adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan lho. Kamu juga bisa mencoba menyelam atau freediving di gua yang airnya lumayan dingin ini.

BACA JUGA :  Pengalaman Saya Naik LRT Kuala Lumpur! [Kuala Lumpur LRT Train]

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berwisata ke Gua Haji Mangku di Pulau Derawan ini? Mungkin ini bisa menjadi alternatif kalau kamu merasa Labuan Cermin di Berau Kalimantan terlalu jauh buat dikunjungi. Gua yang airnya berwarna biru ini tidak kalah keren kok. Jadi, kalau kesini sempatkan saja untuk mengunjunginya ya!


[email protected]

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *