Belajar Cara Membuat Sushi di Jepang: Pengalaman yang Mengesankan

Jepang, Tempat Wisata, Travel Vlog

Kapan lagi kamu bisa belajar cara membuat sushi di Jepang langsung diajari oleh seorang chef profesional jika tidak ketika liburan ke Okayama? Ini adalah pengalaman yang tidak hanya mengesankan tetapi juga memberikan kesempatan unik untuk memahami lebih dalam budaya kuliner Jepang. Jadi, mari kita telusuri lebih lanjut tentang pengalaman saya belajar cara membuat sushi di Okayama.

Mengenal Kursus Sushi di Okayama, Membuat Sushi di Jepang: Pengalaman yang Tidak Terlupakan

 

Tutorial Cara Buat Sushi Di Jepang [ Travel Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]
Watch this video on YouTube.
Subscribe ke Youtube Fahmi Catperku.com ya!

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Liburan yang Berbeda

Liburan ke Jepang selalu diidentikan dengan pemandangan yang indah, kuil-kuil yang megah, dan keramahtamahan penduduknya. Namun, liburan ke Jepang juga bisa menjadi kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas yang unik dan mengesankan. Salah satunya adalah kursus membuat sushi, yang saya ikuti ketika mengunjungi kota Okayama.

Sushi: Kuliner Wajib di Jepang

Sushi adalah salah satu kuliner Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Makanan ini terdiri dari sepotong nasi yang lengket yang dilapisi dengan potongan ikan atau bahan lainnya, biasanya dibungkus dalam lembaran rumput laut. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat sushi menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Jepang.

BACA JUGA :  Pantai Wohkudu Yogyakarta, Pantai Di Gunungkidul Untuk Camping! [ Wisata Pantai Gunung Kidul ]

Selama kursus membuat sushi di Okayama, saya tidak hanya belajar cara membuat sushi, tetapi juga belajar tentang berbagai varian sushi yang ada.

Ada sushi dengan berbagai jenis topping seperti ikura gunkan sushi (sushi dengan telur ikan salmon), maguro nigiri (potongan ikan tuna di atas sepotong nasi), kappa maki (sushi dengan timun), sake nigiri sushi (potongan ikan salmon di atas sepotong nasi), taro sushi (sushi dengan ubi jalar), ebi nigiri (potongan udang di atas sepotong nasi), tamago yaki sushi (sushi dengan telur dadar), sushi roll (sushi yang digulung dalam nori), sushi tuna (sushi dengan tuna segar), sushi avocado (sushi dengan potongan alpukat), uni sushi (sushi dengan daging dari hewan laut yang disebut sea urchin), amaebi sushi (sushi dengan udang segar), dan masih banyak lagi varian sushi lainnya. Mengetahui berbagai jenis sushi ini membuat saya semakin menghargai keanekaragaman kuliner Jepang.

Cara Membuat Sushi: Tidak Semudah yang Terlihat

Sushi: Lebih Mudah Dibeli atau Dibuat?

Saat mencoba membuat sushi sendiri, saya menyadari bahwa meskipun sushi terlihat sederhana, cara membuatnya bisa menjadi tantangan tersendiri. Banyak orang lebih memilih untuk membeli sushi siap saji daripada membuatnya sendiri karena prosesnya yang dianggap rumit. Namun, membuat sushi sendiri memiliki kepuasan tersendiri, terutama jika kamu berhasil membuatnya dengan baik.

Bahan-Bahan untuk Sushi

Salah satu komponen penting dalam sushi adalah nasi sushi. Nasi ini memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang lembut, yang membuatnya cocok untuk sushi. Untuk membuat nasi sushi, kamu memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 200 gram beras.
  • 20 ml cuka beras atau cuka apel.
  • ½ sendok makan gula.
  • ½ sendok teh garam.
BACA JUGA :  Eksplorasi Desa Tapin Bini di Kabupaten Lamandau

Cara membuat nasi sushi (nasinya) adalah sebagai berikut:

  1. Cuci beras dengan bersih sebelum dimasak.
  2. Masak beras hingga matang.
  3. Setelah nasi matang, pindahkan nasi ke dalam wadah.
  4. Campurkan cuka, gula, dan garam ke dalam nasi yang ada di wadah, lalu aduk hingga merata.
  5. Sambil mengaduk, kamu dapat meniup-niup nasi agar uapnya cepat menghilang, sekitar 15 menit.
  6. Setelah nasi sushi mendingin, nasi siap dibentuk menjadi sushi dengan berbagai jenis topping sesuai selera.

Belajar Membuat Sushi di Jepang

Mengikuti kursus membuat sushi di Jepang, terutama di kota Okayama, adalah pengalaman yang tak terlupakan. Selama kursus tersebut, saya diajari oleh seorang chef profesional tentang cara membuat sushi dengan benar. Ini bukan hanya pelajaran tentang teknik pembuatan sushi, tetapi juga tentang budaya dan tradisi di balik makanan ini.

Proses Pembuatan Sushi

Proses pembuatan sushi dimulai dengan menyiapkan nasi sushi yang telah dicampur dengan campuran cuka, gula, dan garam. Nasi ini akan menjadi dasar dari setiap sushi yang kita buat. Kemudian, kita akan menyusun berbagai jenis topping seperti potongan ikan, sayuran, atau bahan lainnya di atas sepotong nasi. Setelah itu, sushi digulung menggunakan bambu gulung untuk menciptakan bentuk yang khas dari sushi roll.

Kesulitan dalam Membuat Sushi

Meskipun sushi terlihat sederhana, proses membuatnya bisa menjadi cukup sulit, terutama jika kamu ingin menciptakan sushi yang cantik dan lezat. Menggulung sushi dengan rapi tanpa merusak bahan isian dan nasi adalah tantangan tersendiri. Selain itu, memotong sushi menjadi potongan yang seragam juga memerlukan keterampilan khusus.

Kelebihan Membuat Sushi Sendiri

Meskipun banyak orang memilih untuk membeli sushi siap saji, membuat sushi sendiri memiliki kelebihan tersendiri. Pertama, kamu dapat mengontrol kualitas dan jenis bahan yang digunakan. Kamu juga dapat menyesuaikan sushi sesuai dengan preferensi rasa kamu. Selain itu, membuat sushi sendiri juga memberikan kepuasan tersendiri, terutama jika kamu berhasil menciptakan sushi yang indah dan lezat.

BACA JUGA :  Wisata Museum Affandi Yogyakarta [Wisata Jogja]

Kesenangan dalam Variasi Sushi

Varian Sushi yang Tak Terbatas

Selama kursus membuat sushi di Jepang, saya belajar bahwa varian sushi tidak terbatas. Selain varian-varian sushi yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi jenis sushi yang dapat kamu temukan di berbagai restoran dan kedai sushi di Jepang. Masing-masing varian memiliki kombinasi unik antara nasi, topping, dan saus yang menciptakan pengalaman rasa yang berbeda.

Sushi: Bukan Sekadar Makanan, tapi Seni

Pembuatan sushi juga mengajarkan saya bahwa sushi bukan hanya makanan biasa, tetapi juga seni. Cara penataan bahan-bahan sushi dengan indah dan presisi adalah salah satu aspek yang membuat sushi begitu istimewa. Chef sushi memiliki keahlian khusus dalam mengolah bahan-bahan tersebut menjadi karya seni yang lezat.

Menikmati Hasil Karya Sendiri

Salah satu momen paling memuaskan selama kursus membuat sushi adalah saat akhirnya kita bisa menikmati hasil karya kita sendiri. Setelah selesai membuat sushi dengan tekun dan penuh perhatian, kita dapat duduk bersama dan menikmati sushi yang telah kita buat. Rasanya begitu istimewa karena kita tahu betul proses pembuatannya.

Kesimpulan

Mengikuti kursus membuat sushi di Jepang, terutama di kota Okayama, adalah pengalaman yang tidak hanya mengesankan tetapi juga mendidik. Sushi, makanan yang begitu terkenal dari Jepang, memiliki sejarah dan budaya yang kaya di baliknya. Belajar cara membuat sushi bukan hanya tentang memasak, tetapi juga tentang memahami budaya dan seni kuliner Jepang. Meskipun sushi terlihat sederhana, proses pembuatannya bisa menjadi tantangan tersendiri, tetapi memiliki kepuasan tersendiri ketika kita berhasil menciptakan sushi yang lezat dan indah. Jadi, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengikuti kursus membuat sushi di Jepang, saya sangat merekomendasikannya. Ini adalah pengalaman yang tidak akan kamu lupakan, dan hasil karya sushi kamu sendiri pasti akan lebih berarti dan istimewa.


Fahmi

Fahmi adalah penulis catperku.com, Travel Blogger dari Indonesia, Travel Vlogger Indonesia juga. Dulunya mas-mas kantoran, tapi sekarang berjuang menjadi pekerja lepas demi kebebasan memilih waktu liburan. Suka liburan ke Pantai tapi jarang nyebur, hobi trekking karena demen jalan kaki. Suka traveling di Indonesia, tapi juga nggak nolak kalau ada kesempatan liburan ke luar negeri. Travel Blogger Indonesia yang bermimpi buat keliling dunia, traveling jalur darat Asia-Eropa, Naik kereta api lewat Trans-Siberia, lalu menghabiskan masa pensiun di desa kampung halamannya. Nggak banyak kan mimpi saya? Anyway, kalau tertarik membantu mewujudkan mimpi saya, bisa hubungi di [email protected] ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *