Bagaimana sih cara ke Nusa Penida Bali bawa motor sendiri? Ini Cara Ke Nusa Penida Bali Naik Kapal Ferry dan Fast Boat. Gampang, murah!

Cara Ke Nusa Penida Bali Naik Kapal Ferry dan Fast Boat

Motovlog, Motovlog Bali, Tips Liburan

Bagaimana cara ke Nusa Penida Bali dari pantai sanur atau kalau kita mau bawa motor sendiri? Berikut penjelasan lengkapnya!

Daftar isi Tulisan

Cara Ke Nusa Penida Bali Lewat Pelabuhan Padang Bai Bawa Motor Sendiri Naik Kapal Ferry

Mau tahu gimana cara asyiknya menuju Nusa Penida Bali sambil bawa motor sendiri? Iya, beneran, bisa kok! Kamu bisa menjelajahi tempat wisata di Nusa Penida dengan motormu sendiri, dan itu jelas lebih seru. Di sini, gue bakal ngebahas gimana caranya, dan kenapa ini adalah pilihan bagus buat petualanganmu. Bisa tonton motovlog di bawah ini, atau lanjut baca tulisan ini sampai selesai.

 

Touring Ke Nusa Penida Lewat Pelabuhan Padang Bai Bali Naik Kapal Ferry Ro Ro [ Motovlog Indonesia ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

1. Bawa Motor Sendiri Ke Nusa Penida

Jadi, gimana caranya bawa motor sendiri dari Bali ke Nusa Penida? Gampang banget! Kamu bisa mengendarai motormu dari Bali ke Nusa Penida dengan menyeberang menggunakan kapal ferry. Ini adalah cara yang lebih asyik, murah, dan memberikan kebebasanmu untuk menjelajahi Nusa Penida dengan lebih leluasa.

2. Tiket Kapal Ferry

Sekarang, yang perlu kamu tahu adalah harga tiket kapal ferry. Untuk menyeberang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padang Bai, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar IDR 88.000 untuk satu penumpang dewasa dan satu sepeda motor. Ini jauh lebih terjangkau daripada naik fast boat atau kapal cepat dari lokasi manapun di Bali.

Walaupun waktu tempuhnya memang sedikit lebih lama karena kapal ferry ini lebih lambat daripada fast boat, tapi kamu akan lebih hemat, dan itu adalah nilai plus buat traveler budget-conscious.

3. Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi

Nah, kapal ferry yang akan kamu naiki untuk menyeberang dari Padang Bai ke Nusa Penida adalah Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi. Tenang aja, kapal ini memang dirancang untuk mengangkut kendaraan, jadi kamu bisa membawa motor sendiri tanpa masalah.

Lama penyeberangan dengan menggunakan kapal ferry dari Padang Bai ke Nusa Penida memakan waktu sekitar 1 jam. Jadi, kamu akan punya waktu yang cukup untuk menikmati perjalanan.

4. Langkah-Langkah Menuju Nusa Penida dengan Motor Sendiri

Oke, sekarang gue bakal kasih tau langkah-langkahnya buat kamu yang mau bawa motor sendiri ke Nusa Penida:

Langkah 1: Bawa Motor Kamu Sendiri Ke Nusa Penida

Pertama-tama, pastikan kamu membawa sepeda motormu sendiri ke Pelabuhan Padang Bai di Bali. Ini adalah langkah yang penting karena hanya di sinilah kamu bisa membawa motor sendiri ke Nusa Penida.

Langkah 2: Persiapkan Dokumen

Kalau kamu bawa motor, ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan. Kadang-kadang, saat menyeberang ke Padang Bai, petugas akan memeriksa STNK dan SIM. Jadi, pastikan surat-surat motormu lengkap dan tentunya kamu harus punya SIM yang valid.

Langkah 3: Beli Tiket Kapal Ferry

Sesampainya di Pelabuhan Padang Bai, langkah selanjutnya adalah membeli tiket kapal ferry. Kamu bisa mendapatkan tiket ini di loket tiket yang tersedia di pelabuhan.

Sayangnya, belum bisa bayar pake e-money seperti di beberapa tempat lain. Harga tiket menyeberang ke Nusa Penida adalah IDR 88.000 untuk satu sepeda motor dan satu penumpang.

Langkah 4: Tunggu Antrian

Setelah membeli tiket, kamu akan diarahkan untuk antri menunggu waktu masuk ke Kapal Ferry Ro-Ro Nusa Jaya Abadi. Waktu tunggunya bisa bervariasi, kadang kurang dari sejam, kadang bisa berjam-jam tergantung pada situasi dan kondisi di pelabuhan.

5. Jadwal Kapal Ferry RoRo dari Pelabuhan Padang Bai Ke Nusa Penida

Jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Padang Bai ke Nusa Penida dan sebaliknya biasanya ada dua kali per hari. Namun, perlu diingat bahwa jadwal bisa berubah tergantung pada kondisi di lapangan. Jadwal normalnya adalah:

  • Keberangkatan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padang Bai ada pada jam 10.00 dan 14.00 WITA setiap hari.
  • Keberangkatan dari Nusa Penida ke Pelabuhan Padang Bai ada pada jam 09.00 dan 13.00 WITA setiap hari.
BACA JUGA :  Wisata Tersembunyi Tanjung Juntil Dekat Atuh Beach Nusa Penida

Tapi ingat, saat kondisi tidak biasa seperti perbaikan dermaga atau situasi khusus lainnya, jadwal penyeberangan bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi, pastikan untuk selalu update informasi penyeberangan ke Nusa Penida di Pelabuhan Padang Bai sebelum pergi.

6. Cara Lain Menuju Nusa Penida Jika Kamu Tidak Bawa Sepeda Motor Sendiri

Selain melalui Pelabuhan Padang Bai, ada juga beberapa cara lain untuk menuju Nusa Penida:

  • Pelabuhan Sanur: Ini adalah opsi yang sudah umum dan populer. Kamu bisa menyeberang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur.
  • Pelabuhan Benoa: Bagi yang mencari kelas eksekutif, kamu bisa menyeberang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Benoa.
  • Kusamba: Dari Kusamba, kamu bisa menyeberang ke Nusa Penida naik fast boat atau perahu jukung tradisional.
  • Nusa Lembongan: Terakhir, jika kamu sedang liburan di Nusa Lembongan, kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Nusa Penida dari sana. Namun, perlu diingat bahwa rute ini tidak direkomendasikan karena kapalnya kurang aman dan sering kelebihan penumpang.

Jadi, bawa motor ke Nusa Penida itu memang bisa, dan itu adalah pilihan yang bagus untukmu yang suka petualangan.

Kamu bisa menjelajahi Nusa Penida dengan lebih bebas, dan pastinya akan ada banyak spot keren yang bisa kamu kunjungi dengan motormu sendiri. Selamat menjelajahi Nusa Penida, bro!

Touring Keliling Nusa Penida [Motovlog Bali ] [ Wisata Bali ] [ Motovlog Indonesia ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

Cara Dari Sanur Bali Menuju Ke Pulau Nusa Penida

Menyeberang dari pulau Bali ke Nusa Penida memang menawarkan berbagai pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan preferensi dan lokasimu.

Ada beberapa lokasi penyeberangan yang bisa kamu pilih, dan dalam tulisan ini, kita akan menjelaskan cara menuju Nusa Penida dari Sanur, salah satu opsi yang sangat populer.

1. Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida

Pelabuhan Sanur merupakan salah satu pintu utama untuk menyeberang dari Bali ke Nusa Penida.

Pelabuhan ini terletak di Pantai Matahari Terbit, Sanur, dan menjadi salah satu lokasi paling sibuk untuk menyeberang ke Nusa Penida.

Ada banyak perusahaan fast boat yang beroperasi di pelabuhan ini, sehingga kamu memiliki beragam pilihan waktu keberangkatan.

2. Operator Fast Boat di Pantai Sanur

Di Pelabuhan Sanur, kamu akan menemukan beberapa operator fast boat yang menyediakan layanan penyeberangan ke Nusa Penida. Beberapa di antaranya adalah:

  • Fast Boat Dwi Manunggal: Kapal ini tiba di Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida.
  • Idola Express: Dermaga tiba di Dermaga Sampalan di Nusa Penida.
  • Mola-mola Express: Dermaga tiba di Dermaga Sampalan di Nusa Penida.
  • Angel Billabong Fast Cruise: Dermaga tiba di Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida.
  • El Rey Junior Fast Boat: Dermaga tiba di Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida.
  • Caspla Fast Boat: Dermaga tiba di Dermaga Sampalan di Nusa Penida.

Semua operator fast boat ini menyediakan layanan yang hampir sama dengan harga tiket yang sebanding.

Perbedaannya mungkin terletak pada jadwal keberangkatan, jadi pastikan untuk memeriksa jadwal masing-masing operator agar sesuai dengan rencana perjalananmu.

3. Lokasi Penyeberangan ke Nusa Penida dari Sanur

Untuk menemukan lokasi penyeberangan ke Nusa Penida dari Sanur, kamu dapat mencari Pelabuhan Sanur yang berlokasi di Jl. Sanur Beach Street Walk, Sanur, Denpasar, Bali.

Jika kamu berasal dari wilayah Bali Selatan, perlu diingatkan bahwa banyak wisatawan memilih menginap di kawasan tempat wisata di Bali bagian selatan, sehingga Sanur menjadi salah satu pintu utama untuk menyeberang ke Nusa Penida.

4. Biaya Penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida

Biaya penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida menggunakan fast boat bervariasi tergantung pada operator fast boat yang kamu pilih.

Secara umum, harga tiket kapal dari Sanur ke Nusa Penida untuk dewasa domestik adalah sekitar Rp 75,000 per orang untuk satu arah.

Untuk anak-anak usia 5-10 tahun, harga tiket biasanya sekitar Rp 50,000 per anak untuk satu arah.

Jika kamu adalah wisatawan asing, tarifnya mungkin sedikit lebih tinggi, dengan harga tiket sekitar Rp 100,000 per orang untuk dewasa dan Rp 75,000 per anak untuk satu arah.

5. Jadwal Penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida

Kapal-kapal penyeberangan dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida memiliki beragam jadwal keberangkatan setiap harinya. Jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi selalu pastikan untuk memeriksa jadwal terbaru sebelum merencanakan perjalananmu. Beberapa contoh jadwal keberangkatan dari operator fast boat tertentu adalah:

  • Golden Queen Fast Boat: Berangkat dari Sanur ke Nusa Penida pukul 08:15 dan kembali dari Nusa Penida ke Sanur pukul 16:30.
  • Fast Boat Dwi Manunggal: Jadwal keberangkatan dari Nusa Penida ke Sanur pukul 07:00, 09:00, 14:30, dan 17:00. Sementara dari Sanur ke Nusa Penida pukul 08:00, 11:00, 15:30, dan 18:00.
  • Idola Express: Jadwal dari Nusa Penida ke Sanur pukul 07:00 dan 15:00, sedangkan dari Sanur ke Nusa Penida pukul 08:15 dan 16:15.
  • Mola-Mola Express: Jadwal dari Nusa Penida ke Sanur pukul 07:30 dan 16:00, sedangkan dari Sanur ke Nusa Penida pukul 08:30 dan 17:00.
  • Angel Billabong Fast Cruise: Jadwal dari Nusa Penida ke Sanur pukul 06:30, 07:30, 13:00, dan 16:00. Sementara dari Sanur ke Nusa Penida pukul 07:30, 08:30, 14:00, dan 17:00.
BACA JUGA :  Touring Ke Lombok : Etape 3 Jember - Banyuwangi Via Alas Gumitir! Serem!

6. Cara Pemesanan Tiket Speedboat ke Nusa Penida Online

Sebaiknya pesan tiket speedboat ke Nusa Penida secara online minimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan untuk memastikan kamu mendapatkan tempat.

Dengan memesan tiket secara online, kamu juga dapat memilih layanan pengantaran dari hotel tempat kamu menginap di Bali menuju pelabuhan Sanur.

Jika kamu memutuskan untuk membeli tiket di lokasi pelabuhan penyeberangan Sanur, pastikan untuk tiba di sana setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan fast boat.

Untuk transportasi dari hotel ke pelabuhan Sanur, kamu dapat menggunakan ojek online, taksi meter seperti Blue Bird, atau taksi online. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua lokasi hotel akan dilayani oleh taksi online.

FAQ Seputar Tips dan Cara Pergi ke Nusa Penida

Menyeberang dari Sanur, Bali, ke Nusa Penida adalah salah satu cara paling umum untuk mencapai pulau yang indah ini. Dengan banyaknya pilihan operator fast boat dan jadwal keberangkatan yang beragam, kamu dapat memilih waktu yang paling sesuai dengan rencana perjalananmu.

Pastikan untuk memesan tiket secara online lebih awal jika kamu ingin memastikan tempatmu, dan siapkan dirimu untuk petualangan yang menakjubkan di pulau Nusa Penida yang penuh keindahan alam.

Dari Bali Ke Nusa Penida Berapa Jam?

Pertanyaan: Apabila berangkat dari Bali ke Nusa Penida berapa jam memakan waktu?

Jawaban: Pertanyaan ini sangat sering saya dapatkan. Waktu perjalanan dari Bali ke Nusa Penida dapat bervariasi tergantung pada rute yang Kamu pilih dan kondisi cuaca. Namun, secara umum, perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit.

Rute 1: Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida (30 menit) Jika Kamu berangkat dari Pelabuhan Sanur di Bali, perjalanan ke Nusa Penida akan memakan waktu sekitar 30 menit, asalkan kondisi gelombang laut normal. Pelabuhan Sanur adalah salah satu pelabuhan utama yang melayani rute ini, dan banyak perusahaan fast boat yang menyediakan layanan ke Nusa Penida dari sini.

Rute 2: Pantai Kusamba Klungkung ke Nusa Penida (40 menit) Alternatif lain adalah berangkat dari Pantai Kusamba Klungkung. Waktu tempuh dari Kusamba ke Nusa Penida sekitar 40 menit. Kusamba juga menjadi salah satu pintu gerbang yang populer untuk mencapai Nusa Penida.

Berapakah Harga Tiket Fast Boat ke Nusa Penida?

Pertanyaan: Berapakah harga tiket fast boat ke Nusa Penida?

Jawaban: Harga tiket fast boat ke Nusa Penida umumnya bervariasi, tergantung dari jasa vendor boat masing-masing. Namun, terdapat perkiraan harga yang dapat Kamu gunakan sebagai panduan:

  • Untuk wisatawan domestik dan mancanegara, harga tiket public berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 120.000 untuk dewasa maupun anak-anak.
  • Jika Kamu ingin mencari penawaran khusus, beli tiket secara online melalui platform seperti Gotravela dapat memberikan Kamu harga yang lebih murah, seringkali sekitar Rp. 75.000 untuk wisatawan lokal/domestik.

Pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru dan penawaran spesial dari vendor boat sebelum Kamu memutuskan untuk pergi.

Kapan Jadwal Keberangkatan Fast Boat ke Nusa Penida dari Sanur?

Pertanyaan: Kapan jadwal keberangkatan fast boat ke Nusa Penida dari Sanur?

Jawaban: Setiap vendor fast boat memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda-beda, jadi penting untuk memeriksa jadwal mereka sebelum pergi. Berikut beberapa jadwal keberangkatan fast boat ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur:

El Rey Junior:

  • Keberangkatan dari Sanur ke Nusa Penida: 08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM
  • Keberangkatan dari Nusa Penida ke Sanur: 09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM

The Angkal Fast Boat:

  • Keberangkatan dari Sanur ke Nusa Penida: 08.15 AM, 03.00 PM
  • Keberangkatan dari Nusa Penida ke Sanur: 02.00 PM, 04.00 PM

Gogun Express:

  • Keberangkatan dari Sanur ke Nusa Penida: 08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM
  • Keberangkatan dari Nusa Penida ke Sanur: 02.00 PM, 04.00 PM

Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelumnya dan tiba di pelabuhan setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan agar Kamu memiliki cukup waktu untuk proses check-in.

Dimana Posisi Pelabuhan dari Bali ke Nusa Penida?

Pertanyaan: Dimana posisi pelabuhan dari Bali ke Nusa Penida?

Jawaban: Untuk memudahkan sarana transportasi dari Bali ke Nusa Penida, terdapat tiga cara yang dapat Kamu pilih:

  1. Kapal Roro Nusa Jaya Abadi melalui Padang Bai: Ini adalah salah satu opsi jika Kamu ingin membawa kendaraan, seperti mobil atau sepeda motor, ke Nusa Penida. Kamu dapat menaiki kapal feri di Pelabuhan Padang Bai di Bali.
  2. Fast Boat Cepat melalui Pantai Sanur: Opsi ini adalah yang paling umum digunakan oleh wisatawan yang ingin mencapai Nusa Penida dengan cepat. Pelabuhan Sanur adalah tempat keberangkatan utama untuk fast boat ke Nusa Penida.
  3. Perahu Tradisional Mesin Tempel melalui Pantai Kusamba: Pantai Kusamba Klungkung juga menjadi alternatif lain jika Kamu ingin mencapai Nusa Penida. Perahu tradisional dengan mesin tempel tersedia di sini.

Pilihlah rute yang sesuai dengan rencana perjalanan Kamu dan periksa jadwal keberangkatan untuk memastikan Kamu tiba di waktu yang diinginkan.

Bagaimana Kondisi Parkir di Pelabuhan Sanur, Apakah Cukup Besar?

Pertanyaan: Bagaimana kondisi parkir di Pelabuhan Sanur, apakah cukup besar?

Jawaban: Ya, kondisi parkir di Pelabuhan Sanur cukup luas dan dapat menampung mobil dan sepeda motor. Pelabuhan Sanur telah mengalami peningkatan fasilitas untuk mendukung jumlah wisatawan yang semakin meningkat. Kamu dapat dengan nyaman meninggalkan kendaraan di sini selama perjalanan ke Nusa Penida. Pastikan untuk membayar biaya parkir yang sesuai dengan durasi parkir Kamu.

Apa Saja Tips Unik Berlibur ke Nusa Penida untuk Para Wisatawan yang Baru Pertama Kali?

Pertanyaan: Apa saja tips unik berlibur ke Nusa Penida untuk para wisatawan yang baru pertama kali?

BACA JUGA :  Rest day di Kayu Aro, kebun teh di kaki Gunung Kerinci [ Enduro Touring Go Out Adventure Day 13 ]

Jawaban: Bagi para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Nusa Penida, berikut beberapa tips unik yang dapat membantu membuat perjalanan Kamu lebih lancar dan menyenangkan:

1. Pakailah Sandal Karet saat Naik Kapal: Saat naik kapal fast boat ke Nusa Penida, terkadang Kamu perlu menyeberang dari pantai ke kapal. Menggunakan sandal karet dapat membuat Kamu lebih nyaman dan memudahkan Kamu ketika berada di perairan dangkal.

2. Gunakan Sunblock, Topi, Kacamata, dan Masker: Cuaca di Nusa Penida bisa sangat terik, jadi penting untuk melindungi diri Kamu dari sinar matahari. Gunakan sunblock, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata Kamu. Selain itu, bawa masker jika Kamu merasa perlu karena terdapat sedikit debu di beberapa area.

3. Perhatikan Waktu: Pastikan Kamu memperhatikan waktu, terutama jika Kamu memiliki jadwal keberangkatan kembali ke Bali. Karena pulau ini memiliki berbagai tempat wisata yang menakjubkan, mudah untuk lupa waktu saat menjelajah.

4. Jangan Lupa Bawa Uang Tunai: Meskipun beberapa tempat menerima kartu kredit, sebaiknya bawa uang tunai dalam pecahan kecil untuk pembayaran di tempat-tempat yang lebih kecil atau pedagang kaki lima.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Kamu akan lebih siap dan dapat menikmati liburan Kamu ke Nusa Penida tanpa masalah.

Bagaimana Cara Menuju Ke Nusa Penida dari Kuta, Seminyak, Jimbaran, Canggu, Ubud, Bandara Ngurah Rai, dan Denpasar?

Pertanyaan: Bagaimana cara menuju Nusa Penida dari Kuta, Seminyak, Jimbaran, Canggu, Ubud, Bandara Ngurah Rai, dan Denpasar?

Jawaban: Untuk mencapai Nusa Penida dari berbagai lokasi di Bali, Kamu perlu melakukan perjalanan ke Pelabuhan Sanur, tempat keberangkatan fast boat ke Nusa Penida. Di bawah ini, kami memberikan panduan singkat untuk setiap lokasi:

Dari Kuta, Seminyak, Canggu, dan Bandara Ngurah Rai:

  • Jika Kamu berada di salah satu dari lokasi ini, perjalanan menuju Pelabuhan Sanur akan memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit dengan taksi meter atau taksi online seperti Grab. Kamu juga dapat menggunakan layanan Gojek. Pastikan untuk memilih taksi yang memiliki argo (alat pengukur tarif) yang berfungsi.

Dari Jimbaran:

  • Jimbaran berjarak sekitar 20 hingga 30 menit dari Pelabuhan Sanur. Kamu dapat menggunakan taksi meter, taksi online, atau Gojek untuk mencapai pelabuhan.

Dari Ubud:

  • Ubud terletak lebih jauh dari Pelabuhan Sanur, dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 45 hingga 60 menit dengan taksi meter, taksi online, atau Gojek. Pastikan untuk memberi tahu pengemudi tujuan Anda.

Dari Denpasar:

  • Denpasar adalah ibu kota Bali dan berjarak sekitar 30 hingga 45 menit dari Pelabuhan Sanur dengan taksi meter, taksi online, atau Gojek.

Kamu dapat menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps untuk membantu menemukan rute tercepat ke Pelabuhan Sanur dari lokasi Anda. Pastikan untuk berangkat dengan waktu yang cukup agar tidak ketinggalan kapal.

Apakah Nusa Penida Layak Dikunjungi untuk Liburan?

Pertanyaan: Apakah Nusa Penida layak dikunjungi untuk liburan?

Jawaban: Nusa Penida adalah destinasi wisata yang luar biasa dan sangat layak untuk dikunjungi. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, pantai-pantai indah, tebing-tebing yang menjulang, dan air terjun yang menakjubkan. Kamu juga dapat menyaksikan keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling atau menyelam.

Selain itu, Nusa Penida masih terasa alami dan jauh dari keramaian Bali selatan. Ini adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin merasakan sisi Bali yang lebih tenang dan alami. Jadi, jika Kamu mencari pengalaman liburan yang berbeda dan ingin menjelajahi alam yang masih asli, Nusa Penida adalah pilihan yang tepat.

Apa Cara Terbaik untuk Berkeliling di Nusa Penida?

Pertanyaan: Apa cara terbaik untuk berkeliling di Nusa Penida?

Jawaban: Saat Kamu tiba di Nusa Penida, Kamu akan memiliki beberapa opsi untuk berkeliling pulau. Beberapa di antaranya adalah:

1. Sewa Sepeda Motor: Salah satu cara yang paling populer untuk berkeliling Nusa Penida adalah dengan menyewa sepeda motor. Ini memberi Kamu kebebasan untuk menjelajahi pulau sesuai keinginan Anda. Harga sewa sepeda motor biasanya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per hari, tergantung pada jenis motor.

2. Sewa Mobil dengan Sopir: Jika Kamu lebih suka tidak mengendarai sepeda motor, Kamu dapat menyewa mobil dengan sopir. Biaya sewa mobil dengan sopir di Nusa Penida berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 800.000, tergantung pada rute dan durasi sewa.

3. Ojek (Motor Taxi): Kamu juga dapat menggunakan ojek atau motor taxi untuk berpindah-pindah antara tempat wisata di Nusa Penida. Harga ojek dapat dinegosiasikan dengan pengendara.

4. Transportasi Umum: Meskipun transportasi umum di Nusa Penida terbatas, Kamu dapat mencoba menggunakan angkutan umum seperti bemo atau minibus untuk berkeliling. Namun, ini mungkin tidak seefisien atau nyaman seperti opsi lainnya.

Pilihan terbaik untuk Kamu tergantung pada preferensimu dan berapa banyak waktu yang Kamu miliki di pulau ini. Pastikan untuk merencanakan rute Kamu sebelumnya sehingga Kamu dapat mengunjungi semua tempat wisata yang ingin Kamu lihat.

Saya Hanya Punya Waktu Satu Hari di Nusa Penida, Tempat Mana yang Harus Saya Kunjungi?

Pertanyaan: Saya hanya punya waktu satu hari di Nusa Penida, tempat mana yang harus saya kunjungi?

Jawaban: Jika Kamu hanya memiliki satu hari di Nusa Penida, Kamu masih dapat mengunjungi beberapa tempat wisata menakjubkan di pulau ini. Berikut tiga tempat utama yang sebaiknya Kamu kunjungi:

1. Pantai Kelingking:

  • Salah satu daya tarik utama di Nusa Penida adalah Pantai Kelingking, yang juga dikenal sebagai “T-Rex Bay” karena bentuknya yang menyerupai kepala dinosaurus T-Rex.
  • Pantai ini memiliki pemandangan tebing yang menjulang tinggi dan air laut biru yang memukau. Kamu dapat melakukan perjalanan singkat ke bawah tebing untuk mencapai pantai yang indah ini. Namun, pastikan Kamu dalam kondisi fisik yang baik karena jalur turun dan naik cukup curam.

2. Rumah Pohon Molenteng Nusa Penida:

  • Rumah Pohon Molenteng adalah salah satu spot terkenal di Nusa Penida. Di sini, Kamu akan menemukan sebuah pohon besar dengan rumah pohon di atasnya yang menghadap ke laut.
  • Tempat ini menjadi populer karena Kamu dapat mengambil foto yang menakjubkan dengan latar belakang pemandangan pantai dan tebing yang megah.

3. Diamond Beach:

  • Diamond Beach adalah salah satu pantai terindah di Nusa Penida dengan pasir putih halus dan air laut yang jernih.
  • Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing batu kapur yang menciptakan lanskap yang sangat mengesankan.

Dengan mengunjungi ketiga tempat ini dalam satu hari, Kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa di Nusa Penida. Pastikan Kamu tiba di pelabuhan Sanur di pagi hari untuk memaksimalkan waktumu di pulau ini. Selalu ingat untuk membawa perlengkapan yang cukup, seperti air minum dan perlindungan matahari, karena cuaca di Nusa Penida bisa sangat panas.

Jika Kamu memiliki lebih banyak waktu, ada banyak tempat wisata lain di Nusa Penida yang juga patut dikunjungi, seperti Goa Giri Putri, Broken Beach, Angel’s Billabong, dan banyak lagi. Jadi, jika Kamu memiliki kesempatan untuk tinggal lebih lama, Kamu dapat menjelajahi lebih banyak keindahan pulau ini.

Semoga informasi tentang cara pergi ke Nusa Penida Bali naik fastboat dari Sanur dan Kapal Fery dari Padang Bai ini bisa bermanfaat!


Fahmi

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *