Cara Kerja dan Penggunaan E-tiket Pesawat!

Cara Kerja dan Penggunaan E-tiket Pesawat

Kamus Jalan Jalan

Saat ini, e-tiket atau etiket pesawat elektronik telah menggantikan tiket model lama dalam proses pemesanan dan penggunaan tiket pesawat.

Bagi banyak orang, termasuk saya, penggunaan e-tiket telah membawa kemudahan dan efisiensi yang signifikan dalam perjalanan udara.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja e-tiket pesawat.

Perbedaan antara Tiket Model Lama dan E-tiket

Sebelum era e-tiket, tiket pesawat biasanya dicetak khusus oleh maskapai atau agen perjalanan.

Namun, dengan adanya e-tiket, penumpang memiliki kemampuan untuk mencetak tiket sendiri menggunakan printer biasa setelah memesan secara online.

Perbedaan mendasar lainnya terletak pada letak data penerbangan dan penumpang.

Pada tiket model lama, data tersebut tercetak langsung pada kertas tiket, sedangkan pada e-tiket, data tersebut tersimpan dalam database komputer maskapai.

Proses Pemesanan dan Penggunaan E-tiket

Langkah pertama dalam menggunakan e-tiket adalah memesan tiket secara online melalui situs web maskapai atau agen perjalanan online.

Langkah pertama dalam menggunakan e-tiket adalah memesan tiket secara online melalui situs web maskapai atau agen perjalanan online.

Setelah memesan, e-tiket akan dikirim langsung ke email pemesan dalam bentuk file PDF.

Setelah menerima e-tiket, langkah selanjutnya adalah membuka file tersebut dan mencetaknya di kertas A4 sebagai dokumen pribadi atau untuk menunjukkan kode booking ke petugas di bandara.

Pada hari keberangkatan, bawa e-tiket bersama dengan kartu identitas resmi berfoto seperti KTP atau SIM (untuk rute domestik) atau paspor (untuk rute internasional).

Petugas di bandara akan memeriksa e-tiket pesawat Anda dan mencocokkannya dengan data yang tersimpan di database maskapai.

BACA JUGA :  Healing alias Hiling: Fenomena yang Sedang Trending

Jika semua sesuai, Anda akan diberikan boarding pass untuk masuk ke pesawat.

[ Baca Juga: Motoran ke Bali: Beli Tiket Kapal Feri Secara Online via Ferizy ]

Informasi yang Terdapat dalam E-tiket Pesawat

Informasi yang Terdapat dalam E-tiket Pesawat.

Saat Anda menerima e-tiket melalui email setelah memesan secara online, Anda akan menemukan beberapa informasi penting di dalamnya. Informasi tersebut meliputi:

Nama Maskapai

E-tiket akan mencantumkan nama maskapai penerbangan yang Anda pilih untuk penerbangan Anda.

Kode Booking (PNR)

Kode booking atau Passenger Name Record (PNR) merupakan kode unik yang menjadi referensi data penumpang di sistem database maskapai.

Detail Penerbangan

Informasi tentang waktu keberangkatan, rute penerbangan, dan nomor penerbangan juga akan tertera pada e-tiket Anda.

Detail Penumpang

E-tiket juga akan mencantumkan detail penumpang pesawat seperti nama lengkap, jenis tiket, informasi bagasi, dan nomor tiket. Semua informasi ini sangat penting untuk proses check-in di bandara.

[ Baca Juga: Kompilasi Video Pesawat Terbang, Yang Mana Favoritmu? ]

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan E-tiket Pesawat

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan E-tiket Pesawat

Penggunaan e-tiket dalam sistem penerbangan memiliki sejumlah kelebihan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tiket model lama.

Namun, seperti halnya teknologi lainnya, e-tiket juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan E-tiket

1. Etiket tidak mungkin hilang

Salah satu keuntungan utama menggunakan e-tiket adalah kemungkinan yang sangat kecil untuk kehilangan tiket.

Data lengkap tentang penerbangan dan penumpang tersimpan dalam database maskapai, sehingga penumpang bisa dengan mudah mencetak ulang e-tiket jika diperlukan.

Ini sangat berbeda dengan tiket model lama yang, jika hilang, seringkali mengharuskan penumpang membayar biaya tambahan untuk mendapatkan tiket baru.

2. Mudah diperoleh dan efisien

Proses pemesanan e-tiket sangat cepat dan mudah. Setelah memesan tiket secara online, e-tiket akan langsung dikirimkan ke email penumpang.

BACA JUGA :  Healing alias Hiling: Fenomena yang Sedang Trending

Ini menghemat waktu dan tenaga penumpang, karena mereka tidak perlu lagi pergi ke kantor maskapai atau agen perjalanan untuk mengambil tiket fisik.

3. Fleksibel dan ramah lingkungan

E-tiket memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi penumpang pesawat terbang dalam hal perubahan jadwal atau rincian penerbangan.

Maskapai dapat dengan mudah mengubah informasi dalam database jika terjadi perubahan, tanpa memerlukan pencetakan ulang tiket.

Selain itu, penggunaan e-tiket juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi jumlah kertas yang digunakan, sehingga membantu dalam pelestarian lingkungan.

Kekurangan E-tiket

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, e-tiket juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

1. Ketergantungan pada Teknologi

Penggunaan e-tiket membuat penumpang menjadi lebih tergantung pada teknologi.

Jika terjadi gangguan sistem atau masalah teknis lainnya, seperti kehilangan akses email atau kegagalan printer, penumpang mungkin menghadapi kesulitan dalam mendapatkan e-tiket mereka.

Hal ini dapat menjadi masalah terutama jika terjadi perubahan mendadak dalam perjalanan.

2. Akses Internet

Untuk mengakses e-tiket, penumpang memerlukan koneksi internet yang stabil.

Bagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang memiliki akses internet terbatas atau tidak ada sama sekali, ini bisa menjadi masalah.

Selain itu, ada juga risiko kehilangan e-tiket jika email yang berisi tiket tidak tersedia saat dibutuhkan.

3. Keterbatasan Akses bagi Orang Tua dan Anak-Anak

Beberapa orang tua atau penumpang yang kurang terbiasa dengan teknologi mungkin merasa kesulitan dalam menggunakan e-tiket pesawat.

Hal ini terutama berlaku untuk generasi yang lebih tua atau mereka yang jarang menggunakan perangkat teknologi.

Selain itu, anak-anak di bawah umur yang tidak memiliki email atau akses ke e-tiket juga membutuhkan pengawasan dan bantuan dari orang dewasa.

BACA JUGA :  Healing alias Hiling: Fenomena yang Sedang Trending

4. Potensi Keamanan Data

Dengan semua informasi pribadi yang tersimpan dalam e-tiket, ada potensi risiko keamanan data jika email yang berisi tiket disalahgunakan atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Meskipun langkah-langkah keamanan biasanya diterapkan oleh maskapai, tetap penting bagi penumpang untuk menjaga keamanan email mereka dan tidak membagikan informasi tiket secara sembarangan.

Kesimpulan

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, e-tiket telah membawa revolusi dalam dunia penerbangan dan perjalanan.

Meskipun memiliki beberapa tantangan dan keterbatasan, kebanyakan penumpang cenderung melihat manfaat dari penggunaan e-tiket sebagai lebih besar daripada risikonya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemungkinan bahwa e-tiket akan menjadi standar dalam industri penerbangan semakin besar.

Namun, penting bagi maskapai dan penyedia layanan perjalanan untuk terus memperbaiki sistem dan proses agar pengalaman menggunakan e-tiket semakin lancar dan aman bagi semua penumpang.

Dengan demikian, diharapkan bahwa penggunaan e-tiket akan terus meningkat dan menjadi solusi yang lebih baik dalam memesan dan menggunakan tiket pesawat.


Fahmi

Fahmi adalah kontributor sekaligus penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *