Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!


Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Woodlands Train Checkpoint , gerbang keluar masuk dua negara, Singapore dan Malaysia melalui jalur kereta sisa masa kolonial.

Ribetnya nyari Woodlands Train Check point buat menyeberang ke Malaysia1 Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

Ribetnya nyari Woodlands Train Check point buat menyeberang ke Malaysia

Woodlands Train Checkpoint Merupakan Perbatasan Antara Malaysia Dan Singapore

Kalau disuruh memilih perjalanan dari Singapore ke Kuala lumpur, Malaysia, mau naik bus atau kereta api? Kalau saya tidak perlu ditanya lagi, saya pasti lebih memilih kereta api. Dari dulu saya selalu excited kalau travelling dengan menggunakan kereta api. Bahkan waktu masih SMA saya pernah travelling ke Jogja menggunakan kereta ekonomi, dan merasakan bagaimana rasanya berdiri digerbong kereta ekonomi mulai dari Jogja – Madiun! Doh!

Tapi itu juga termasuk salah satu bagian paling seru naik kereta api. Hanya saja, sekarang saya sudah jarang naik kereta ekonomi. Terakhir kali naik kereta ekonomi, adalah ketika saya menuju Malang dari Bandung dengan kereta api Malabar. Karena kehabisan tiket kelas lainnya, akhirnya dengan terpaksa naik kelas ekonomi. Akibatnya saya tidak bisa tidur semalaman!

Baru – baru ini saya mendapat kesempatan untuk naik kereta api di negara tetangga, dari Singapore menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Saya baru tahu kalau ada jalur kereta diantara kedua negara tersebut. Jadi saya tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencoba jalur kereta antara Malaysia dan Singapore yang konon katanya peninggalan masa kolonial itu.

08aadec6185936b4efd60f993ac6cec0 Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

Woodlands Train Checkpoint (sumber : www.seat61.com)

e1a94ea831aa61c48dede07fb9b1c69f Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

KTM intercity train, Singapore – Malaysia ( sumber : www.seat61.com )

Memang jalur kereta Singapore – Malaysia sudah beroperasi sejak tahun 1932 yang berawal dari Stasiun Tanjong Pagar, Singapore. Tapi mulai dari 1 juli 2011 semua perjalanan kereta dari dan ke Malaysia harus dimulai dan diakhiri dari Woodlands Train Checkpoint yang juga sebagai pintu Imigrasi keluar masuk kedua negara tersebut.

Woodlands Train Checkpoint berada di distrik Woodlands, Singapore atau berada di dekat Woodlands Centre. Untuk menuju ke Woodlands Train Checkpoint bisa turun di stasiun MRT Marsiling atau Woodlands, yang kemudian bisa dilanjutkan dengan bus yang menuju Woodlands Train Checkpoint. Karena kemarin niatnya jalan – jalan di Singapore dalam arti sebenarnya, jadi saya lebih memilih jalan kaki dari stasiun MRT Woodlands. Jarak yang lumayan jauh, karena saya tidak tahu kalau dari stasiun MRT Marsiling adalah jarak yang terdekat. Next time turun dari stasiun MRT Marsiling pasti lebih menghemat tenaga hehe!

Legend :

supermarket Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia! Woodlands Centre
train Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia! Woodlands Train Checkpoint
tramway Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia! Woodlands MRT, Marsiling MRT *dari kanan

 

Meskipun Woodlands Train Checkpoint ini berada di Singapore, tetapi Kereta KTM intercity ini dikelola oleh pihak malaysia lho. Dikelola oleh perusahaan Malaysia Kereta Api Tanah Melayu Berhad, meskipun begitu untuk pembelian tiket di Singapore hanya diterima pembayaran cash, no credit card dengan menggunakan dolar Singapore. Tiket dapat dibeli di ticket counter yang berada di Woodlands Train Checkpoint ketika di Singapore, dan di stasiun KL Central ketika di Malaysia.

Ada yang unik dengan model penjualan tiket kereta KTM intecity ini. Seperti yang telah saya bilang sebelumnya, tiket dari Singapore harus dibeli dalam dolar. Tapi untuk tiket dari Malaysia boleh di beli dalam Ringgit Malaysia dalam rate 1:1. Bingung? jadi gini, misal untuk harga tiket kelas sleeper dijual di Malaysia seharga 40 RM, di Singapore akan dijual juga seharga S$40. Mengingat perbedaan rate mata uang kedua negara tersebut cukup besar, otomatis pembelian tiket dari sisi Singapore akan lebih mahal daripada tiket yang dibeli di Malaysia.

Ktm intercity Sleeper 2ndClass 400x225 Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

KTM Intercity 2nd Class Sleeper, kasurnya lumayan empuk!

Suasana didalam Ktm intercity Sleeper 2ndClass 400x225 Woodlands Train Checkpoint , Antara Singapore dan Malaysia!

Suasana di dalam KTM Intercity 2nd Class Sleeper

Tidak seperti kereta api di Indonesia, KTM intercity Singapore – Malaysia ini memiliki Empat buah kelas. 2nd class Seat yang mirip kelas bisnis di indonesia dengan reclining seat (S$34/RM34). 1st class Seat dengan reclining seat dan kursi bisa diputar (S$68/RM68).  2nd class sleeper dengan sebuah kasur yang cukup untuk satu orang (S$40/RM40). dan yang terakhir adalah deluxe sleeper dengan fasilitas shower dan WC (S$131/RM131).

Saya sih lebih suka 2nd class sleeper, harga dan fasilitasnya paling pas diantara kelas yang lain, untuk tidur pun cukup nyaman. Karena waktu tempuh antara Singapore – Kuala Lumpur, Malaysia adalah sekitar 8 jam. Jadi 2nd class sleeper bisa menggantikan hostel tempat menginap untuk sementara, bahkan lebih nyaman dari hostel paling murah sekalipun! Ada tiga keberangkatan dari Singapore, yaitu jam 08.45, 13.45 dan 23.30 atau lebih lengkap bisa dilihat di website www.seat61.com. Dan jangan lupa datang 30 menit sampai satu jam lebih awal, karena di Woodlands Train Chekpoint ini juga merupakan pintu imigrasi keluar masuk negara Singapore dan Malaysia. Selamat mencoba!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Follow catperku Instagram @idbcpr, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Support catperku dengan berdonasi, kerjasama, atau beli buku penulis : The Traveler Notes : BALI, THE ISLAND OF BEAUTY

Yang Banyak Dicari

74 Comments

Add yours
  1. 1
    Ari

    Ow.. ternyata sistem penjualan tiketnya gitu ya.. Rugi lah kalau beli dari Singapore. Kalau aku dulu naik KTM ini tiketnya langsung beli online sih..

  2. 3
    funkrudz

    wah seru bro infona, pas wat referensi gw ntar mo ke KL ma SIN, tp kekna emang murah dr KL ya, yaudah ntar balikna ke KL dr SIN naek bus aja yar hemat hehe
    btw beli tiketna langsung di stasiun bisa kan? ga harus online gt

  3. 5
    Lily

    Bisa kasih info untuk anak usia 3 tahun untuk 2nd class sleeper apakah juga dicharge mengingat tidurnya bareng ibunya ?
    Thanks

  4. 7
    Tio

    eh mas, mau tanya donk. kalo misalnya reservasi itu harus pake kartu kredit kah? (secara kami anak mahasiswa nau backpack ga punya CC) hhh
    terus kalo misal beli walk-in counter kira2 bakalan dapet ga ya?
    terkahir, dr woodland – bugis dan sebalinya udah bisa pake STP itu kah?
    thanks in advance

    • 8
      byteeater

      kayaknya iya harus pake CC, kalo walkin counter kemungkinan besar dapet, gak banyak orang sana yang suka naek kereta api kalo lintas batas, kebanyakan naek bus. btw STP apa ya? saya kurang paham,,

  5. 9
    Denny Reza Kamarullah

    mas, mau tanya, apakah ada perbedaan harga antara beli online dan langsung?

    oiy, itu dari MRT Marsiling ke Woodlands Train Check Point nya jaraknya kira2 berapa jauh mas ? hehe mau coba jalan kaki juga..

    thanks infonya mas.

  6. 13
    isfanni

    kalau untuk seharian di singapura bisa ambil tiket PP di KL Central..berangkat malam besok malamnya bisa balik ke KL…mantap juga kalau jalan kaki dr woodlandland ke marshailing…20 menitan…soalnya disepanjang jalan banyak pohon kayu…salut u singapura…

  7. 15
    Anggakara

    mas mau tanya. tadi mas blg jarak dari MRT Marsiling ke Woodlands Train Check Point sekitar 1-2km. itu sepanjang jalan enak kan ya? mksdnya kondisi jalan ga terik panas gitu mas. soalnya saya berencana jalan kaki siang mas. Terima kasih ya mas.

  8. 17
    Leo

    Mas gue bln maret mau traveling murah, ane psawat turun di sing tp nginep dan lama di KL,kira2 ane masih bingung nark kereta atau bus,klopun naek kereta jam brapa,bus jam brapa trus harganya brapa trimakasih

  9. 19
    ricca

    mau tanya..saya mau perjalanan k singapura dan malaysia bln dpn..yg saya tanyakan…saya ingin beli tiket online skrg utk perjalanan saya singapura-kualalumpur…dan kualalumpur penang…nah saya msh bingung..web apa utk saya bs booking online dan pemabayarannya apa hrs dgn kartu kredit…trims

  10. 31
    tiara

    huahhh pas banget ni aku mau ke kl tapi tanya2 org sini katanya cuma bisa pake bus atau pesawat :( eh nemu ini deh bener2 membantu ya :)
    skrg aku lagi d spore dan bingung mau kl syukur banget nemu blog ini.. thanks ya :D

    • 32
      byteeater

      di sana emang yang populer itu bus sama pesawat. bahkan kata temenku yang orang malaysia sendiri, kereta api itu kurang dipercaya sama mereka. kalau aku sih seneng naek kereta api. moda transportasi paling romantis sih hehee

    • 34
      byteeater

      tidak bisa, kurs untuk pembelian tiket kereta api Singapore – Malaysia menggunakan rate 1 banding satu. misa harga tiket untuk kelas sleeper 40 RM makan di singapore akan menjadi 40 SGD. agak aneh emang, tapi begitulah rulenya :)

  11. 35
    Sita

    Mas info dunk kl mw ke singapore, Johor (legoland), genting, kl, spore …rute enaknya gmn ya ? Terus enak naik apa mengingat sy bawa balita 4t ;)
    Tq

  12. 37
    Sigit

    Mas, peraturan untuk anak-anak gimana ya? Harga tiket emang berbeda, pertanyaannya apakah semua umur harus beli tiket? Pertanyaan berikutnya lebar tempat tidur kira-kira berapa cm ya mas? Karena anak saya yang masuh 1th pasti tidur sama istri saya, cukup gak ya? Thanks in advance

    • 38
      byteeater

      wah, kalau untuk umur berapa maksimal beli tiket saya kurang tahu, kalau lebar kasur hanya cukup untuk satu orang sih, kalau dipaksain untuk dua orang kasihan anaknya. mending naik pesawat deh, kan ada tuh pesawat dari singapore ke kuala lumpur. 8 jam perjalanan loh, kalau ga bawa anak kecil sih enggak apa :)

  13. 39
    andre

    pas banget nih, saya mau ke KL trus lanjut SIN bulan mei besok.
    mau tanya mas, saya bongkar2 google dari KL ke SIN (woodlands) naik kereta ada yang jam 23.00. kemudian dari SIN ke KL ada 3 keberangkatan (08.45, 13.45, 23.00). apa pas di KL sentral nanti kita bisa milih rute KL-SIN jam 23.00, trus SIN-KL jam 13.45?
    sorry mas, btw 8 jam udah sama pemeriksaan di imigrasi dan macem2nya kan ya? thank you :D

  14. 45
    Roby

    saya rncana mau ke KL dan SG bulan juni nih, pertama kali :D. bagusnya duit kita di tukar ke MYR an SGD sbelum brangkat atau nanti tukarnya pas dsana aja?
    tks.

  15. 49
    Lusiana

    bro, mau tanya dong, kalo naik kereta beli tiket on the spot gitu pengurusan imigrasiya ribet nggak ? untuk nunjukin paspor dari awal masuk sampai keluar itu gimana ? thanks

  16. 51
    Roby

    nanya lagi Gan, di KL rncananya sy mau ke Genting Highland, Batu Caves, Central Market, Bukit Bintang, and Twin Towers pastinya. Tempat2 itu bisa nggak dicapai semua dalam wktu sehari full? trus rutenya yang bagus darimana aja dulu. Startnya dari KL central. Tks :) (atau kalau ada rekomendasi tempat2 lain yg bsa sekalian dkunjungi?!)

  17. 53
    Mariani

    Saya sempet hampir book tiket kereta PP KL-SNG-KL online, cuman gak berhasil karna minjem CC punya temen, dan saat diminta Authentication code yg dikirim ke nomer hape temenku itu, dianya gak bales, coz udah ngorok kali (maklum booknya tengah malem :D). Udah sempet masukin Nomer CC sama Security number (3 angka di belakang CC). Kira2 bakal kena charge ke CC gak ya? Soalnya pernah baca di salah satu blog, meskipun gak terima booking confirmation, tetep kecharge cos udah ngasih nomer CC :(
    Oh iya, di websitenya harga tiketnya sama2 dalam RM koq kalo beli PP :)
    Yang saya hampir book itu Kereta Senandung Sutera, yang brangkat paling malam pukul 23.30, harganya RM 34 kalo belinya PP dikalikan 2 = RM 68.

  18. 55
    Amyra

    kereta yang ini bisa turun di johor baru jga ya mas? kalo turun di johor baru di stasiun apa namanya? takut kelewatan,,,,trus dari staisun ke legoland jauh gak ya mas?

  19. 64
    Andrew

    Hallo guys saya mau tanya kalau kita tinggal di bliss hotel dekat chinatown mau ke KL lebih baik naik apa . Dengar naik train is better, caranya gimana ya plz give me some info thank you

  20. 70
    Heri

    Brur, lok mau naik kereta api ke KL sentral dari johor baru dimana yah ? kalo posisi saya dari sing, kan kalo dari woodlands kan mahal tuh, gimana MasBrur ada saran kah ? :) tenkyu sebelumnya semoga kebaikan anda Tuhan yg akan membalasnya :)

+ Leave a Comment