Explore Kuta Mandalika Lombok, dan Sirkuit Mandalika NTB!

Indonesia, Motovlog, Tempat Wisata, Touring Ke Lombok

Selamat datang di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)! Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata yang semakin populer di Indonesia. Dikenal sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, Mandalika memiliki segudang pesona alam, termasuk pantai yang menakjubkan, bukit-bukit eksotis, dan beragam jenis sport tourism yang tengah digemari!

KEK Mandalika: Destinasi Wisata Eksotis di Pulau Lombok!

 

Motovlog Explore Kuta Mandalika Lombok, Lihat Cikal Bakal Sirkuit Mandalika NTB! [ Motovlog Lombok ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa fakta unik yang membuat Mandalika begitu menarik. Jadi, selama kita menunggu kesempatan untuk mengunjungi tempat ini, mari kita tambahkan pengetahuan kita dengan fakta-fakta menarik tentang Mandalika. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, ya!

1. Nama Mandalika yang Melegenda

Mungkin Kamu sudah mendengar nama Mandalika, tapi tahukah Kamu bagaimana asal usul nama yang melegenda ini? Ternyata, nama Mandalika berasal dari legenda tentang seorang putri suku Sasak bernama Putri Mandalika. Menurut cerita rakyat, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja dan ratu bijaksana. Kemudian, lahirlah seorang putri cantik yang diberi nama Putri Mandalika.

Putri Mandalika tumbuh menjadi sosok yang sangat diinginkan oleh banyak pangeran yang datang melamarnya. Lamaran-lamaran ini membuatnya bingung dan khawatir akan memecah belah kerajaan. Akhirnya, Putri Mandalika memutuskan untuk bermeditasi dan meminta petunjuk kepada Sang Pencipta. Dia berkumpul dengan para pengagumnya di Bukit Seger dan mengumumkan keputusannya. Namun, bukan nama seorang pangeran yang dia sebutkan, melainkan dia langsung terjun ke Pantai Seger dan menghilang di dalam ombak.

Kisah Putri Mandalika dan peristiwa ini masih sangat dihormati oleh masyarakat sekitar, dan setiap tahun mereka mengadakan upacara Bau Nyale. Bau Nyale adalah ritual penangkapan cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika yang menghilang setelah terjun dari Bukit Seger ke Pantai Seger.

2. Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata

Mandalika bukan hanya destinasi wisata biasa. Sejak tahun 2014, tempat ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. KEK Pariwisata ini mencakup area seluas 1.035,67 hektar di bagian selatan Pulau Lombok. Tujuan utama dari pengembangan KEK ini adalah untuk mengakselerasi sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA :  Solo Riding Ke Black Lava Kintamani: Petualangan Seru di Bali

Mandalika memiliki potensi besar dalam hal pariwisata, terutama dalam wisata bahari dan olahraga (sport tourism). Keberadaannya yang berdekatan dengan Bali dan Taman Nasional Gunung Rinjani membuat Mandalika semakin menarik sebagai tujuan wisata. Pada tahun 2021, Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP, sebuah acara olahraga motor kelas dunia yang menarik perhatian internasional. Dengan dibangunnya sirkuit yang megah dengan latar belakang pemandangan alam yang indah, Mandalika semakin menjadi pusat perhatian di dunia olahraga.

3. Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Selain MotoGP, Mandalika juga menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga tingkat nasional dan internasional. Beberapa di antaranya adalah TNI-Mandalika International Marathon 2018, Trip of Indonesia (TROI) 2019 di Pantai Kuta Mandalika, Moto Cross (trabas) tahun 2019 di area Pantai Seger, Mandalika Off Road Championship (2019), dan kompetisi selancar internasional yang bekerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) di Pantai Seger pada Desember 2020.

Sport tourism menjadi daya tarik utama Mandalika, dan tempat ini menjadi magnet bagi para pecinta olahraga dari seluruh dunia. Keindahan alam Mandalika yang luar biasa menjadi latar belakang yang sempurna untuk acara-acara olahraga ini.

4. Pantai-Pantai yang Aduhai

Selain memiliki sejarah dan olahraga, Mandalika juga dikenal karena pantai-pantainya yang memukau. Pantai Kuta Mandalika adalah salah satu pantai yang paling terkenal. Di sini, Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang spektakuler sekaligus melihat lanskap kota yang berkembang pesat.

Pantai Seger adalah tempat yang sempurna untuk menikmati senja yang indah. Ombak yang tenang dan pasir putihnya yang lembut menciptakan suasana yang sangat romantis. Selain itu, Pantai Tanjung Aan adalah surga bagi para penggemar selancar dengan ombak yang menantang.

Pantai-pantai ini menawarkan berbagai pengalaman berlibur yang berbeda, mulai dari bersantai di tepi pantai hingga berpetualang dalam olahraga air.

5. Desa-Desa Penghasil Kain Tenun Terkenal

Budaya juga menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona Mandalika. Lombok terkenal dengan kain tenunnya, dan dua desa terbaik penghasil kain tenun ini berada di sekitar Mandalika. Desa Sade, yang berjarak sekitar 7 km dari Mandalika, dan Desa Sukarara, yang berjarak sekitar 26 km atau 40 menit perjalanan dengan mobil, adalah tempat-tempat yang harus Kamu kunjungi.

Di desa-desa ini, Kamu dapat menyaksikan proses pembuatan kain tenun tradisional yang memesona. Kamu bahkan dapat belajar untuk menenun sendiri. Selain itu, Kamu juga dapat membeli kain-kain tenun yang indah sebagai oleh-oleh khas dari Mandalika.

6. Bukit-Bukit Eksotik nan Cantik

Akhirnya, Mandalika juga dikelilingi oleh bukit-bukit eksotik yang sangat cantik. Jika Kamu adalah pencinta senja, maka Kamu akan benar-benar menikmati pemandangan dari ketinggian bukit-bukit ini. Beberapa bukit yang dapat Kamu kunjungi antara lain:

  • Bukit Seger: Terletak dekat dengan Pantai Seger, bukit ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati matahari terbenam yang spektakuler.
  • Bukit Merese: Terletak berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, bukit ini menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan dan ombak yang besar.
  • Bukit Tunak: Lokasinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika dan juga menawarkan pemandangan alam yang indah.
BACA JUGA :  Keraton Yogyakarta Bagian Dalamnya Seperti Apa? [ Inside Keraton Jogja Part 1 ]

Semua bukit ini memberikan pengalaman yang luar biasa dan menjadi tempat yang sempurna untuk menjelajahi keindahan alam Mandalika dari ketinggian.

Jika Kamu mencari tempat wisata eksotis yang belum terlalu ramai dikunjungi di Indonesia, maka KEK Mandalika di Pulau Lombok adalah pilihan yang sempurna. Dengan luas area yang mencapai 1.035,67 hektar dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, KEK Mandalika adalah tempat yang menawarkan pesona alam yang memukau dan berbagai kegiatan wisata yang menarik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang KEK Mandalika, bagaimana cara mencapainya, dan beberapa tips bermanfaat untuk kunjunganmu.

Sejarah KEK Mandalika

KEK Mandalika tidak hanya menjadi destinasi wisata yang populer secara tiba-tiba. Pada tahun 2014, Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 menetapkan KEK Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Keputusan ini diambil untuk mengakselerasi perkembangan sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Pulau Lombok.

Mandalika sendiri adalah nama yang berasal dari legenda lokal, yaitu Putri Mandalika. Menurut cerita rakyat, Putri Mandalika adalah seorang putri yang sangat cantik dan diinginkan oleh banyak pangeran. Untuk mencegah perselisihan di antara para pengagumnya, Putri Mandalika memutuskan untuk bersemadi dan meminta petunjuk ilahi. Pada suatu hari, dia mengumpulkan semua pengagumnya di Bukit Seger dan mengumumkan keputusannya. Namun, bukan nama seorang pangeran yang dia sebutkan, melainkan dia melompat ke laut dari Bukit Seger dan menghilang di dalam ombak.

Kisah Putri Mandalika yang menggantungkan nasibnya pada cacing laut ini masih sangat dihormati oleh masyarakat Lombok Tengah, dan setiap tahun mereka merayakan upacara Bau Nyale. Bau Nyale adalah ritual penangkapan cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika yang menghilang setelah terjun dari Bukit Seger ke Pantai Seger. Perayaan ini adalah salah satu aspek budaya yang unik dan menarik banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Pesona Alam di KEK Mandalika

Salah satu daya tarik utama KEK Mandalika adalah keindahan alamnya yang memukau. Terletak di bagian selatan Pulau Lombok, KEK Mandalika menghadap langsung ke Samudera Hindia, yang berarti pantai-pantainya memiliki pesona alam yang luar biasa. Beberapa pantai yang paling terkenal di KEK Mandalika adalah Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, dan Pantai Tanjung Aan.

  • Pantai Kuta Mandalika: Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam sekaligus melihat perkembangan kota. Pasir putihnya yang lembut dan ombak yang tenang menciptakan suasana yang nyaman untuk bersantai.
  • Pantai Seger: Jika Kamu suka menikmati matahari terbenam yang spektakuler, Pantai Seger adalah tempat yang tepat. Suasana romantis dengan ombak yang tenang akan membuatmu betah berlama-lama di sini.
  • Pantai Tanjung Aan: Bagi para penggemar selancar, Pantai Tanjung Aan adalah surga yang menantang. Ombaknya yang besar dan pasirnya yang putih menjadikannya tempat yang sempurna untuk olahraga berselancar.
BACA JUGA :  Tutorial Cara Pake Baju Kimono Jepang Itu Begini Lho!

Selain pantai-pantai yang memukau, KEK Mandalika juga dikelilingi oleh bukit-bukit eksotik yang bisa dinikmati dari ketinggian. Beberapa bukit yang populer di antaranya adalah Bukit Seger, Bukit Merese, dan Bukit Tunak. Pemandangan alam yang menakjubkan dari bukit-bukit ini akan membuatmu terpesona.

Aksesibilitas ke KEK Mandalika

Penting untuk mengetahui cara mencapai KEK Mandalika untuk merencanakan perjalananmu dengan baik. Ada beberapa pilihan rute yang bisa Kamu tempuh:

Dari Kota Mataram

  • Jarak: Sekitar 47,3 kilometer
  • Waktu Tempuh: Sekitar 1 hingga 1,5 jam
  • Rute: Melalui jalan bypass Bandara Internasional Lombok

Dari Bandara Internasional Lombok

  • Jarak: Sekitar 13,2 kilometer
  • Waktu Tempuh: Sekitar 27 menit

Kamu dapat memilih rute yang sesuai dengan lokasimu dan preferensimu. Kedua rute ini memiliki akses yang baik, dan kamu dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan pribadi atau taksi bandara.

Tips untuk Kunjungan ke KEK Mandalika

Sebelum Kamu mengunjungi KEK Mandalika, ada beberapa tips yang perlu Kamu pertimbangkan:

  1. Kunjungi KEK Mandalika terlebih dahulu: Jika Kamu memiliki rencana untuk mengunjungi pantai-pantai lain yang berdekatan, disarankan untuk mengawali perjalananmu dari KEK Mandalika. Ini akan memungkinkanmu untuk mengeksplorasi dengan lebih baik.
  2. Perhatikan jam pulang: Jika Kamu tidak berencana menginap di sekitar Mandalika, disarankan untuk kembali sebelum jam 6 sore. Ini akan memastikan keamanan dan kenyamananmu selama perjalanan pulang.
  3. Bawa perlengkapan pelindung: Karena cuaca di Pulau Lombok dapat sangat panas, pastikan selalu membawa tabir surya, kacamata hitam, dan penutup kepala untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.
  4. Selancar di musim yang tepat: Jika Kamu ingin berselancar di Pantai Tanjung Aan, waktu yang ideal adalah bulan Juli-Agustus, ketika gelombang laut sangat ideal untuk olahraga ini.
  5. Jaga kebersihan: Selalu ingat untuk tidak meninggalkan sampah di mana pun, terutama sampah plastik. Kamu dapat membantu menjaga keasrian dan kebersihan pantai dengan membuang sampah dengan benar.
  6. Gabungkan destinasi: Untuk efisiensi perjalananmu, pertimbangkan untuk menggabungkan kunjungan ke Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, dan Gua Aan dalam rencana perjalananmu ke KEK Mandalika.

Kesimpulan

Mandalika adalah salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di Indonesia. Dengan pantai-pantai yang memikat, olahraga internasional, warisan budaya, dan keindahan alam yang luar biasa, tempat ini memiliki sesuatu untuk setiap jenis wisatawan. Jika Kamu merencanakan perjalanan ke Mandalika dalam waktu dekat, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Mari jaga diri sendiri dan orang lain, dan nikmati pesona Mandalika yang menakjubkan!


Fahmi

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *