Yuk, Bersih – Bersih Pulau Pramuka!

Catperku.info (Travel Blogger Indonesia) – Sebagai travel blog yang selalu mendukung green travel, dan eco traveling, catperku.info selalu mendukung kegiatan berhubungan dengan konservasi alam. Nah, kebetulan dari twitterland saya mendapatkan informasi akan diadakannya acara bersih – bersih pulau pramuka yang termasuk dalam kepulauan seribu, Jakarta. acara itu bernama Spirit of Thalassa yang diadakan oleh Green Smile ( http://www.greensmile.or.id ).

bersih bersih pulau pramuka Yuk, Bersih   Bersih Pulau Pramuka!

Ayo Ikut Event Spirit Of Thalasa! Bersih – bersih pulau pramuka!

019d4fb73d3b570a75fac8a0f07164b4 Yuk, Bersih   Bersih Pulau Pramuka!

Spirit Of Thalassa – Beach Cleanup

1760c front page Yuk, Bersih   Bersih Pulau Pramuka!

What a mess! volunteer now!

Mengutip dari website greensmile (http://www.greensmile.or.id)

Spirit of Thalassa adalah nama event yang dipilih kali ini. Sesuai namanya, Thalassa, yang dalam bahasa Yunani berarti laut, Green Smile ingin membangkitkan semangat, kepedulian dan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan laut.

“Tujuan kita adalah mengajak dan memberikan sarana bagi masyarakat dari berbagai elemen, khususnya dari komunitas anak muda, untuk menunjukkan aksi nyatanya dalam pelestarian alam,” kata direktur eksekutif Green Smile, Dani Pratomo.

“Selain membersihkan laut, kita juga ingin menyadarkan masyarakat bahwa sampah yang mencemari laut justru merupakan kiriman dari daratan. Jadi, biarpun kita nggak pernah membuang sampah di laut, bukan berarti kita nggak mencemari laut,” ia menambahkan.

“Tiap harinya, sekitar 6500 ton sampah dibuang warga. Sejumlah besar sampah ini terbawa ke laut lewat 13 aliran sungai yang ada di Jakarta. Tahun ini, sampah diperkirakan mencapai jarak 65km ke arah laut, kian mendekati zona taman nasional laut, yang juga kawasan konservasi dan cagar alam,” kata Dani.

Dani juga menjelaskan bahwa sampah-sampah ini sekarang sudah mencemari zona penyangga taman laut, termasuk Pulau Pramuka.

sampah pulau pramuka1 Yuk, Bersih   Bersih Pulau Pramuka!

Sampah yang menumpuk di salah satu sudut Pulau Pramuka

Wujud nyatanya, Green Smile akan mengadakan aksi pembersihan sampah pada hari Sabtu, 28 September 2013 di Pulau Pramuka. Aksi ini rencananya akan diikuti sekitar 700 peserta. Para peserta ini dibagi dalam beberapa kelompok untuk membersihkan sejumlah titik di sekitar Pulau Pramuka. Di antara peserta tersebut, Green Smile juga mengajak artis-artis ternama. Penasaran siapa mereka? Tunggu pengumuman selanjutnya ya!

Khusus untuk pembersihan di area laut, karena tidak semua orang bisa menyelam, Green Smile mengajak para scuba divers berpengalaman untuk melakukannya. Sekitar 100 penyelam yang diajak nantinya akan lebih dulu dibekali cara-cara mengambil sampah yang benar dari dasar laut, termasuk alat-alat apa saja yang digunakan. Ternyata, mengambil sampah di dasar laut tidak bisa sembarangan, lho!

Peserta direncanakan tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB pagi. Agar lebih bersemangat, para peserta akan diajak menyaksikan video dokumenter seputar sampah kiriman dari darat, khususnya di Jakarta, yang akhirnya mengotori laut di sekitar Pulau Pramuka.

Green Smile juga akan melakukan penanaman bibit mangrove dan terumbu karang di sekitar lokasi. Seru kan? Nah! yang mau ikut bisa langsung buka website Green Smile yang ini (http://www.greensmile.or.id/g_action/detail/20)

NB : Sumber gambar dan foto mengambil dari http://www.greensmile.or.id/

Yang Banyak Dicari

Author: Rijal Fahmi Mohamadi

Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

8 Comments

  1. pengen ikut…udah daftar, semoga bisa bergabung :)

    Post a Reply
  2. pertanyaan sederhana dari aye, bang…

    itu penduduk di sana apakah dilibatkan?
    soalnya klo aye coba menjadi sudut pandang si penduduk pulau pramuka,

    aye seneng banget ada orang yang dateng ke pulau ane buat ngebersihin sampah di pulau ini. Gak perlu dibayar lagi. Yeahh~

    *bukan berpikir suudzon, tapi skeptis, seperti apa baiknya kegiatan volunteer yang baik dan efektif dalam menyelesaikan root dari problem yang ada

    Post a Reply
    • wah, kalau dilibatkan atau enggak saya kurang tahu, mungkin coba fire question nya ke greensmili di @greensmileid. terus kalau root problem tentang kebersihan di negeri kita tercinta ini udah jelas kok sebenernya :) kesadaran tentang kebersihan yang rendah, itulah gunanya acara seperti gini, agar kesadaran tentang kebersihan semakin banyak menular kepada yang lain. bettter do something kan? dari pada diem aja :) terlepas nanti bisa menyelesaikan root problem secara cepat atau lambat. terus kalau masalah sampah di pulau pramuka, kabarnya datang dari laut, sampah terbawa arus laut dari kota jakarta *saya belum meneliti lebih lanjut sih* kalau ada waktu, mungkin bisa ikutan ya :)

      Post a Reply
      • akur, aye sepakat klo bicara dari segi optimisnya, sikap menularkan sesuatu harus tetap diperjuangkan :D

        tapi kita juga jangan lupa juga tentang root cause nya, jadi harapannya masalah yang sama gak muncul kembali. We hope..

        Post a Reply
%d bloggers like this: