Cobain Kurumi Mochi di Toko Mochi Berumur Ratusan Tahun!

Cobain Kurumi Mochi di Toko Mochi Berumur Ratusan Tahun!

Jepang, Tempat Wisata, Travel Vlog

Kalau kamu adalah penggemar makanan manis, terutama yang berasal dari Jepang, kamu mungkin pernah mendengar tentang Kurumi Mochi. Ini adalah sejenis kue ketan klepon yang terkenal di Jepang, terutama di Prefektur Iwate, di bagian utara Jepang. Di sana, ada sebuah toko mochi yang sangat tua yang telah menjual Kurumi Mochi sejak tahun 1329. Bayangkan, sudah ratusan tahun toko ini berdiri dan resep Kurumi Mochi-nya pun tak berubah!

Toko Kurumi Mochi: Berusia Ratusan Tahun!

Toko Kurumi Mochi ini terletak hanya 5-6 menit berjalan kaki dari Nanshuji, sebuah kuil tua yang juga menarik untuk dikunjungi. Namun, yang membuat toko ini begitu istimewa adalah usianya yang sangat tua. Sudah ada sejak tahun 1329, toko ini telah menjadi bagian dari sejarah Iwate Prefecture dan sekarang menjadi destinasi kuliner yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang mencari pengalaman otentik.

Ketika kamu memasuki toko ini, kamu akan merasakan suasana tradisional yang kental. Interior toko ini mungkin tak berubah selama ratusan tahun, dengan dekorasi yang sederhana dan meja kayu yang memancarkan nuansa sejarah. Di sana, kamu akan menemui para penjual mochi yang sangat ramah dan berpengetahuan tentang Kurumi Mochi.

Kalau mau tahu, tonton saja travel vlog pengalaman saya mengunjungi Kurumi Mochi ini! Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!

 

Cobain Kurumi Mochi Di Toko Mochi Berumur Ratusan Tahun! [ Travel Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

BACA JUGA :  Tempat Ibadah Sholat untuk Muslim di Kyoto Tower, Osaka dan Sekitarnya

Kurumi Mochi Location – Dropped Pin
near 〒590-0963 Ōsaka-fu, Sakai-shi, Sakai-ku, Shōrinjichōhigashi, 1丁1−2 タイムズ堺少林寺
https://maps.google.com/?q=34.571985,135.468913

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Kurumi Mochi: Lezatnya Tradisi yang Terjaga

Sekarang, mari bahas Kurumi Mochi itu sendiri. Apa sih yang membuat kue mochi ini begitu istimewa? Kurumi Mochi adalah sejenis kue ketan klepon yang berisi pasta kenari yang lembut dan lezat. Ini adalah salah satu makanan manis tradisional dari Prefektur Iwate, Jepang.

Bahan-Bahan

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang rasa Kurumi Mochi, mari kita lihat bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya:

  • 50g kenari yang sudah dihancurkan
  • 2 sendok makan (30g) gula
  • 1-2 sendok teh kecap asin
  • 30ml air panas
  • 4 potong kue ketan (mochi)

Cara Pembuatan

  1. Panggang kenari hingga mengeluarkan aroma harum. Pastikan untuk tidak membakarnya.
  2. Letakkan kenari dalam mangkuk penggiling (suribachi) dan giling hingga memiliki tekstur yang agak kasar. Kamu juga bisa menggunakan penggiling.
  3. Tambahkan gula dan kecap asin, lalu aduk hingga merata.
  4. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit, larutkan hingga mencapai ketebalan yang kamu sukai.
  5. Panggang kue ketan, belah dua dengan tangan, dan rendam sebentar dalam air panas.
  6. Letakkan kue ketan dalam mangkuk, tambahkan pasta kenari sebanyak yang kamu inginkan, dan biarkan meresap.

[ Baca Juga: Jenis Sake Jepang: Menyelami Kekayaan Rasa Tradisional ]

Pengalaman Menggigit Kurumi Mochi

Setelah membaca tentang cara membuat Kurumi Mochi, aku pun tidak tahan untuk mencoba makanan manis yang lezat ini. Ketika aku menggigitnya, aku langsung merasakan kenari yang lembut dan manis, serta rasa gurih dari kecap asin. Kombinasi antara manisnya gula dan keasinan kecap dengan aroma kenari yang khas benar-benar menggoda lidah.

BACA JUGA :  Berkunjung Ke Berlin TV Tower: Pengalaman Seru di Atas Ketinggian

Salah satu hal yang paling khas tentang Kurumi Mochi adalah tekstur klepon-nya yang kenyal dan lengket. Saat mengunyah, kamu akan merasakan bagian luar yang kenyal dan bagian dalam yang berisi pasta kenari yang lembut. Rasanya sangat seimbang dan memuaskan.

Kombinasi Rasa yang Unik

Salah satu hal yang menarik tentang makanan Jepang adalah kombinasi rasa yang unik yang sering mereka tawarkan dalam makanan mereka. Dalam Kurumi Mochi, kamu akan menemukan perpaduan antara manis dari gula, gurih dari kecap asin, dan cita rasa khas kenari. Ini adalah kombinasi yang tak biasa tetapi sangat memikat.

Mochi di Jepang

Mochi adalah salah satu makanan tradisional Jepang yang sangat populer. Mochi adalah kue ketan yang dibuat dari beras ketan yang diketuk atau digiling hingga menjadi pasta yang lembut dan elastis. Selain Kurumi Mochi, ada banyak jenis mochi lainnya yang tersedia di Jepang.

Pasta Kacang Merah Manis (Azuki)

Salah satu isian mochi yang paling umum adalah pasta kacang merah manis atau Azuki. Ini adalah pasta yang terbuat dari kacang merah manis yang direbus dan diolah hingga lembut. Ketika ditempatkan di dalam mochi, Azuki memberikan rasa manis yang lezat.

Bubuk Kedelai (Kinako)

Bubuk kedelai, atau Kinako, juga sering digunakan sebagai isian mochi. Bubuk ini memberikan rasa gurih dan sedikit manis yang sempurna untuk kontras dengan tekstur kenyal mochi.

Keju Jepang (Anmitsu)

Mungkin ini terdengar tidak biasa, tetapi di Jepang, mochi juga bisa diisi dengan keju. Ini adalah contoh bagaimana kreativitas kuliner Jepang bisa menghasilkan kombinasi rasa yang unik.

Kesimpulan

Kurumi Mochi adalah salah satu makanan manis tradisional Jepang yang patut dicoba jika kamu berkunjung ke Prefektur Iwate. Rasanya yang khas dan unik membuatnya berbeda dari makanan manis Jepang lainnya. Dan saat kamu mencicipinya di toko mochi yang berumur ratusan tahun, pengalaman itu akan terasa lebih berharga. Jadi, jangan lupa mencicipi Kurumi Mochi ketika kamu berada di Jepang. Aku jamin, kamu tidak akan menyesalinya!


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *