Benteng Fort Rotterdam, Bangunan Bersejarah Di Tengah Kota Makassar

Benteng Fort Rotterdam, Bangunan Bersejarah Di Tengah Kota Makassar


Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Kesan pertama saya ketika pertama kali ber-backpacking ria ke Makassar adalah, kota ini adalah kota yang macet. Tidak berbeda jauh dengan beberapa kota besar lain yang ada di Jawa dan Bali. Selain itu sepertinya memang virus kemacetan sudah menyebar ke seluruh indonesia ya? Hehehee… Sepertinya  itu merupakan salah satu pertanda buruk bagi saya, terutama ketika saya mengunjungi Benteng Fort Rotterdam.

Jika kita browsing dan mencari informasi tentang tujuan turisme di Kota Makassar, Benteng Fort Rotterdam akan muncul dalam salah satu top list tujuan untuk dikunjungi ketika di Makassar. Namun, sayang sekali saya kurang beruntung ketika saya berkunjung ke Fort Rotterdam. Karena Fort Rotterdam yang ada di tengah kota ini sedang di renovasi total saat saya berkunjung. Jadi, dengan berlapang dada saya harus menerimanya, dan saya tidak bisa menikmati wisata bersejarah yang telah berdiri sejak abad ke 17 ini.

Benteng Fort Rotterdam, Gambaran Kejayaan Masa Kolonial

DSC00820 Benteng Fort Rotterdam, Bangunan Bersejarah Di Tengah Kota Makassar

Di dalam benteng Fort Rotterdam

DSC00824 300x168 Benteng Fort Rotterdam, Bangunan Bersejarah Di Tengah Kota Makassar

Salah satu bangunan di dalam Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam sendiri merupakan salah satu benteng yang dianggap termegah dan menawan di Sulawesi Selatan. Menurut sebuah catatan dari sumber yang saya temukan “ Seorang wartatwan New York Times , Barbara Crossette pernah menggambarkan benteng ini sebagai the best preserved dutch fort in asia“. Tetapi, apakah benar begitu adanya? Apa lagi ketika saya mengunjungi benteng dan sedikit berkeliling, kondisi benteng cukup “morat – marit” atau berantakan.

Yah, mungkin karena proses renovasi ya? Jadi saya tidak bisa menikmati keindahan sejarah dari Benteng Fort Rotterdam ini. Selain itu ada satu lagi yang membuat saya sedikit menyesal. Saya tidak sempat ke Museum Lagaligo dan menjenguk ruang tahanan sempit Pangeran Diponegoro saat dibuang oleh Belanda ke Sulawesi, setelah tertangkap di Jawa. Lagi – lagi karena renovasi sedang dilakukan di benteng ini. Hufhhh!! Sial!

DSC00826 300x168 Benteng Fort Rotterdam, Bangunan Bersejarah Di Tengah Kota Makassar

Benteng Fort Rotterdam yang sedang di renovasi

Untuk akses ke lokasi Benteng Fort Rotterdam cukup mudah, karena lokasinya berada di pusat Kota Makassar. Ada banyak transportasi umum yang melewatinya kok. Bisa naik taksi, atau pete – pete (angkot di Makassar). Saya sendiri kemarin mencarter pete – pete dari m-tos (Makassar Townsquare) hingga ke benteng dengan harga Rp. 35.000. Awalnya mau ngeteng saja, tetapi karena saya tidak tahu jalan ke Fort Rotterdam-nya ya sudah, carter saja lebih gampang. Sebenarnya cukup dekat dan gampang mencapai benteng ini, cuma karena ada tujuan selanjutnya saya tidak mau berlama – lama menghabiskan waktu hanya mencari jalan menuju benteng :D

Tips Dan Trik Berwisata Budaya Ke Benteng Fort Rotterdam

  • Selalu cek informasi di internet agar mengetahui apakah sedang dilakukan renovasi atau tidak.
  • Untuk masuk ke Benteng Fort Rotterdam sebenarnya gratis, tapi petugas akan meminta sumbangan seikhlasnya, dan kemudian menandatangani guestbook. Saya sendiri menyumbang 15 ribu waktu itu.
  • Siapkan fisik, karena pasti cukup capek berkeliling di dalam benteng, apalagi saya masuk ke benteng masih full gear dengan tas backpack berat di punggung.

Rincian Biaya Backpacing ke Situs Bersejarah Benteng Fort Rotterdam

  • Naik damri dari bandara Sultan Hassanudin Makassar 15 ribu.
  • Naik pete – pete dari Makassar town square sampai fort rotterdam 35 ribu, kalau anda jago menawar bisa turun lagi, karena ternyata lokasi cukup deka. Mengingat tarif normal pete – pete adalah Rp. 3000.
  • Sumbangan seikhlasnya, terserah anda, tetapi saya kemarin menyumbang Rp. 15.000.

Lokasi Benteng Fort Rotterdam :

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Follow catperku Instagram @idbcpr, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Support catperku dengan berdonasi, kerjasama, atau beli buku penulis : The Traveler Notes : BALI, THE ISLAND OF BEAUTY

Yang Banyak Dicari

5 Comments

Add yours
  1. 4
    Adie Riyanto

    Fahmi, ada yg lebih murah lho, dari bandara Hasanuddin, nebeng bus bandara ke pintu gerbang (gratis), trus naik pete2 turun ke Central (3rb), dari situ naik pete2 arah paotere (3rb) turun depan Fort Rotterdam. Aku sempet mandi lho di situ hahahaha :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)