Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai – Lembar

Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai – Lembar


Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Mendengar kata “Liburan ke Lombok“, apa yang pertama kali terpikirkan di kepala anda?  Kebanyakan pasti  “Pantai Senggigi, dan  tiga pulau kecil Gili”. Karena tujuan wisata tersebut memang sudah banyak terekspose ke dunia luar. Namun, kali ini saya mencoba sedikit style berbeda yaitu eksplorasi Lombok Selatan. Meskipun saya belum pernah ke Lombok Selatan, tetapi saya mencoba mengeksplore Lombok pada sisi yang mungkin hanya sedikit orang mengetahuinya.

Menjelajah Lombok Selatan Si Mutiara Timur Yang Tersembunyi

DSC09031 Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai   Lembar

Pantai Selong Belanak, primadona yang ada di Lombok Selatan

Keindahan dari tempat wisata yang ada di Lombok Selatan yang sebenarnya tak kalah dari tempat wisata yang ada di Lombok Utara, atau bahkan tempat wisata di Bali sekalipun. namun pontensi wisata di Lombok Selatan kurang begitu terekpose. Mungkin karena jalur menuju lokasi yang sangat extreme.

Jalan – jalan ke Lombok Selatan kali ini saya menggunakan sepeda motor matic saya.  Jadi bisa di bilang touring lah, dengan total peserta 3 orang, dan menggunakan 2 sepeda motor. Kenapa saya memilih naik sepeda motor? Selain bisa berhemat dan jarak Pulau Bali dan Lombok yang cukup dekat, kalau naik sepeda motor, tempat wisata yang bisa di kunjungi jadi lebih banyak. Apalagi untuk jalur Lombok Selatan yang sedikit extreme.

Untuk jalur yang di lewati adalah sebagai berikut:

800px Backpack Map 300x204 Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai   Lembar

Jalur Motor Touring Lewat Lombok Selatan

Jalur Kuta Padang bai 300x231 Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai   Lembar

Jalur Kuta (bali) – Padang bai (bali)

Jalur Lembar KutaLombok Selatan 300x230 Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai   Lembar

Jalur Lembar(Lombok) – Kuta (Lombok Selatan)

Berangkat dari Kuta, Bali jam 9 malam, saya berharap sampai di pelabuhan padang bai sekitar jam 12 malam, dan bisa tidur di  atas kapal ferry nantinya. Perjalanan dari Kuta,Bali ternyata diawali dengan sambutan cuaca yang kurang bersahabat. Ketika saya baru saja memasuki daerah Gianyar, hujan yang begitu lebat menyambut. Otomatis jas hujan pun segera kami pakai, agar  sampai tepat waktu di Pelabuhan Padang Bai. Jalan menuju Padang Bai sendiri cukup mudah, karena sudah dipisah menjadi 2 jalur yang masing – masing satu arah.

Hujan lebat ini memaksa kami memacu motor dengan kecepatan rendah. Selain itu jalan yang gelap gulita membuat kami harus ekstra hati – hati, biarlah lambat asal selamat. Memasuki daerah Karangasem hujan mulai reda, dan hujan baru benar – benar reda ketika sampai di Pelabuhan Padang Bai. Sesampai di sana waktu menunjukkan jam 11.30, atau setengah jam lebih cepat dari yang saya perkirakan.

Pelabuhan Lembar tujuan akhir jika menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai Lombok Selatan Adventure, Chapter 1 : Padang Bai   Lembar

Pelabuhan Lembar, tujuan akhir jika menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai

Padang Bai, merupakan salah satu jalur keluar masuk ke Pulau Dewata yang terletak di sisi timur Bali. Terletak di Kabupaten Karangasem, dan merupakan akses satu – satunya ke pulau Lombok lewat jalur laut. Dari Padang Bai, saya akan masuk melalui Pelabuhan Lembar yang ada di Lombok Barat.

Sebenarnya banyak tempat menarik di Padang Bai, tetapi karena tujuan utama adalah Pulau Lombok, jadi di Padang Bai kami cuma singgah saja dan secepatnya membeli tiket menyeberang. Memang waktu libur kami yang pendek memaksa untuk memanfaatkan waktu dengan lebih efisien.

Sekedar informasi, kapal ferry di Pelabuhan Padang Bai yang menuju Lombok akan berangkat tiap satu jam sekali dari pelabuhan ini. Jadi tidak usah khawatir tidak menddapatkan kapal untuk menyeberang meski datang pada dini hari. Saya sendiri mulai menyeberang sekitar jam 12 malam waktu itu, dengan harga tiket menyeberang Rp. 102.000 karena membawa motor.

Penyeberangan ke Pulau Lombok akan memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Nah! Jika berangkat dini hari seperti saya, cukup banyak waktu untuk beristirahat sebelum meneruskan perjalanan panjang di Pulau Lombok pada keesokan hari. Asiknya lagi bisa merasakan pengalaman tidur terombang-ambing di tengah laut. Mau coba? Hehehe… (*)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Follow catperku Instagram @idbcpr, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Support catperku dengan berdonasi, kerjasama, atau beli buku penulis : The Traveler Notes : BALI, THE ISLAND OF BEAUTY

Yang Banyak Dicari

3 Comments

Add yours

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)